Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

Sini Lebih Dingin dari Bandung…

Itu status YM-ku beberapa hari yang lalu…

First question, “‘sini’ itu di mana?” The answer, “Bukittinggi”.

There is a comment, “Bukannya Padang panas ya?”

Yes, of course. Padang terletak di tepi pantai, tentunya panas. Tapi Bukittinggi itu daerah dataran tinggi, di kaki Gunung Merapi. Dingin donk.”

The next comment, “Tapi Bandung lagi dingin-dinginnya lho. Sering hujan, n blablabla…”.

“Ow… Tetap saja masih kalah dingin”.

Other comment, “Beneran lebih dingin dari Bandung?”

“Kesini aja deh kalo ga percaya”.🙂

Lho? Kok jadi perang dingin? (Maksudnya membanding-bandingkan daerah mana yang lebih dingin…) Ga penting amat siy…

Iya, Bandung dan Bukittinggi sama-sama daerah dingin. Tapi Bandung sudah kalah dingin berhubung Bandung telah tumbuh menjadi kota besar, polusi udara meningkat, dan jumlah pepohonan berkurang. Mungkin lebih tepat kalau disebut Bandung itu sejuk. Tapi bagi orang yang berasal dari daerah panas seperti Jakarta, tetap saja Bandung dingin.

Aku bisa membandingkan. Kalau di Bukittinggi, tidur tanpa selimut tebal di malam hari, itu namanya cari penyakit. Mandi pagi, wuihhh… Air serasa air dari kulkas. Kalau di Bandung, tidur tanpa selimut biasa aja. Mandi pagi, biasa, ga dingin kok…

Aku lebih suka tinggal di daerah yang tidak panas. Dinginnya udara bisa diatasi dengan jaket tebal dan selimut, tapi kalau udara panas apalagi ada polusi udara, mau diapain? Pakai AC atau kipas angin, OK untuk di dalam ruangan. Kalau di luar?

Tapi udara sejuk lebih enak lagi, seperti sejuknya Bandung. Tidak ada air serasa air kulkas untuk mandi. Tidak perlu ada selimut tebal untuk anak kost.

So what sHa?

Begini, kalau nanti aku punya rumah sendiri, aku memilih daerah yang sejuk atau dingin. Aku tidak mau tinggal di Jakarta, sudah panas, udaranya sesak pula. Jadi, nanti tinggal di mana ya?

17 responses to “Sini Lebih Dingin dari Bandung…

  1. taufik Monday, 25 June, 2007 at 17:14

    loh itu kan itu pertanyaan sy🙂
    sedingin itukah? berarti mmg bukit tinggi lebih dingin dr bandung
    disini mah pake selimut ademm, mandi seger, ga sedingin air kulkas😛.
    kalau tersirat dari tulisan diatas SHA kyknya mau tinggal di bandung😀
    setuju dingin itu lbh bs diatasi drpd panas, di jepang jg kl udah panas melebihi jakarta loh.. (ko nyambung ke jepang?hehe..)
    dah takut commentnya kpanjangan drpd blognya sendiri😛

  2. Widya Tuesday, 26 June, 2007 at 09:40

    sha … bukittinggi emang dingin banget ..
    but I love it ..
    soalnya udaranya bersu\ih, ga ada polusi kayak bandung ..

    Tapi ya sha ..
    perasaan di rumahku klo mandi pagi-pagi airnya ga terasa air kulkas kok …
    cuma kerasa kayak air kulkas didiemin bentar😀

  3. m4rino Tuesday, 26 June, 2007 at 15:54

    Jadi ingat waktu dulu pertama kali sampai di Bandung aku kepanasan,padahal orang bilang bandung itu dingin.
    Pertama kali pulang k Bukittinggi dari Bandung. Sampai di rumah langsung nyari jaket + kaos kaki saking dinginnya,apalagi di rumah g pake karpet, langsung lantai ubin yang dingin itu. Selama di rumah, jaketnya baru aku lepas kalo matahari udah tinggi, kira2 jam 11 siang lah.

    Jadi pengen pulang…..😦

  4. Petra Novandi Tuesday, 26 June, 2007 at 21:08

    Ntar dibeliin rumah di Antartika kagak mau ditinggalin…..

  5. febrian Wednesday, 27 June, 2007 at 13:44

    Malang dingin lo, jangan salah…

    cuman kondisinya emang udah mirip kota Bandung yang memanas dengan galak…

  6. Habib Thursday, 28 June, 2007 at 21:26

    Sini lebih dingin lagi🙂

  7. da revan Friday, 29 June, 2007 at 09:29

    Di Tangma, Papua se sha …
    Suhunyo kalau pagi sampai 15 derajat C …
    Ya, sama dengan suhu keluaran evaporator AC sentral … :p

    Atau di Bremen, Jerman …
    Musim panasnya hanya 11 derajat C …

  8. reiSHA Friday, 29 June, 2007 at 09:49

    @Widya: Hihi… Berlebihan ya dibilang sedingin air kulkas?

    @m4rino: Iyah… Lantai rumahku kan ubin juga tuh… Gile… Harus pake sandal di rumah…

    @Petra Novandi: Emang mau beliin?

    @febrian: Waktu aku di Malang, siang2 siy, udaranya emang sejuk. Aku jadi inget Bukittinggi waktu lagi di sana… Nah, gtw kalo malem2…

    @da revan: Yo lah…

  9. da revan Friday, 29 June, 2007 at 14:53

    @ reisah: yo lah …

  10. reiSHA Tuesday, 3 July, 2007 at 16:40

    @da revan: Sembarangan nulis nama orang kau…

  11. pUtRi Wednesday, 4 July, 2007 at 15:46

    Sha, mw main ke rumahku?
    pasti ga kalah dingin ma BukitTinggi

  12. KnightDNA Thursday, 5 July, 2007 at 12:02

    Kok pada doyan ngadem yah…?o_O O_o?

    Eh, tapi Bukittinggi ekstrem gak suhunya…? Maksud ingsun kalo siang panas banget, tapi kalo malem, pake selimut tebel juga masih kerasa dinginnya… Ato emang dingin pas dua2nya…

    • pirelliweather6 Friday, 22 July, 2016 at 19:53

      siang sekitaran 24-26, = sama kayak dinihari di Jkt.

  13. reiSHA Friday, 13 July, 2007 at 10:49

    @pUtRi: Boleh pUt. Kapan kita ke sana?🙂

    @KnightDNA: Yoi, adem itu enak… Bukittinggi ga ekstrem kok suhunya…

  14. DON'Z Friday, 27 August, 2010 at 08:26

    eh boleh nimbrung gak?
    aq arek malang iki…
    malang tuh suhunya udah mulai memanas coz kadang2 suhu siang hari udah tembus 32 drjt (kalo pas cerah tanpa mendung di musim hujan) namun kalo malam masih sering jumpai suhu 15-17 drjt.
    overall, rata2 suhu malang 18-28 drjt (kalo di batu masih 15-25 drjt), coba dibanding bandung yg sekarang 22-30 drjt, jakarta 25-35drjt, surabaya 24-35 drjt

  15. akmal Saturday, 22 January, 2011 at 21:29

    ikutan ngoment akh.. butik tinggi?…bandung?…malang?… akh udara di sana pada ga se dingin di kampung ku.. di sumedang.. sumedang datarannya tinggi semua.. sejauh mata memandang tak akan pernah lepas dari yang namanya gunung.. di semua arah mata angin pun gunung semua.. kalo ga percaya sini deh.. kalo malem di antartika.. kalo siang serasa di eropa (ahihi,.. dulu aku pernah ke eropa jualan nasi goreng. ahihi) .. dah akh takut ada yang bilang bawel.. alamat ku di daerah sumedang jatinangor (di kampung) “KIARA PAYUNG” tempat jambore nasional tahun 2006

  16. pirelliweather6 Friday, 22 July, 2016 at 19:52

    Bukit 930m, bandung 760m. Bukit rata2 sekitar 24-26C siang, 15-17 malam. Hampir sama kayak perbatasan lembang/punclut.

    Btw summer di.bremen (jerman) bukan 11C terus2an, itu suhu terendah (dini hari) mungkin, itupun ngak setiap malam/dinihari. siang bisa 20an. cuma rumah di eropa kan menyerap panas nggak.kayak rumah tropis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: