Gibraltar, Pesona Alam di Mediterania

Setelah dulu pernah membahas tentang nama, aku jadi teringat nama sepupuku yang baru. Kreatif dan unik, menurutku. Namanya Gibraltar Qawiyyul Mumtaz Abitovic (semoga menulisnya benar, rada ribet soalnya πŸ™‚ ). Dan panggilannya Abito. Membaca namanya, aku jadi teringat pelajaran Geografi.

Ternyata Gibraltar adalah salah satu wilayah Inggris, juga nama sebuah selat. Tapi di sini aku lebih membahas Selat Gibraltar-nya. Selat Gibraltar adalah selat yang menghubungkan Samudra Atlantik dengan Laut Mediterania, serta memisahkan Spanyol dari Maroko. Nama Gibraltar berasal dari nama Arab "Jabal Thariq" yang berarti gunung Thariq. Nama ini menunjuk kepada Jenderal Muslim Thariq ibn-Ziyad yang menaklukkan Spanyol pada tahun 711.

Saat mengikuti Training ESQ, aku "berkenalan" lebih jauh dengan Selat Gibraltar ini. Waktu itu diputar video rekaman saat Pak Ary Ginanjar berada di sana. Dari situ terlihat bahwa di Selat Gibraltar itu ada pertemuan dua jenis laut yang berbeda, dan perbedaan itu jelas terlihat dari perbedaan warnanya. Ada garis batas yang memisahkan keduanya. Satu bagian warna biru lautnya lebih gelap, bagian lainnya lebih terang.

Bagaimana ya?

Begini. Air Laut Mediterania alias Laut Tengah memasuki Samudra Atlantik melalui Selat Gibraltar. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda, dari segi suhu, kadar garam, dan kerapatan air laut. Hanya saja, meskipun kedua laut itu sudah bertemu di Gibraltar, karakteristik masing-masing laut tidak berubah, masih bisa dibedakan mana air dari Samudra Atlantik dan mana yang dari Laut Tengah. Padahal, kalau dipikir, jika dua cairan bertemu, pastilah terjadi percampuran antara keduanya, dan nantinya cairan itu akan memiliki karakteristik yang sama.

Sifat lautan yang saling bertemu, akan tetapi tidak bercampur satu sama lain ini telah ditemukan oleh para ahli kelautan. Dikarenakan gaya tegangan permukaan, air dari laut-laut yang saling bersebelahan tidak menyatu. Akibat adanya perbedaan masa jenis, tegangan permukaan mencegah lautan dari bercampur satu sama lain, seolah terdapat dinding tipis yang memisahkan mereka.

gibraltar

OK, ternyata hal ini bisa dijelaskan dengan fisika. Nah, dulunya, aku cuma membayangkan hal ini hanya bisa dilihat secara mikroskopik. Dan ternyata, dari video itu, aku melihat, warna kedua laut itu ternyata berbeda. Subhanallah. Takjub sekali waktu itu. (Jadi pengen ke sana πŸ™‚ )

Dan, luar biasanya, hal ini sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an.

"Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu. Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing."
(Q.S. Ar-Rahman:19-20)

"Dan Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi."
(Q.S. Al-Furqaan:53)

Dan tentunya, teori fisika modern belum ada saat Al-Qur’an diturunkan.

Advertisements

23 thoughts on “Gibraltar, Pesona Alam di Mediterania

  1. Kudos to you for discussing this kind of thing. Inilah bukti bahwa Al-Quran adalah kebenaran. Masih ada lagi ayat-ayat seperti itu, contoh ayat yang secara eksplisit menjelaskan teori bigbang:

    “Dan apakah orang-orang kafir itu tidak mengetahui bahwa langit dan bumi keduanya dahulu menyatu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya;…” (Q.S. Al-Anbiya: 30)

    terus yang menjelaskan bahwa sel sebagian besar terdiri dari cairan:

    “…dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air, maka mengapa mereka tidak beriman?” (Q.S. Al-Anbiya: 30)

    atau fungsi kulit yakni sebagai perasa (jika kulit tidak ada maka kita jadi ‘kebal’):

    “Sungguh, orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti dengan kulit yang lain, agar mereka merasakan azab.” (Q.S. An-Nisa: 56)

    Al-Quran itu secara objektif benar.

    1. Tersentuh hati ku,… Ya Allah tambahkan cahaya keimanan di dalam relung hati sehingga aku dan teman – teman akan selalu takut dan berharap kepadaMU…Allah…Nabi Muhammad SAW benar,…Al Quran mu Benar…Allah Lindungilah kami dari api neraka Mu…Ya Allah…kata doa ini tidak akan habis untuk membuat permintaan kepada Mu Ya Allah..sampai Engkau meridhoi kami…Allah Sayangi kami…Allah Kasihani lah kami….Allah…

  2. sip,wah inget banget ttg ini, ga akan terlupa..ttg air yg terpisah..
    wah namasepupunya campuran inggris, arab, malaysia, rusia..^^ tampak keren..
    Subhanalloh mmg ayat2 seperti ini..inget ESQ lg..
    semua ayat mmg pasti kebenarannya..

    btw,tumben reiSHA mosting yg serius πŸ˜›

  3. @taufik: Abitovic itu bukan unsur Rusia kali. Nama bapaknya si Abito itu Taufik juga, dikerenin aja nulisnya, kayanya. Blog juga terkadang harus diselingi hal yang serius…

  4. @reiSHA: hehe bener juga yah..baru kpikiran πŸ˜›
    abi=bapak
    tovic=taufik
    jadi abitovic=bapaknya namanya taufik
    haha rada maksa..

    yup karakteristik blog mmg beda2,ada yg serius diselingi yg ga serius
    bgitupun sebaliknya..yg penting ilmunya..sip! ?

  5. Assalamualaikum Reisha manis, saya juga sangat takjub dengan kebesaran Allah dan saya tidak mengerti mengapa orang-orang kafir selalu mencari-cari kesalahan Al quran? apakah tanda-tanda yang telah ditunjukan di atas belum membuka hati mereka? dan tidak takut azab Allah yang pedih? semoga blog ini menjadi salah satu syiar yang tidak akan padam cahayanya. Amin

  6. maka nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan (QS.Ar-Rahman)
    subhanalllah, maha besar Allah yang telah memberikan nikmat begitu besar berupa iman

  7. hi Sha..aku jadi terkesan baca blogg kamu..anyway kamu tau banyak tentang gibraltar yach??aku mau kesna tahun ini tapi maii kurang paham..kamu mau gag jadi tmen crita nad info buat aku?
    chelzz

  8. Asslm … Subhanallah, suka sekali membaca isi blognya teteh Reisha, semua berguna … boleh saya izin share ke medsos saya spy bs dinikmati lebih luas lagi teh?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s