Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

My Name is …

Yup, my name is reiSHA. Teringat ungkapan retoris William Shakespeare “What’s the meaning in a name? – Apalah arti sebuah sebuah nama?” dalam novelnya Romeo and Juliet. Terkesan bahwa nama itu tidak atau kurang penting. Aku lebih menyukai ungkapan, “Nama itu adalah doa”. Yup, pasti ada cerita dibalik pemberian sebuah nama pada seseorang, dan tentunya ada makna dibalik nama tersebut.

reiSHA hUMaira (aslinya Reisha Humaira :D). Aku suka nama ini. Aku tidak tahu arti dari nama ‘Reisha’. Yang aku tahu, Reisha itu diambil dari nama neneknya mamaku yang yang sedikit dimodifikasi (mungkin di-rename atau di-redefine, meminjam istilah OOP, hehe…). Nama beliau Raisah, untukku, jadinya Reisha.

Humaira, itu bahasa Arab, artinya pipi merah delima atau yang pipinya kemerah-merahan. Humaira adalah panggilan sayang Rasulullah SAW kepada istrinya Aisyah binti Abu Bakar. Aisyah adalah sosok wanita yang berwibawa dan cantik. Aisyah juga dikenal sebagai wanita yang cerdas dan pandai. So, especially for cowo-cowo, please don’t call me Humaira, it’s just for my husband later😀

Mungkin ada yang bertanya, kenapa aku menulis reiSHA hUMaira di blog ini, bukannya Reisha Humaira. Seperti kata seseorang, ada filosofinya (padahal hanya berawal dari keisengan belaka). Ceritanya, biasalah, mungkin panggilan Reisha dirasa agak ribet, jadi orang-orang butuh nama panggilan yang lebih singkat. Alhasil, sebagian memanggil Rei, sebagian memanggil Sha. Aku tidak suka dipanggil Rei, makanya pada reiSHA, huruf s, h, dan a nya di-capsLock. Tujuannya hanya memberikan penekanan kalau aku lebih suka dipanggi Sha.

Bagaimana dengan hUMaira? Bagian inilah yang merupakan keisengan dari seorang reiSHA. Kesannya lucu juga menulis nama dengan kombinasi huruf besar dan huruf kecil. Yang jelas, akhirnya aku menemukan kombinasi yang bagus. Perhatikan deh. Jika semua huruf kecil dihapus, reiSHA hUMaira, huruf-huruf apakah yang tersisa? Huruf-huruf itu akan membentuk suatu kata, dan kata itu, jika dilaksanakan akan mendekatkan kita pada Sang Khaliq.

Begitulah sekelumit kisah (naon…) tentang nama reiSHA. Bagaimana dengan nama Anda?

29 responses to “My Name is …

  1. Petra Novandi Monday, 23 April, 2007 at 09:17

    ah, biasa juga dulu dipanggil Reisha Humaniora,,,,
    kadang juga dipanggil Resha cewe, biar bedain dengan Rhesa cowo (alias Rhesa kaos),,, soalnya pronounciationnya mirip…..

    tapi nama lo bagus banget kalo gw bilang

    arti nama gw? ntar gw post di blog gw deh….

  2. reiSHA Tuesday, 24 April, 2007 at 03:50

    @Petra Novandi: jangan sembarangan kau ganti-ganti nama orang >_<

  3. ibun Tuesday, 24 April, 2007 at 05:50

    Tapi susah kalo mau nulis nama Reisha,, kadang-kadang kebalok-bilak jadi Rheisa…

    Gimana Kalo Reisha di rename aja jadi Rheisa??

  4. reiSHA Tuesday, 24 April, 2007 at 05:59

    @ibun: cem mak mak kali…

  5. lee Tuesday, 24 April, 2007 at 06:50

    ada dua nama bagus dalam Al Qur’an, selain yang mempunyai pipi kemerah-merahan, yaitu yang bermata jeli

  6. Petra Novandi Tuesday, 24 April, 2007 at 06:53

    Loh, bukan gw yang ganti… si David…😛😛

  7. reiSHA Tuesday, 24 April, 2007 at 06:55

    @lee: hmm… aku ga tau, kalo bermata jeli namanya apa? (ga terlalu ngerti bahasa Arab🙂 )

    @Petra Novandi: apapun lah… (ga jlaz abis…)

  8. Brahmasta Wednesday, 25 April, 2007 at 08:31

    [oot]
    Jadi inget dulu pernah ngomong di depan kelas waktu SMP. Ceritanya jadi aktivis Golkar (role play), terus ada temen yang nanya.. “Bapak kan aktivis Golkar, nama Golkar kan sudah terlanjur buruk… dst”.

    Terus saya menjawab.. “Mengutip kata William Shakespeare, Apalah arti sebuah nama? Itu bukan masalah buat saya”

    Lalu kebayang kan reaksi orang sekelas? Ada-ada aja ni orang.
    [/oot]

    Btw setuju sih. Nama kamu bagus. Pertahankan! (apa coba..?)

  9. febrian Wednesday, 25 April, 2007 at 09:22

    Nama yang cantik🙂, terutama baru tahu artinya Humaira itu pipi yang kemerahan …

  10. Widya Wednesday, 25 April, 2007 at 16:23

    bener sha. Nama adalah do’a

    daku sendiri dikasih nama ‘Widya’ karena kata ortu ku artinya cerdas/pandai jadi bisa dibilang, ortu ku berdo’a supaya kelak anaknya cerdas/pandai. Tapi sayangnya, daku ga bisa mewujudkan do’a mereka😦

  11. Setiadi Friday, 27 April, 2007 at 09:58

    Anak Lelaki 1 : “Eh, eh ada salam dari reiSHA…”

    Anak Lelaki 2 : “Hah yang bener nih?, sumpeh lo?? *dengan tampang kaget *”

    Anak Lelaki 1 : “rei SHA.. pe deehh :)”

  12. KnightDNA Friday, 27 April, 2007 at 16:33

    Reisha itu bukannya mantan Ka HMIF sebelum Naren ya?

    Reisha Mahardika Nurmasanto…😛

  13. reiSHA Monday, 30 April, 2007 at 07:45

    @KnightDNA: Dibaca orangnya ntar dia marah lho😆

  14. reVAN Friday, 4 May, 2007 at 05:52

    Sha, kalo namo sha ditulis dalam arabic language pakai huruf  (shad) atau  (syin)?

    Setelah awak analisis, ternyata kata “humaira” itu berasal dari gabungan “who” dan “mairah (merah)” … sehingga wajar lah artinya “nan sirah-sirah tu ha” … wkwkwk …

    .:|reVAN|:.

  15. reiSHA Friday, 4 May, 2007 at 08:33

    @reVAN: Jangan macam-macam. Kurang kerjaan kali. Nulis nama juga ikut-ikutan >_<

  16. reVAN Monday, 7 May, 2007 at 15:28

    ampun sha, awak ni apa lah …

    tapi duo huruf muko namo wak samo … baa juo lai …

    re …

    re …

    re …

    sia nan lahia labiah dulu …

    -reVAN-

    * moga2 di-submit …

  17. reiSHA Wednesday, 9 May, 2007 at 09:19

    @reVAN: ini bukan masalah sia yang lahia labiah dulu. Dulu juga pake identitas Mr Revan, sekarang ikut-ikutan…

  18. Revan Wednesday, 9 May, 2007 at 09:27

    Ampun kk … Ya udah wak ganti … -_-

  19. aim_psd Saturday, 12 May, 2007 at 09:05

    wah..
    kok ada revan di sini,
    ngapain kow van
    wkwkwkwk

  20. AL Wednesday, 7 November, 2007 at 14:21

    Asl. Pengen tau arti lengkap namanya?
    RAISAH – RAIS adalah bahasa arab artinya : Kapten, pemimpin
    HUMAIRA artinya : yang pipinya kemerah-merahan
    jadi kalo RAISAH HUMAIRA ya Kapten,pemimpin (perempuan maksudnya) yang pipinya kemerah-merahan.
    RAISA HUMAIRA artinya lebih kurang sama dengan diatas.
    tapi kalo di-BEKEN-kan namanya (maaf…generasi kita kan sering membeken-bekenkan namanya,padahal bisa jadi arti do’anya bertolak belakang),….jadi REISHA wah saya nggak terbayang arti do’anya ….????????????? terserah terjemahin aja…pokoknya do’a yang baek2 ajalah. thanks.

  21. reiSHA Thursday, 8 November, 2007 at 08:49

    @AL: Doanya pasti yang baik lah. Masa iya orang tua doain anaknya sama hal yang tidak baik…

  22. abifaris abdurrahim Thursday, 8 November, 2007 at 11:55

    Asl. so pasti…orang tua tentu slalu mendo’ain yg baek2 buat anak2nya…..trus tinggal kitanya yg harus slalu do’ain mereka….karna salahsatu do’a yg di-ijabah oleh ALLAH adalah do’a anak yg sholeh/sholehah..thanks..atas balasnya

  23. AL Thursday, 8 November, 2007 at 11:56

    Maaf namanya salah ya..pake yg AL aja

  24. Rizky Ramona Friday, 5 December, 2008 at 10:48

    baru tw kalo di sini uni ama uda bacakak dek karno namo… hahahahhahhahahah…….. cari lawan…….

  25. ambo Wednesday, 29 July, 2009 at 11:13

    nama asli awak Muhammad Iqbal, trus pas awak masuak SMA ado kawan yang maimbao awak Ambo, jadilah namo awak kini Iqbal Ambo Prihatin, panggilan Ambo..
    cz awak agak tabarek jo namo Muhammadnyo, ibadah wak masih jauh dari yang punyo namo asli itu yaitu nabi Muhammad SAW

  26. ridwan Friday, 12 February, 2010 at 10:44

    nice names………………………………………………
    ^_^
    SHAUM(puasa)
    bersyukurlah mempunyai nama yang baik
    coz nama sebagian dari doa…………………..

  27. hermawan Thursday, 30 June, 2011 at 18:02

    assalam…
    maaf saya coba cari2 kata “HUMAIRA”
    kebetulan putriku baru lahir 17 hari yang lalu, terus saya berikan nama : AISYA HUMAIRA ASHALYA
    ternyata banyak juga yah yg namanya humaira….

  28. rizka Thursday, 7 July, 2011 at 18:17

    dulu seorang adik sering cerita tentang “kembaran”nya, saat kenal dengan reisha uni ingat adik ini. tadi kami ketemu lagi setelah sekian tahun, ternyata “kembaran” yg dimaksud nya adalah reisha yg ini ^_^ yup…yup….mirip banget,dari awal uni sdh feeling,dari cara sha berbahasa dg tulisan2 ini uni sedikit tahu ttg karakter sha….Subhanallah ya “kalau ingin mengenal seseorang lihatlah sahabat/org terdekatnya(al-hadist).

    *btw….i’m not found your name in my fb-friends….sdh dihapus accountnya?

  29. Shalluna Vexia Queenez Wednesday, 5 June, 2013 at 23:14

    Hahhaha… aku juga namanya reisha… Tepatnya Reisha Fadhilah Hadianty😀
    kwkkwkw…. ah tadinya aku pengen tau apa sih artinya Reisha ituh…😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: