Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

Forwarded Messages

Tau bagian yang cukup mengesalkan dari messages yang dikirim via Friendster? Seperti ini…

———————————-
Original message from andri:
>
> ———————————-
> Original message from p a n d u:
> >
> > ———————————-
> > Original message from ardi:
> > >
> > > ———————————-
> > > Original message from Sir Arthur:
> > > >
> > > > ———————————-
> > > > Original message from TJ:
> > > > >
> > > > > ———————————-
> > > > > Original message from rdh:
> > > > > >
> > > > > > ———————————-
> > > > > > Original message from – Budd -:
> > > > > > >
> > > > > > > ———————————-
> > > > > > > Original message from ‘ ‘ ‘ ‘ ‘ ‘Nda:
> > > > > > > >
> > > > > > > > ———————————-
> > > > > > > > Original message from ‘ ‘ ‘ Tiyas:
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > ———————————-
> > > > > > > > > Original message from fachrie:
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > ———————————-
> > > > > > > > > > Original message from ‘ ‘ ‘Aas’ ‘:
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > ———————————-
> > > > > > > > > > > Original message from rahmah:
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > FRIENDSTER IS CLOSING SOON!!!!!

Menurutku, fasilitas pengiriman pesan via Friendster layaknya seperti fasilitas e-mail kebanyakan, meskipun fiturnya jauh lebih sederhana dibanding e-mail. Tapi sekarang tampaknya fasilitas ini justru digunakan hanya untuk mem-forward pesan-pesan yang telah diterima sebelumnya, tidak peduli apakah pesan itu benar atau sekedar hoax.

Seperti e-mail, jika pesan itu adalah hasil forward, pasti ada embel-embel pengirim sebelumnya di bagian awal. Ya, kalau di e-mail, jika forward ini telah terjadi berulang-ulang kali, pastinya akan memperpanjang e-mail. Kalau di Friendster?

Itu dia. Pengiriman pesan di Friendster dibatasi 4000 karakter. Jadi, pesan yang panjang akan dipotong. Nah, jika proses forward berkepanjangan, hasilnya seperti di atas. Pesannya, terpotong. Cut!!!

Ya misalnya memang mau mem-forward pesan via Friendster, kenapa embel-embel di atasnya itu tidak dihapus? Kan jadi lebih enak dilihat pesannya. Aku tidak tahu juga sih apakah ini melanggar etika pem-forward-an pesan, tapi daripada hasilnya seperti itu?

Selain itu, periksa dulu pesannya itu benar atau tidak. Meskipun isinya baik, mengingatkan kita, dan sebagainya, tapi kalau ada tambahan "kirimkan pesan ini kepada 10 orang maka…" atau sejenisnya, rasanya agak-agak gimana gitu…

Intinya, jangan asal forward

8 responses to “Forwarded Messages

  1. da revan Saturday, 9 June, 2007 at 15:00

    Setuju kk …
    Intinya, jgn percaya HOAX … :nono:

  2. Petra Novandi Saturday, 9 June, 2007 at 17:59

    Netiquette Guidelines § 2.1.1

    – Never send chain letters via electronic mail. Chain letters
    are forbidden on the Internet. Your network privileges
    will be revoked. Notify your local system administrator

    Gimana kalo bikin surat berantai yang isinya netiket😛 Biar pada baca😀
    (sama aja boong :mrgreen:)

  3. Widya Saturday, 9 June, 2007 at 23:21

    iya tuh bikin bete ..
    anehnya tetep banyak yang nyebarin ..

  4. rime Sunday, 10 June, 2007 at 11:25

    iya, nyebelin tuh message2 kaya gitu.

    secara di kampus buka FS tuh lamanya bisa seabad…

  5. taufik Sunday, 10 June, 2007 at 13:26

    ya tuh ga kira2 yg ngirim..
    atau itu menunjukkan yg ngirim adalah orang yg gaptek yg baru bisa Frensteran, stuju tak? hehe.. rada ‘peureus’ memang😛
    kalau mau ngirim ya dihapus dulu lah nama2 sblmnya
    dihapus juga karakter2 yg ga perlu >>>>>>
    minimal org yg mengirim, itupun kalau bukan hoax..
    peace ah..

  6. sandclow Sunday, 10 June, 2007 at 15:41

    wah kalau saya langsung saya delete tuh ..tidak peduli dari siapa ..begitu ada title yang ngga jelas dan bukan dialamatkan pribadi ..langsung aja “DELETE”

  7. umifadilah Sunday, 10 June, 2007 at 20:51

    makanya saya jaraaaaaaang bgt buka friendster! ga mendidik, dan menyusahkan orang.. *halah*
    hehehe..

  8. Brahmasta Monday, 11 June, 2007 at 09:32

    Harus lebih sering-sering ngasihtau tentang hoax ini, terutama buat teman yang baru belajar memakai internet, biar ga diterusin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: