Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

Setahun yang Lalu, Setahun yang Akan Datang

Setahun yang Lalu, Mei 2006 – Mei 2007

Apa yang sudah kulakukan?

Merunut-balik masa-masa setahun yang lalu, masa-masa yang bisa dibilang penuh dengan kegiatan-kegiatan tidak hanya akademik, juga organisasi dan kepanitiaan.

Mei 2006, aku diamanahi sebagai Kasubdiv. Web dan Milis UKM. Aku menjalankan amanah ini tanpa bimbingan dari pejabat sebelumnya, mengerjakan web UKM dari nol lagi, melakukan maintenance dan update web, mengurusi milis UKM, dan lain-lain. Yah, dengan amanah ini aku bisa belajar mengelola web. Suatu pembelajaran yang berharga, meskipun di awal-awal masih harus dibantu Petra.

Bersamaan dengan web UKM, aku juga diamanahi untuk mengurus web FSLDKN. Amanah dari Gamais. Meskipun sama-sama web, tetap saja ruang lingkupnya beda. Akan tetapi, di awal-awal aku memang lebih fokus ke pengerjaan web UKM.

Libur panjang setelah TPB, bisa dibilang aku cuma tiga minggu berada di rumah. Sekitar akhir Juli 2006, aku harus kembali ke Bandung, menghadapi LKO dan pelantikan HMIF; mengurus CD dan Booklet Gamais 2006 (aku diamanahi sebagai KorWat Div. Cd Booklet di kepanitiaan Pagi Maba 2006 Gamais); serta persiapan acara Open House Unit (OHU) yang rutin diadakan KM-ITB. Yup, setelah melalui perjalanan panjang dan melelahkan, akhirnya kami IF’05-ers dilantik juga sebagai anggota biasa HMIF. Rangkaian acara pelantikan diadakan di Ciburial, sama dengan tempat di mana aku dilantik sebagai anggota UKM.

OHU moment yang membawaku untuk menguasai Tari Piring yang memang sudah jadi incaranku sejak pertama kali aku melihat Tari Piring UKM di OHU 2005. Yup, aku tampil sebagai personil Tari Piring di OHU 2006, penampilan perdanaku membawakan tari itu.

Masuk semester III, mulai mengenal dunia Informatika, berhadapan dengan mata kuliah yang sama sekali baru buatku. Berhadapan dengan kuliah 22 SKS.

Idul Fitri 1427 H, pertama kalinya aku ke kota Surabaya, menghabiskan lebaran bersama keluarga di sana. Itu lebaran kedua tanpa orang tua dalam hidupku.

Desember 2006, pertama kalinya aku ikut Training ESQ. Yah, mungkin ini bukan hal yang terlalu wah, tapi lewat training ini aku bisa lebih memahami artinya hidup. Hmm…

Januari 2007, semester III berakhir. Alhamdulillah, hasilnya memuaskan. Liburan… Aku tidak pulang ke ranah Minang, mendekam di Bandung, melanjutkan mengerjakan amanahku di Gamais, megerjakan web FSLDKN yang selama ini bisa dibilang tidak pernah aku perhatikan.

Libur semester ganjil, moment bagi UKM untuk mempersiapkan peringatan Dies Natalisnya. Aku yang awalnya tidak berkeinginan untuk berpartisipasi, akhirnya memutuskan untuk ikut tampil di pagelaran Dies 32 UKM, dengan segala konsekuensi yang sudah bisa kubayangkan seperti apa. Keputusan yang berat.

Memasuki semester IV, salah satu semester genap di IF yang identik dengan tugas-tugas yang menumpuk. Walaupun kuliah cuma 18 SKS, ditambah latihan Dies UKM, jadilah masa-masa semester IV menjadi masa-masa yang berat. Bagaimana ya hasilnya nanti?

Semester IV, masa-masa penuh pebelajaran. Bagaimana tidak, tugas-tugas yang diberikan dosen kali ini lebih kreatif, menuntut kita mempelajari hal-hal yang baru. Jadilah akhirnya di semester IV ini aku telah belajar mempergunakan Borland Delphi, Microsoft Visual C# 2005, Power Designer, StarUML, dan Netbeans; serta belajar bahasa C++, Java, Prolog, hingga TASM.

Latihan Dies. Hmm… Hal yang kadang jadi alasan bagiku untuk bolos di sejumlah kuliah, terutama kuliah yang jadwalnya Kamis jam 07.00. Hal yang juga membuat aku seolah-olah menghilang dari Gamais. 28 April 2007, akhirnya pagelaran UKM berlangsung. My first performance at SaBuGa…

Dua minggu sesudah Dies UKM, ada dua LPJ yang melibatkan diriku. LPJ UKM dan LPJ Gamais dua-duanya berlangsung di hari yang sama, membuat aku terpaksa tidak menghadiri LPJ Gamais. Berakhirlah jabatanku di kepengurusan UKM 2006/2007.

Setahun yang Akan Datang, Mei 2007 – Mei 2008

Apa yang akan kulakukan?

Hmm… Perencanaan yang matang, hal itulah yang rasanya susah untuk kulakukan. Akhir tahun 2006, aku pernah bertekad membuat perencanaan yang bagus untuk hidupku, minimal setahun ke depan lah. Tapi, sampai sekarang, hal itu hanya sebatas keinginan. Saat ini, aku juga berkeinginan untu memiliki hidup yang lebih baik setahun kedepan. Jadi?

Entahlah. Aku baru bisa membayangkan apa saja yang akan kulakukan setahun ke depan. Paling tidak untuk tiga hal yang kutekankan di atas; akademik, organisasi, dan kepanitiaan.

Akademik… Tingkat III, masa-masa yang semakin berat di IF, apalagi semester VI, paling horor. Perjuangan akan semakin berat. Semangat sHa!!!

Organisasi… Ini dia. Di UKM, aku memilih untuk tidak menjadi pengurus. Keputusan yang berat, karena harusnya justru di kepengurusan 2007/2008 inilah UKM angkatan 2005 menunjukkan aksinya. Aku sempat diminta jadi sekretaris, tapi ku tolak. Temans-temans, maaf mungkin aku tidak ikut berjuang dengan kalian sebagai pengurus, tapi yang jelas aku akan senantiasa membantu, terutama web dan milis, tidak mungkin kutinggalkan begitu saja tentunya.

Kenapa kutolak? Ini masalah pertimbangan akademik dan juga amanah lain. Di Gamais, aku sempat ditawari jadi KorWat departemen yang baru di Gamais, Akademik dan Keprofesian, ini ku tolak, lebih karena alasan kompetensi (bingung nyari istilah). Akhirnya aku masih menjalankan amanah yang sama di Gamais. Ya, mungkin bisa dibilang tidak ada kemajuan, perubahan berarti, atau apapun lah. Tapi, yang jelas, aku hanya ingin memperbaiki kesalahanku setahun yang lalu, di mana aku tidak menjalankan amahan itu dengan baik. Aku juga ingin lebih memperbaiki diri. (Gitu lah pokoknya, susah juga jelasinnya…)

Hal lainnya, lihatlah, apa saja yang sudah kulakukan untuk HMIF? Tampak tak pernah disebutkan di atas. Semoga setahun ke depan aku lebih berpartisipasi lah di HMIF. Mungkin bukan untuk hal-hal yang besar, paling tidak, aku tidak menghilang lagi seperti dulu.

Tampak porsi untuk organisasi dikurangi. Keputusan yang tepatkah? Wallahu a’lam. Mungkin aku nanti mencoba membantu di kepanitiaan.

Oh, iya. Ada lagi. Aku mendaftar untuk jadi asisten tetap Lab Rekayasa Perangkat Lunak alias Software Engineering. Hmm… Wallahu a’lam diterima atau tidak. Yang jelas, jika nantinya aku diterima, ada hal lain yang ‘jelas’ untuk kulakukan setahun ke depan. Jika tidak diterima, just a simple sentence, berarti itu yang terbaik yang diberikan Allah buatku.

Aku jadi bingung, setahun ke depan mau melakukan apa lagi. Ada ide? Kok kayanya aku bakal SO gitu ya? Ga mauuu…

5 responses to “Setahun yang Lalu, Setahun yang Akan Datang

  1. Ryan Tuesday, 29 May, 2007 at 12:22

    Usul!!!, setahun ke depan dr sekarang persiapkan mental dan fisik demi tugas-tugas yg masya Allah bejibun banyaknya T_T (aduh,,, jd pengen pulang)

  2. Petra Novandi Tuesday, 29 May, 2007 at 16:45

    Setuju!

    Siapkan mental dan fisik nih….. T_T

  3. Setiadi Wednesday, 30 May, 2007 at 08:50

    seimbang… hmm. kalo bisa seimbang ke semuanya, itu baru keren!🙂

  4. Zakka Fauzan Muhammad Friday, 1 June, 2007 at 20:22

    Betul…

    Kayanya sante aja kali… Semester VI biasa aja…😛

  5. 415412 Saturday, 2 June, 2007 at 20:46

    >Akhirnya aku masih menjalankan amanah yang sama di Gamais. Ya, mungkin bisa dibilang tidak ada kemajuan, perubahan berarti, atau apapun lah..

    Banyak sha.. banyak harapan ada di web-web itu.. perhatiin aja guest-booknya😀 berarti banyak hal besar yang bisa kamu buat..

Leave a Reply

