Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

Memoirs Semester Tanpa B

Selalu ada sisi menarik di tiap semester perkuliahan. Ku lihat blog anak-anak IF’04, ada sekelumit kisah mereka di semester VI, semester yang orang-orang kebanyakan bilang semester paling berat di IF, tapi toh ada juga yang bilang semester yang menyenangkan.

Tanggal 14 Juni lalu, bisa ku bilang semester IV telah berakhir, ditandai dengan keluarnya nilai untuk semua mata kuliah yang kuambil. Tak ada indeks D atau E (aku tidak mau bertemu dengan keduanya), itu artinya aku lulus semester ini.

Semester IV, semester tanpa B. Hubungannya tentu dengan nilai. Eitsss… Jangan over estimate dengan menganggap aku mendapat IP 4, alias semua mata kuliah mendapat nilai A, jadi tidak ada nilai B. Sama sekali tidak. Melainkan, untuk IF2281 dan IF2291, aku harus puas dengan nilai C. Pertama kalinya bertemu dengan kombinasi AC😦 Mengulang kedua mata kuliah itu untuk memperbaiki nilai? Heh, makasih!!!

Yah, dari hasil ujian kedua mata kuliah itu, memang tidak ada yang memuaskan. Nilai tugas-tugasnya pun biasa-biasa saja. Jadi, memang wajar hasilnya segitu😦

Kecewa? Pasti. IP turun jauh. 7 sks yang menghancurkan. Tapi, aku selalu menyadari, apa yang aku peroleh saat ini, berarti itulah yang terbaik. Apakah nilai C itu terbaik? Tentu tidak. Tetap saja nilai A yang terbaik. Sisi baiknya tentunya hikmah di baliknya. Nanti aku tidak boleh malas lagi. (Standar banget ya hikmahnya?).

Semester IV, bisa ku bilang semester di mana aku banyak belajar, di mana aku mulai mengenal Informatika itu seperti apa. Semester III juga sudah mulai memasuki dunia IF, tapi masih banyak sisi matematikanya.

Mari bernostalgia dengan mata kuliah IF di semester IV… (Eh, kalau tidak mau mengingat-ingat, tidak usah baca bagian sesudah ini).


IF2251 Strategi Algoritmik (2 sks, Pak Rin)

Aku belajar bahwa dalam menyelesaikan suatu masalah, kita perlu menerapkan strategi yang bagus. Algoritma yang digunakan haruslah mangkus. Tugas yang diberikan membuat kita harus mempelajari sendiri tools yang belum kita kenal. Alhasil, aku bisa belajar menggunakan Borland Delphi 7 dan Microsoft Visual C# 2005.

Dua kali tugas pemrograman, aku sekelompok dengan Putri. Di Tugas I kami membuat game Monopoli. Tugas II membuat game Sudoku. Tugas makalah, aku menulis tentang program dinamis, bisa dilihat di sini.

IF2252 Logika Informatik (2 sks, Pak Rila)

Aku belajar tentang logika dan bahasa ProLog. Dengan berbahasa ProLog, aku belajar menggunakan Visual Prolog dan GNU Prolog. Seingatku cuma ada tugas setelah praktikum ProLog.

IF2253 Otomata dan Teori Bahasa Formal (3 sks, Bu Harlili)

Duh, aku tidak mengerti inti kuliahnya apa. Aku cuma ingat ada automata-automata dan ekspresi regular. Katanya akan ada dua tugas, tapi nyatanya cuma satu. Itupun tugas pemrograman, membuat compiler sederhana untuk bahasa Pascal. Aku sekelompok dengan Hanson.

IF2261 Rekayasa Perangkat Lunak (4 sks, Bu Yani)

Aku belajar bahwa dalam pembuatan suatu software, ada sejumlah tahapan. Requirement, analysis, design, implementation, testing; sebagian tahapan yang akan dilalui. Intinya, membuat software itu ga hanya dengan coding.

Tugasnya membuat analisis dan perancangan perangkat lunak. Mulai dengan metode terstruktur dan OOSE. Kebanyakan membuat diagram-diagram. Jadilah aku belajar menggunakan Power Designer 6, Power Designer 10, dan StarUML. Dua kali tugas, aku sekelompok dengan Vandy, Hadyan, Putri, dan Ibun. Kelompok tugas kami bernama WARNING!!!

IF2281 Pemrograman Berorientasi Objek (4 sks, Bu Inge)

Paradigma pemrograman yang jauh berbeda dengan paradigma yang aku pelajari sebelumnya. Kita memandang segala sesuatu sebagai objek. Jangan tanya lebih jauh ya, aku tidak terlalu mengerti. Lulusnya juga dengan nilai pas-pasan.

Aku belajar bahasa C++ dan Java. Dua kali tugas, aku sekelompok dengan Arinta, Ella, Ibun, Rian, dan Mira. We’re OOPS, orang-orang pada stress. Tugasnya, pastinya tugas pemrograman, membuat suatu permainan ga jlaz bersama pemabuk dan kota ajaib. Paling tidak di TuBes II aku bisa belajar menggunakan Netbeans.

IF2291 Organisasi dan Arsitektur Komputer II (3 sks, Pak Santika)

Oh tidaaakkk… Apa yang aku pahami dari mata kuliah yang satu ini? Aku cuma ingat judul-judul slide-nya. Ada advance computer, supercomputer, stack computer, dan… Itu bahan setelah UTS. Bahan sebelum UTS apa ya? (Parah kali kau nak, pantas nilaimu…).

Aku belajar TASM dan kuakui jika aku ditanyai saat ini, aku cuma ingat ada MOV dan INT. Jangan harap aku mengerti source code TASM. Untuk tugas TASM (sialnya tahun ini ada dua tugas, padahal sebelumnya cuma satu tugas), aku sekelompok dengan Ardin dan Desi.

Oya, bapak dosen sedang rajin memberi tugas. Ada tugas makalah juga, aku sekelompok dengan Nio dan Ume. Kami membahas PCI alias Peripheral Component Interconnect (Gila… Aku masih ingat aja. Tapi tenang, aku ga ngerti kok isi makalahnya apa). Berikutnya tugas makalah+presentasi. Aku sekelompok dengan Bayu, Hanson, Irfan, dan Rindang. Membahas BlueGene – BlueGene/L eServer Solution IBM. (Wuihhh… Masih ingat juga tema makalahnya… Tenang, ingat temanya doank kok.)


Thank’s buat teman-teman yang pernah satu kelompok tugas denganku yang telah menerima aku yang kemampuannya pas-pasan ini. Paling kelebihannya di mengurus dokumen, yang alhasil memang menjadi sebuah dokumen yang rapih, hehe…

15 responses to “Memoirs Semester Tanpa B

  1. anggriawan Wednesday, 27 June, 2007 at 13:13

    tampaknya baru pertama kalinya dapet C ya… ^_^”
    hehehe…

    tenang aja… IP bukan segalanya😉
    *kata2 bijak yg sering diucapkan saat IP gw turun*😛

    btw, slm knl…

  2. Widya Wednesday, 27 June, 2007 at 13:21

    7 sks C means .. yang lain A ..
    So, apapun yang terjadi IP mu asih di atas 3 kan ..
    IPK mu masih cum laude kan ??????

    congrat de

  3. febrian Wednesday, 27 June, 2007 at 13:47

    @widya : IPK mu masih cum laude kan ??????

    weee selamat ya Sha, sugoi

  4. Setiadi Wednesday, 27 June, 2007 at 20:34

    suggggggoooii…

    su-eggoii..

    sudah lama tidak mendengar kata2 itu terlontar dengan aneh😛

  5. Petra Novandi Thursday, 28 June, 2007 at 07:12

    Pertama kali punya NR lebih tinggi dari Reisha
    Duh, senangnya ^_^
    Semoga bisa berkelanjutan.

  6. m4rino Thursday, 28 June, 2007 at 15:54

    “Mengulang kedua mata kuliah itu untuk memperbaiki nilai? Heh, makasih!!!”

    Kenapa tidak? Kan bisa nostalgia lagi sama pak Santika dan bu Inge:D

  7. da revan Friday, 29 June, 2007 at 09:35

    @ Petra Van Odin: puas kow …
    Bukannya kow hampir pingsan gara-gara nilai satu mata kuliah mu dapat D … :lol2: :lol2:

  8. patriot Friday, 29 June, 2007 at 10:06

    blogwalking and…
    kynya IF gampang2 ya??? jurusan sy bnyk yg g lulus lho…

  9. reiSHA Friday, 29 June, 2007 at 11:05

    @anggriawan: Hehe… Salam kenal juga…

    @Petra Novandi: NR itu maksudnya IP? Atau IPK? Eh, emang pernah dapet D?

    @m4rino: Nostalgia? Yang ada justru nostagila…

    @patriot: Gampang? Yang jelas tidak segampang itu… (naon ‘itu’?)… EL banyak yang ga lulus ya? Bagus, hehe… STEI’06 mesti tau, haha… Biar ngerti, serem mana IF dibanding EL…

  10. Petra Novandi Friday, 29 June, 2007 at 11:40

    @Reisha :
    NR, IP, IPK
    Pernah dapet D, logif kemarin soalnya gak ngumpulin tugas, untung dijadiin B akhirnya. Eh, Sha, pertama kali dapet C langsung 7 SKS gitu:mrgreen:

    @patriot :
    Gampang? Yakin?? Si sha mah ngejabarinnya rada sederhana😛😛 Soalnya udah pada gak mau inget lagi isi kuliahnya😛

  11. reiSHA Tuesday, 3 July, 2007 at 16:17

    @Petra Novandi: Maksudnya apa ngasih comment seperti itu di bagian aBouT reiSHA… Senang ya bersenang-senang di atas penderitaan orang lain😦

  12. pUtRi Wednesday, 4 July, 2007 at 15:41

    Sha…masih mending C-nya ‘cuma’ 7 sks
    Gimana aq yang sekalinya dapat C langsung 11 SKS
    IP di bawah 3 deh jadinya T_T

    Sha, makasih juga ya udah jadi temen sekelompok yang suaangaaatttt baik

    eh, ntar balik dari liburan bawa oleh2 dari Padang ya😆

  13. 415412 Thursday, 5 July, 2007 at 00:11

    Hmmm..🙂
    Dari 21 sks, B-ku cuma 1 sks..

  14. reiSHA Friday, 13 July, 2007 at 10:56

    @pUtRi: Beneran harus tobat pUt semester berikutnya… Cukup sudah sering bolos n sering tidur di kelas…

    @415412: Keren… Kapan IP 4? Aku jadi ikutan pengen suatu saat nanti dapat IP 4…

  15. gerakan source Wednesday, 4 June, 2008 at 14:17

    ok deh

Leave a Reply

