Almond

Beberapa waktu yang lalu, tersebutlah sebungkus coklat, namanya coklat Piro, hehe… Kenapa? Karena kemasannya dominan warna merah dan emas, warna kostum penari Piro di pagelaran UKM 28 April yang lalu. Tapi, bukan coklatnya yang akan dibahas di sini. Coklat ini dilengkapi dengan kacang Almond. Hmm… Aku baru tau ada spesies yang satu ini.

Almond, kalau di wikipedia Indonesia disebut badam atau amandel, adalah buah yang dihasilkan oleh pohon Prunus dulcis. (Jadi ingat tata nama binomial nomenklatur, hoho…).

Almond merupakan bagian dari subkeluarga Prunoidae dari keluarga Rosaceae. Tumbuhan ini berada di klasifikasi yang sama dengan persik dalam subgenus Amygdalus di dalam Prunus. (Biologi kali pun…).

Jika biasanya buah Prunus dilapisi oleh daging buah yang manis seperti yang ada pada prem dan ceri, pada buah badam digantikan oleh pelapis dengan tekstur seperti bahan kulit, yang di dalam cangkang kerasnya mengandung biji yang dapat dimakan, biasanya disebut sebagai kacang.

(Sumber: dari sini, tapi tanpa embel-embel ‘Biologi kali pun…’ πŸ™‚ )

Lho? Jadi, kacang atau bukan sih?

almond
(Almonds in and out of shell)

Almond kaya akan vitamin E, 24 mg setiap ons-nya. Almond juga kaya akan monounsaturated fat, salah satu lemak ‘baik’ yang dibutuhkan tubuh.

Almond katanya bisa dijadikan sirup. Almond biasanya juga ditaburkan di atas makanan pencuci mulut, es krim, atau hidangan lainnya. Ada almond butter juga, almond milk juga. Produsen almond di dunia antara lain Yunani, Iran, Italia, Moroko, Portugal, Spanyol, Syria, Turki, dan Amerika Serikat.

“Jadi? Ngapain bahas ini sHa?” Ga sih, sekedar ngasih tau aja, ternyata ada kacang jenis ini di dunia. Enak lho kacangnya…

Advertisements

5 thoughts on “Almond

  1. hihihi… kayaknya jarang makan coklat atau brownies ya? πŸ˜€

    kalo dibilang kacang atau bukan, secara fisik sih menurut saya ya dibilang kacang… tapi ga tau kalo berdasarkan klasifikasinya mah… ga jago biologi, hehe. siapa tau kayak “paus pembunuh” yang ternyata masuk klasifikasi yang lebih deket sama hiu πŸ˜› (jadi ngelantur)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s