Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

Tentang Beasiswa Monbukagakusho (MEXT) Research Student

29 Januari lalu saya mendapat email dari Center for International Education Waseda University, yang mengonfirmasikan bahwa saya ditempatkan di universitas tersebut. Walaupun surat resmi dari pihak Kedubes Jepang belum keluar, paling tidak email tersebut cukup menjawab pertanyaan yang masih menggantung pada tulisan saya sebelumnya, soal universitas manakah yang akan saya tuju nantinya.

Namun demikian, jika saya ditanyai soal jurusannya, saya masih belum bisa menjawab. Lho? Yap. Mendapatkan beasiswa ini, bukan berarti status saya sudah otomatis berubah menjadi mahasiswa S2. Saya masih harus ikut ujian masuk S2 nantinya.

Tentang Monbukagakusho

Monbukagakusho (文部科学省) atau MEXT (Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology) atau dikenal juga dengan Monkasho atau Monbusho (selanjutnya saya tulis MEXT saja untuk memudahkan penulisan) adalah salah satu kementerian dalam pemerintahan Jepang. Setiap tahunnya, MEXT menawarkan beasiswa untuk studi di Jepang. Adapun program beasiswa yang ditawarkan adalah:

  1. Research Student bagi lulusan perguruan tinggi (S1 ataupun S2).
  2. Undergraduate, College of Technology, dan Professional Training College bagi lulusan SLTA.
  3. Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang.
  4. Teacher Training bagi guru.

Beasiswa yang saya apply tahun lalu itu adalah yang program Research Student. Info persyaratan dan tata cara pendaftarannya bisa dilihat di sini.

Beasiswa MEXT Research Student ada 2 macam, yakni yang direkomendasikan Kedubes dan yang direkomendasikan universitas (dikenal juga dengan Monbusho U to U). Perbedaannya hanya pada prosedur pendaftarannya. Karena saya apply yang via Kedubes, jadi saya tidak akan bercerita soal yang lainnya.

Dengan membaca file ini secara detail dan saksama, sebenarnya sudah tergambar beasiswanya seperti apa. Memang panjang sih, dan pertama baca saya juga pusing. Mungkin bisa saya ceritakan ringkasannya supaya bisa dapat gambaran awal :D

Tentang Seleksi Beasiswanya

Beasiswa ini biasanya dibuka sekitar bulan April. Seleksinya ada 2 tahap, yakni:

  1. Primary screening di Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.
  2. Secondary screening di MEXT di Jepang.

Untuk primary screening, tahap paling awal adalah seleksi dokumen (April-Mei). Semua persyaratan yang diminta dikirimkan ke Bagian Pendidikan Kedubes Jepang. Bisa juga diantar langsung :P Dokumen-dokumen tersebut diseleksi, lalu yang lulus seleksi dokumen ini akan menghadapi tes tertulis dan wawancara (Juli). Tes tertulisnya berupa tes bahasa saja, bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Selanjutnya tinggal tunggu pengumuman apakah Anda lolos atau tidak. Jikalau lolos, overall seleksi di Kedubes sudah selesai, namun perlu digarisbawahi bahwa lolos hingga tahap ini bukanlah jaminan bahwa Anda sudah pasti mendapatkan beasiswa MEXT. Masih ada tahap berikutnya.

Tahap berikutnya adalah secondary screening di MEXT. Pada tahap ini, Anda harus melengkapi lagi dokumen-dokumen seperti yang dikirimkan pada saat awal mendaftar. Selain itu ada dokumen tambahan, yakni Letter of Acceptance dari profesor calon pembimbing Anda di Jepang. Dokumen-dokumen tersebut diserahkan ke Kedubes (Agustus-September), lalu selanjutnya Anda tinggal menunggu saja. Pengumuman hasil secondary screening ini keluar sekitar bulan Desember-Januari. Jika Anda sudah dinyatakan lolos, artinya bersiap-siaplah, Anda akan berangkat ke Jepang. :)

Kira-kira begitu gambaran umum alur untuk mendapatkan beasiswa ini. Cerita detail pengalaman saya akan saya jelaskan pada tulisan-tulisan berikutnya. :)

Setelah Seleksi

Selanjutnya jika sudah diterima, status Anda barulah sebagai research student (non-degree). Jika Anda ingin menjadi degree student, Anda masih harus mengikuti admission procedure dari universitas yang bersangkutan. Degree yang dimaksud bisa saja master (untuk lulusan S1) ataupun doktoral (untuk lulusan S2).

Kalau dari yang saya baca dan saya dengar, dalam masa research student tersebut, Anda akan belajar bahasa Jepang serta mempersiapkan diri untuk ujian masuk (jika memang ingin ambil degree). Kapan ujian masuknya tergantung dari universitas yang Anda tuju. Bisa saja Anda ikut tes masuk 6 bulan setelah berada di Jepang, atau malah baru bisa tahun berikutnya.

Masa beasiswa sebagai research student maksimal 2 tahun (untuk keberangkatan April) atau 1.5 tahun (untuk keberangkatan Oktober). Jika Anda lulus ujian masuk degree, status beasiswa research student yang masa waktunya masih lebih akan otomatis dihentikan dan Anda didaftar sebagai penerima beasiswa S2 (2 tahun lagi) atau S3 (3 tahun lagi). Jika dalam masa research student tersebut Anda gagal di ujian pertama, maka Anda bisa mengikuti ujian masuk kedua dan ketiga sampai masa research student habis. Jika sampai masa research student habis dan Anda belum bisa lolos ujian, maka Anda dipulangkan. Please CMIIW karena saya belum melalui tahap ini. Hehe…

Jadi jika ada yang bertanya apakah saya dapat beasiswa S2, maka jawaban saya adalah: belum :D

Lain-lain

Ada beberapa kabar burung yang menarik soal beasiswa ini. Dari seleksi dokumen, yang maju ke tes tertulis dan wawancara sekitar 100 orang. Lalu yang nantinya akan berangkat ke Jepang sekitar 40 orang. Jadi peluang untuk mendapatkan beasiswa ini cukup besar kan? :D

Lolos primary screening memang bukan jaminan bahwa Anda akan mendapatkan beasiswa ini. Tapi konon kabarnya, yang lulus tes tertulis dan wawancara akhirnya mendapatkan beasiswa ini. Artinya, jika Anda masuk ke tahap secondary screening, peluang Anda ke Jepang semakin besar. Lalu, Anda nantinya bisa mengajukan 3 pilihan universitas di secondary screening, dan konon kabarnya lagi, Anda akan diterima di pilihan pertama.

Kata ‘konon’ sengaja saya tulis berulang-ulang, karena itu memang bukan jaminan. Hehe. Saya ga ingin nanti tiba-tiba ditimpukin orang karena kabar tersebut tidak berlaku padanya. Tapi paling tidak hal-hal tersebut terjadi pada diri saya. Hehe.

Tentang bahasa Jepang, Anda tidak perlu ragu untuk mendaftar beasiswa ini jika Anda sama sekali tidak bisa berbahasa Jepang. Saya mengalami sendiri. Saya cukup buta soal Jepang. Saya baru belajar bahasa Jepang setelah mengikuti seleksi beasiswa ini. Memang ada tes tertulis bahasa Jepang, tapi tak usah kuatir, karena jika memang tidak bisa, Anda tinggal mengosongkan lembar jawaban. Tunggu cerita saya soal tes tertulis dan wawancara :D Yang pasti, Anda harus bersedia untuk belajar bahasa Jepang nantinya.

Rentang waktu dari Anda apply beasiswa hingga akhirnya berangkat ke Jepang cukup lama. Hampir 1 tahun. Jadi perbanyak sabar dan berdoa dalam masa penantian. Apalagi masa penantian hasil secondary screening sangat lama.

Well. Segitu dulu. Ayo yang mau ke Jepang ataupun belahan bumi lainnya, selamat berburu beasiswa :) Dengan biaya sendiri kan mahal :p

Bersambung… (next: seleksi dokumen)

Tambahan informasi soal beasiswa ini:

Sharing pengalaman dari yang juga sudah dapat beasiswa ini:

89 responses to “Tentang Beasiswa Monbukagakusho (MEXT) Research Student

  1. petra Friday, 5 February, 2010 at 17:19

    jadi pengen nyusul buat PhD :P

  2. maya chan Tuesday, 9 February, 2010 at 09:16

    wah, arigatou infonya^^ kira2 yg mau dpt beasiswa di jpang, tp baru lulus dr SMA ada g y?

    • reiSHA Wednesday, 10 February, 2010 at 10:27

      Ada2. Kalo yang dari Monbukagakusho juga, ada program Undergraduate, College of Technology, dan Professional Training College. Informasinya ada di http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html

      Kalo informasi detailnya, saya juga kurang tau. :)

    • MUHAMMAD KANDAYANI Sunday, 25 April, 2010 at 09:50

      saya pingin bgt kak. . .

      tp bingung caranya. . .

      kandayani
      03319213923

  3. Gita Tuesday, 9 February, 2010 at 12:29

    saya Gita, kelas 2 SMA.
    mau tanya…
    setelah lolos seleksi dokumen disebutkan akan ada seleksi tertulis dan wawancara..
    saya boleh tau mengenai tes wawancara nya???

    • reiSHA Wednesday, 10 February, 2010 at 19:11

      Kalau yang research student, yang pasti ditanyain itu soal topik risetnya. Nanti akan saya ceritakan lengkap dalam satu postingan :D

  4. Lailla Wednesday, 10 February, 2010 at 13:21

    Saya termasuk yg lulus seleksi dokumen Teacher Training bagi guru. Tes tertulis besok tgl 16 Februari 2010. Diceritaiin donk pengalaman yang sudah ujian tertulis. Dan tolong kirm berkas soal / link soal-soal tertulisnya. Makasih.

    • reiSHA Wednesday, 10 February, 2010 at 19:15

      Ujian tulis yang research student cuma bahasa Inggris sama bahasa Jepang mbak. Contoh soalnya saya dapatkan di http://www.studyjapan.go.jp/en/toj/toj0308e.html Kalau yang teacher training saya juga kurang tau.

  5. ranee Wednesday, 10 February, 2010 at 22:33

    beasiswa MEXT yg didapat apa biaya pendidikan sdh ikut tercover?

    • reiSHA Thursday, 11 February, 2010 at 01:13

      Yup. Beasiswa ini sudah meng-cover biaya hidup per bulan (sekitaran 150 ribuan yen), biaya transportasi ke dan dari Jepang, serta biaya pendidikan (matriculation, tuition and entrance examinations at a university)

  6. shella Thursday, 11 February, 2010 at 12:24

    Mau tanya nih, untuk beasiswa MEXT bisa bawa family nggak ya? Ada tunjangan family allowance selama tinggal di jepang atau tidak? TQ

    • reiSHA Saturday, 13 February, 2010 at 23:23

      Hmm… Kurang tau juga sih Mbak. Mungkin tidak ada. Seperti yang saya komen di atas, biiaya yang di-cover itu adalah biaya hidup per bulan, biaya transpor, dan biaya pendidikan.

  7. Asri Wednesday, 17 February, 2010 at 11:51

    Mau tanya nih mbak, kalo saya sekarang masih kuliah D3 tahun ke 2,
    bisa g ya daftar beasiswa untuk tahun 2011 atau 2012? jenis beasiswanya apa ya?
    daftarnya gimana,

    makasih,

    • reiSHA Wednesday, 17 February, 2010 at 22:08

      Hmm… Untuk lulusan D3 saya juga kurang tau ya. Kalo Monbukagakusho sendiri kayanya cuma buka program buat lulusan S1 atau S2. Atau mungkin bisa tanya ke Kedubes Jepangnya langsung.

      Beasiswa ke Jepang sebenarnya banyak, tidak hanya yang dari Monbukagakusho. Silakan Googling untuk info-infonya :)

  8. meylisa Saturday, 20 February, 2010 at 23:49

    nama saya meylisa. skrg saya sedang kuliah di taiwan jurusan bahasa jepang. saya mau tanya ni mbak. saya ada keinginan untuk melanjutkan kuliah di jepang. saya udah cari2 univ negeri jpg yang sekiranya ingin saya daftar. yang ingin saya tanyakan bisa tidak ya saya daftar untuk jurusan social science: international relation? krn kan jurusan saya adalah bahasa jepang sebelumnya. tks infonya

    • reiSHA Sunday, 21 February, 2010 at 15:19

      Kalau lanjut kuliah bisa-bisa aja kan ya mau beda jurusan atau ga :D Cuma kalau dari persyaratan beasiswa Monbukagakusho, tertera “Memilih bidang studi yang sama dengan disiplin ilmu sebelumnya.” Bisa diartikan sendiri maksudnya gimana. Atau mungkin bisa tanya ke Kedubes supaya lebih jelas.

      Oiya, beasiswa ke Jepang kan tidak hanya Monbukagakusho. Kalau memang Monbukagakusho tidak memperbolehkan seperti itu, bisa cari beasiswa lainnya. Hehe. :D

      • meylisa Sunday, 21 February, 2010 at 19:58

        oh gitu ya. trus mbak waktu daftar buat beasiswa ini perlu cari profesor dulu ga ya di jepangnya? lalu jenis beasiswa yang mbak daftar itu monbusho U to U atau G to G? karena saya baca di website G to G hrs PNS. tks infonya.

      • meylisa Sunday, 21 February, 2010 at 20:03

        eh sorry mbak. rupanya komen aku yang satu lagi udah dibales ya.. heheh baru liat.. kalau boleh tau mbak kuliah di ITB jurusan apa?

      • reiSHA Sunday, 21 February, 2010 at 21:23

        Teknik Informatika. Ada di page About sebenernya.

  9. AP Sunday, 21 March, 2010 at 23:25

    salam,
    sy AP,

    sy skrng undergraduate jurusan Business,
    (kbetulan beasiswa jg, so hunting2 scholarship utk s2 nya, haha)

    pertanyaan sy:
    1.Apakah ada space utk jurusan Business?

    2.Persiapan apa yg hrs sy siapkan betul2 utk mengikuti bsiswa ini?
    (Insyaalloh sy Lulus June 2013)
    hehe ada 3thn lg utk prepare nya.
    tq

    • reiSHA Friday, 26 March, 2010 at 12:55

      1. Beasiswa Monbukagakusho terbuka untuk semua jurusan, yang penting masih sama bidangnya dengan S1.

      2. Kalo persiapan khusus saya juga kurang tau, apalagi buat yang baru2 kuliah. Belajar bahasa Jepang aja kali ya :p

  10. lia Thursday, 8 April, 2010 at 10:06

    reisha san, saya juga ingin ikut monbusho untuk keberangkatan 2011, saya bingung mau ikut yang d2 atau d3, kata orang d3 lebih gampang masuk yah?
    saya tamat sekolah 1 tahun yang lalu, tapi umur saya baru 18 tahun, atau tepat nya september ini 18 tahun.
    reisha san ikut beasiswa yang mana yah?
    terus jurusan2 yang tersedia secara lengkap bisa dilihat dimana?
    soalnya saya bingung juga mau ambil jurusan apa,
    saya sudah lihat diwebsite embassy japan, tapi jurusan yang tertera disana tidak lengkap.
    mohon penjelasannya
    sangat menunggu balasan reisha san.
    arigatou gozaimasu…

    • reiSHA Thursday, 8 April, 2010 at 14:36

      Beasiswa yang saya ambil yang Research Student alias untuk lulusan S1 (menuju S2 atau S3). Kalau yang D2, D3, atau S1 saya juga kurang tau infonya. Soal jurusan yang tersedia, coba lihat di website universitas yang ingin dituju. Selebihnya saya tidak tahu, coba tanya ke yang ambil beasiswa D2/D3/S1 :)

      • lia Thursday, 8 April, 2010 at 15:45

        kalau untuk universitasnya masih belum tahu, tergantung jurusan yang kita pilih,
        ada teman2 saya yang menuju tokyo, osaka, dll.
        berarti reisha san yang dari university yah? ambil jurusan apa yah?

      • reiSHA Thursday, 8 April, 2010 at 15:48

        Saya dari kedubes juga, cuma universitasnya dicari sendiri. Mungkin prosedurnya beda dengan yang D2/D3/S1.

  11. lia Saturday, 10 April, 2010 at 11:13

    saya lihat reisha san di univ waseda yah? ;)
    univ bisa di cari sendiri?
    gimana caranya sis?
    pengajuannya gimana?

    • reiSHA Saturday, 10 April, 2010 at 19:12

      Yup yup, alhamdulillah… Universitasnya nyari sendiri. Pengajuannya maksudnya pengajuan apa? Letter of acceptance dari profesor? Kalau saya dulu ngontak profesornya dulu. Kalau profesornya mau, biasanya ntar kita diminta ngirim berkas-berkas gitu ke universitasnya. Ada kok di postingan saya selanjutnya. Hehe…

      • Dian fitriarni Friday, 21 May, 2010 at 09:23

        Aslm, mbak Pa Kabar mbak Reisha, saya seorang staf pengajar di sebuah Politeknik yang baru berdiri di KalBar tepatnya di Kabupaten Ketapang. Saya baru saja menamatkan DIV saya di Politeknik Jember. Saya berminat sekali ingin melanjutkan studi S2 saya di Luar Negeri. Namun sulit bagi saya harus mulai dari mana. Saya disarankan untuk menghubungi salah seorang professor di sana. Tapi saya bingung dimana saya memperoleh nomor kontak professor tersebut. Mohon informasinya mbak…….

      • reiSHA Friday, 21 May, 2010 at 10:50

        Coba baca di tulisan saya http://reisha.wordpress.com/2010/02/23/after-primary-screening-mext-scholarship/ bagian Mencari Profesor dan Mendapatkan LA…

  12. eka Saturday, 17 April, 2010 at 18:48

    kak.. mau tanya nih..
    sekarang kan lagi buka pendaftaran monbusho 2011, eka mau daftar.. tapi ka masih kuliah, tapi rencananya mau tamat tahun ini juga kok.. (insyaallah…!!)
    trus di persyaratannya kan ada sertifikat kelulusan… itu gimana caranya kak??
    bisa gak ka daftar sekarang… kan apply sekarang untuk tahun depan kan??

    terima kasih atas tanggapannya…

    • reiSHA Saturday, 17 April, 2010 at 19:43

      Bisa kok daftar. Dulu saya juga gitu, daftar waktu masih belum lulus. Keterangan kelulusan itu minta ke TU aja. Isinya menyatakan bahwa kamu mahasiswa semester sekian dan akan lulus pada bulan sekian tahun sekian. Kalo di jurusan saya waktu tu udah ada formatnya seperti itu di TU.

  13. eka Sunday, 18 April, 2010 at 01:03

    hmm… gitu ya…
    suratnya itu kan katanya aslinya , 4 lagi copy an,, yang copy harus di stempel asli juga??
    tentang surat rekomendasi, di formnya tertulis surat rekomendasinya dimasukin ke amplop tertutup yang ditandatangai recommender.. jadi yang dalam amplop tu, harus ada yang asli sama yang fotocopi ya kak?? amplonya gak boleh dibuka lagi??

    oya kak.. dulu kakak ambil yang research student atau langsung master??
    kira-kira mana yang bagus untuk diambil??

    maaf kak banyak tanya…
    dan terima kasih sebelumnya…

    • reiSHA Sunday, 18 April, 2010 at 06:11

      Iya, distempel asli lagi kalo saya dulu. Yg surat rekomendasi, ga dimasukin amplop jg ga papa. Telepon ke kedubes aja biar lebih yakin.

      Kalo untuk beasiswa ini, semuanya statusnya research student dulu, ga langsung S2. Kecuali kamu udah ikut tes masuk di universitasnya. Soalnya buat masuk S2, urusannya sama universitas, bukan kedubes. Kedubes cuma ngurusin beasiswanya.

  14. faqih Tuesday, 20 April, 2010 at 01:07

    kak mau tanya………..
    pendaftaran beasiswa monbukagakusho yg college of technology(D3) tu gimana?trus d buka kpan ?tlong ya kak……….

    • reiSHA Tuesday, 20 April, 2010 at 04:38

      Kalau yg D3 saya ga ngerti. Coba cek saja di website Kedubes Jepang atau telepon ke Kedubes Jepang langsung.

  15. kabul warsito Tuesday, 20 April, 2010 at 13:37

    mbak bisa tolong cari kan info tentang Research student U to U……

    Kok saya kayaknya pengen masuk dari jalur itu aja ya…….

    Domo arigatou gozaimasu ne…..

    • reiSHA Tuesday, 20 April, 2010 at 13:47

      Saya cuma pernah baca http://harisu.wordpress.com/2009/11/18/monbukagakusho-utou-for-october-2010/ Sisanya silakan cari sendiri…

  16. Izura Tuesday, 4 May, 2010 at 12:11

    Konnichiwa,,
    Mbak, kalo buat lulusan SMA da gak? Terus pendaftarnnya ah ditutup yah?

    • reiSHA Tuesday, 4 May, 2010 at 13:16

      Ada. Belum dibuka lagi. Cek aja di website kedubes Jepang, atau tanya ke sana.

  17. niko Tuesday, 11 May, 2010 at 12:23

    Letter of Acceptance dari professor di jepang gimana ya cara dapetnya mbak? thanks..

    • reiSHA Tuesday, 11 May, 2010 at 13:03

      Ada di tulisan saya yg judulnya After Primary Screening, silakan dibaca…

  18. hendori Wednesday, 12 May, 2010 at 12:14

    aq pngen skali tpi g” tw gmn cranya , tlog informasinya!!!!!!!

    • reiSHA Wednesday, 12 May, 2010 at 12:43

      Itu udah banyak informasinya -_-”

  19. fiyoko Friday, 14 May, 2010 at 21:57

    kak, saya sekarang baru kelas 2 sma, kalau mau daftar buat keberangkatan tahun 2011, gimana caranya…. terima kasih…

    • reiSHA Friday, 14 May, 2010 at 22:04

      Silakan baca http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html. Tapi itu hanya untuk lulusan SMA. Detailnya bagaimana saya juga tidak tau, karena yang saya apply itu buat lulusan S1/S2.

  20. yun Tuesday, 18 May, 2010 at 16:12

    gw uda apply monbugakusho D2…tapi status aq masi mahasiswa ekonomi ,,bulan 8 nanti aq sudah maw susun skripsi…..lucu gak yah S1 tapi ambil D2…..soalnya jurusan s1 &D3 kbanyakan buat anak ipa…satu2nya yg nyambung ama major gw skrg cuman D2…ada subject business…..
    gimana kak???kasi saran donk….binunk…takutnya penyeleksinya bingung calon S1 tapi ambil D2….

    • reiSHA Tuesday, 18 May, 2010 at 16:27

      Penyeleksi mah ga akan bingung, toh mereka udah punya kriteria penilaian. Saya bingung kenapa udah bertahun-tahun kuliah S1 mau ulang kuliah lagi?

  21. yun Tuesday, 18 May, 2010 at 19:07

    soalnya kebanyakan jurusan engineering gt ….soalnya aq anak ekonomi…jadi gw lebih ngemilih subject business tepatnya cuman ada di D2…tapi ndak apa..memulai dari awal ,just take it easy…..mencoba sesuatu yang baru..haha….kak,,kamu skrg lagi d jpg lanjut kuliah yah?

    • reiSHA Tuesday, 18 May, 2010 at 19:16

      Yup, saya memilih melanjutkan kuliah saja di Jepang. Ketika saya masuk S1, saya sudah bertekad untuk menyelesaikan S1 saya, tidak akan pindah ke luar negeri sekalipun ada beasiswa yang bisa dicari…

  22. yun Tuesday, 18 May, 2010 at 19:39

    sesudah baca blog kakak,,benar2 perjalanan yg panjang menuju k jpg..sugoiiii nee……
    wish the best buat kakak…..GANBATTEEE!!!

  23. yun Wednesday, 19 May, 2010 at 08:07

    kak….setelah dipikir-pikir dr saran kakak…gw taon ni harus fokus ke kuliah terakhir ku, taon depan gw coba apply S2..

  24. oneitusatu Friday, 21 May, 2010 at 11:52

    eh tanya dong mas ato mbak,
    maksudnya kata2 perpanjangan beasiswa maksimal 2tahun berati kita cuma dapet beasiswa max 2 tahun gt?
    Berati kita g dapet beasiswanya sampe lulus dong?cmiiw

    NEED FAST RESPONSE!!!

    • reiSHA Friday, 21 May, 2010 at 13:06

      S2 2 tahun, S3 3 tahun, karena normalnya emang segitu. Mau lulus berapa tahun emang?

  25. oneitusatu Saturday, 22 May, 2010 at 08:59

    maksud saya buat yang s1 mbak,
    kan 5tahun tuh masa study nya?gmana dong?

    • reiSHA Saturday, 22 May, 2010 at 09:16

      S1 ya beda lagi. -_-” Tapi saya ga tau yg S1 kaya apa…

  26. Caca Saturday, 22 May, 2010 at 16:58

    Kak… aq baru aja buka website Beasiswa Monbukagakusho…

    Trus karena aku anak daerah (bukan Jabodetabek) diharuskan melamar pake surat lamaran…
    Duuh.. Gmn cara bikinnya tu?

    Aku baru tamat SMA tahun ini… Tapi aku harap bisa belajar di Jepang tahun depan…

    • reiSHA Saturday, 22 May, 2010 at 19:37

      Aku ga tau sama sekali yang untuk lulusan SMA. Silakan hubungi kedubes Jepang supaya lebih jelas…

  27. Lili Tuesday, 25 May, 2010 at 16:58

    Halo mbak..

    infonya bermanfaat bgt buat aku. Makasih y.

    Ada pertanyaan nih mbak tolong di jwb y.
    Slh satu syarat beasiswa itu kan butuh surat pengajuan dari profesor di univ jepang. Nah, gmn cara untuk ngontak profesor di sn?. Apa kita masuk dl ke web dari universitas yg diinginkan terlebih dahulu? ato bagaimana? dan setelah itu bagaimana?.

    aku tertarik untuk mengambil S2 dibidang pariwisata, kira2 di jpg sn univ. apa yang ada jurusan itu?.

    • reiSHA Tuesday, 25 May, 2010 at 18:20

      Silakan baca tulisan saya yang http://reisha.wordpress.com/2010/02/23/after-primary-screening-mext-scholarship/

      Soal universitas yang ada jurusan pariwisatanya, saya tidak tahu. Googling saja.

  28. leo Thursday, 27 May, 2010 at 13:04

    k
    minta tolong kirimin format surat lamaran beasiswa jepang bagi yang di luar medan, surabaya, jakarta dan makasar..

    thanx y k

    • reiSHA Thursday, 27 May, 2010 at 13:30

      Maaf, saya ga punya formatnya. Dulu saya ga bikin.

  29. Pingback: Belajar ke Jepang Dengan Beasiswa Monbukagakusho « Engineers are artist of the world

  30. erywijaya Thursday, 22 July, 2010 at 12:06

    Menarik sekali ceritanya, salam kenal, saya juga penerima Monbukagakusho, tapi yang skema U to U

  31. zano Thursday, 12 August, 2010 at 14:08

    konichiwa..
    raisa..
    saya baru lulus graduate arsitektur thn ini.. pgn ikutan program ini.. tapi ipk saya 2.9..
    apa ipk menjadi syarat utama dari program ini..?? klo masalah letter accepment link dosennya saya udah dapet.. gmana menuryt raisa..?? oh iya untuk program arsitektur univ apa yang kira2 bagus..??

    • reiSHA Thursday, 12 August, 2010 at 16:35

      Soal IPK saya juga kurang tau. Kalau mau mencoba daftar tidak ada salahnya. Sudah dapat link dosen, maksudnya sudah kontak dengan dosen di sana? Kalau lewat jalur kedubes ga bisa, kan bisa juga coba apply yang U to U.

      Soal universitas, saya tidak tau…

  32. yudha Wednesday, 15 September, 2010 at 23:17

    mba mau nanya klo lulusan D-IV ada yang bisa langsung gak tuk ambil S 2
    thanks

    • reiSHA Thursday, 16 September, 2010 at 08:37

      Saya tidak tahu. Coba tanya kedubes..

  33. ashlih Tuesday, 21 September, 2010 at 17:07

    wah, makasih banyak buat infony y

    ~salam kenal

  34. ijul Wednesday, 20 October, 2010 at 10:24

    rei, mau tanya deh iyang lo apply ntu G to G pa U to U?

    • reiSHA Wednesday, 20 October, 2010 at 13:35

      G to G..

  35. Kazu Nami Monday, 1 November, 2010 at 18:19

    Assalamu’alaikum mba Reisha,
    salam kenal ya,, tahun depan saya mau apply untuk Research student S2 ya.. saya anak accounting, saya sekarang sudah susun research plan dan saya juga sudah punya kemampuan bahasa jepang yg lumayan lah,
    saya sangat tertarik untuk kuliah di sana mba..
    sebisa mungkin saya coba berusaha untuk bisa dptn beasiswa ini..hehe
    akhir2 ini saya sudah coba cari contact ke professor, tapi kok gak bisa ketemu alamat email nya ya…ada list nama dan bidang research nya aja..boleh kasih tau info gak mba? oya kalau ada teman yg accounting juga mohon diinfokan ya mba.. terima kasih mba reisha…^^
    よろしくお願いします^^

  36. aziz Tuesday, 2 November, 2010 at 10:43

    kak, k lo manbusho G to G harus ada link dengan Profesor jepang dulu ga?

  37. aziz Tuesday, 2 November, 2010 at 10:53

    Ka, K lo misalnya udah kontak ma Prof jepang, kemudian daftarnya 2 tahun lagi, apakah itu masih mungkin ka, mohon balasannya dari kaka, saya ada niat ambil PhD Ka.

    • reiSHA Tuesday, 2 November, 2010 at 16:29

      Coba tanya profesornya aja, atau Kedubes Jepang.

  38. Dizya Thursday, 11 November, 2010 at 10:31

    Hallo mba Reisha..

    Saya mau coba apply tahun depan..
    Boleh tanya gak.. Itu yg 150rbu yen untuk living cost aja atau include uang kuliah juga mba?

    Oya mba, boleh gak minta tips untuk buat proposal research yg bagus kaya gmn ya mba?
    Ada contohnya ga mba?

    Terus untuk TOEFL kita diharuskan test yg resmi atau bagaimana?

    Mohon info nya ya mba…
    Trims mba reisha^^

    • reiSHA Saturday, 13 November, 2010 at 13:44

      150 ribu itu living cost aja.. untuk pertanyaan sisanya, silakan baca http://reisha.wordpress.com/2010/02/10/seleksi-dokumen-beasiswa-monbukagakusho/

  39. Nur Ahmadi Monday, 15 November, 2010 at 20:17

    Assalamu’alaikum, salam kenal teh, sangat membantu tulisannya. Haturnuhun. Mudah2an sy bisa menyusul tahun depan, amiin :)

  40. sri betti Tuesday, 30 November, 2010 at 09:11

    moshi-moshi

    salam kenal semuanya,,,
    saya sekarang mahasiswa semester 5 prodi bahasa Indonesia… pengen sekali kuliah di luar di jepang…. tapi bingung mau masuk universitas mana yang cocok buat saya?????

    sebenarnya ada rencana nekat sih… jadi guru bahasa Indonesia aja di Jepang….
    jejejejjejeje

    amin

  41. Wulan Wednesday, 5 January, 2011 at 07:47

    salam kenal kak
    aku wulan. aku mau lulus tahun ini. aku ingin ukut beasiswa MEXT. klu yang lulusan sma itu harus ngontak profesornya dulu atau tidak?
    terimakasih

    • reiSHA Friday, 7 January, 2011 at 21:22

      Saya tidak tahu prosedur untuk lulusan SMA. Coba cek di website Kedubes Jepang saja.

  42. ninade Saturday, 12 February, 2011 at 20:38

    Wah, blognya menarik.. :D
    boleh tukeran link, tak??
    Makasih banyak udah share banyak hal, sangat sangat bermanfaat.. :))
    Salam kenal..
    Sukses slalu buat risetnya ya.. ;)

  43. yulina Tuesday, 8 March, 2011 at 17:48

    kak reishaa,akuu mau tanya2 boleh ga? akuu mau ambil S1 dsana,mw coba beasiswa nya.. pas cek dokumen rapot gitu,harus bawa aslinya ga kak? soalnya rapotku hilang.. huhuhuhuhu.. terus waktu wawancara pake bahasa apa kak? enak kak di jepang? hehehehhehe.. makasih yah kak..

    • reiSHA Tuesday, 8 March, 2011 at 20:38

      Prosedur untuk S1, D3, dan D2 (undergraduate) beda dengan yang ini, dan saya ga tau gimana prosesnya..

      • yulina Tuesday, 8 March, 2011 at 22:02

        okok..
        makasiii yah kak..
        doain akuu dapet yah byar ga knal..
        soalny trinspirasi bgd..
        thx yah..

      • reiSHA Tuesday, 8 March, 2011 at 22:03

        yup sama2, tetap semangat ;)

  44. FAIQ Monday, 6 June, 2011 at 00:21

    permisi mas tolong saya dibimbing dlm pembuatan surat lamaran beasiswa mobukangakusho saya dari bulan lalu membuat tetepi tidak jadi jadi *saya ingin mendaftar d3 di waseda univ mohon kirimkan contoh lamaran tsb ke email saya faiqfakhrikhariri@yahoo.com trimakasih

    • reiSHA Monday, 6 June, 2011 at 09:26

      1. Saya bukan MAS-MAS!
      2. Saya ga pernah bikin surat lamaran beasiswa.

  45. Pingback: Beasiswa Pemerintah Jepang (MEXT Scholarship/Monbukagakusho) « Read first, then you may assume!:)

  46. Pingback: Tentang Beasiswa Monbusho (MEXT) « Ashlih

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 258 other followers

