Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

Mij Reis Beogen RPL

Hadooohhh… Judul macam apa pula ini…

Itu rangkaian kosakata Belanda. Grammar-nya tidak dijamin benar. (Sok-sok bahasa Belanda, padahal tidak tahu apa-apa). Mij, artinya saya, sama dengan ik. Reis, empat huruf pertama namaku, artinya perjalanan (tapi namaku sepertinya tidak ada hubungan dengan bahasa Belanda ini). Beogen, artinya menuju. Jadi? Tuh tau… Pinter… (Naon sih?). Lho? Hubungannya Belanda dengan RPL? Ntah ya…

Ada tujuh Lab di IF:

  • Basis Data (BasDat)
  • Grafika dan Intelegensia Buatan (GaIB)
  • Ilmu Rekayasa dan Komputasi (IRK)
  • Programming (Programming)
  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Sistem Informasi (SI)
  • Sistem Tersebar (SisTer)

Untuk yang tidak tahu apa itu RPL, sekarang sudah tau kan?

1 Mei 2007, 17.00 – Open House Lab
Aku telat, jadi tidak sempat menyaksikan penampilan Lab BasDat. Hasil dari Open House, aku punya dua kandidat Lab, RPL dan SI.

11 Mei 2007, 12.00 – Deadline Pendaftaran SI
Bersamaan dengan deadline pengumpulan tugas Sudoku. Aku lebih memilih mengerjakan tugas StMik itu. Akhirnya aku tidak jadi mendaftar di SI.

12 Mei 2007, 17.00 – Deadline Pendaftaran RPL
Bersamaan dengan Rapat Umum Anggota UKM. Setelah semalam tepar gara-gara sampai tidak tidur mengerjakan Sudoku, akhirnya pagi hari aku baru mulai mengerjakan persyaratan pendaftaran asisten RPL. Ada tiga hal; CV+foto, essay motivasi, dan opini tentang 10 asisten RPL. CV ku selesaikan di kostan. Sisanya aku kerjakan saat RUA, hehe… Setengah jam sebelum deadline, akhirnya berkas-berkas tersebut ku kumpulkan.

25 Mei 2007, 16.30 – Wawancara
Ada yang bilang RPL agak aneh karena menempatkan wawancara di tahap kedua. Rata-rata Lab lainnya menempatkan wawancara sebagai tahap akhir. Yang akan diwawancara diharuskan memakai dresscode, pilih merah, putih, atau biru. Aku memilih biru. Pertanyaan saat wawancara:

  • Pertanyaan standar : pengenalan diri, alasan memilih RPL, pengetahuan seputar RPL…
  • Pertanyaan geje : kalau RPL memelihara dua ekor kura-kura mau dikasih nama apa?

Keesokan harinya, hasil wawancara diumumkan dan aku dinyatakan lulus ke tahap berikutnya. Berikutnya ada tugas.

7 Juni 2007, 15.00 – Deadline Tugas
Tugas yang diberikan adalah membuat analisis dan perancangan software yang menarik dan menjual, pilih sendiri metode yang digunakan: terstruktur atau OOSE. Ada waktu sekitar 10 hari untuk mengerjakan tugas ini. Tapi dasar deadliner, mengerjakan tugas 2 hari sebelum deadline rasanya sudah bagus, hehe… Thank’s to kelompok Design Hustle di kuliah IMK dengan Movie Freakz-nya. Ide software yang kubuat memang dari mereka🙂 Sekitar jam 11.30 tugas itu sudah ku kumpulkan. Cepat ya? Hehe… Soalnya jam 13.00 aku ada latihan.

10 Juni 2007, 08.00 – Presentasi
Presentasi semula dijadwalkan jam 08.00, tapi karena keterlambatan, terus para asisten beli makanan segala, akhirnya aku baru mulai presentasi jam 08.45. Presentasi yang menegangkan. Dan bagian yang ditunggu para asisten sepertinya bagian tanya-jawab. Kacau, hancur, kecewa. Itu sebagian yang ku rasakan setelah presentasi. Masih banyak kekurangan. Entahlah… Aku hanya bisa pasrah, apapun hasilnya nanti… Ya kalau diterima alhamdulillah, kalau tidak ya ga pa pah…

12 Juni 2007, 19.00 – Result Show
Hari sebelumnya aku ditelpon, diminta datang ke RPL besoknya jam 11.30, dan si penelpon tidak mau memberitahu ada gerangan apa aku harus ke RPL. Jam 11.30 aku sudah mau masuk ke RPL. Huh… Ternyata diundur ke jam 19.00. Ada sedikit miss communication. The Show:

  • Ada empat orang yang didatangkan, aku, Tina, Andra, dan Halim.
  • Tiap-tiap kami diminta memilih satu orang untuk… Apa ya? Lupa, hehe…
  • Kami diminta keluar. Tiap orang dipanggil untuk memberikan jawaban pilihannya.
  • Aku memilih X dengan alasan a, b, dan c. “Tapi jika kamu memilih X, ada kemungkinan Y dan Z tereliminasi”, kata para asisten. Ya sudahlah. Aku tidak terlalu memikirkan. Aku sudah cape. Mau pulang. Seharian jalan-jalan muter-muter villa, hehe…
  • Kami dipanggil lagi. Saatnya teleconference dengan para asisten yang sedang berada di Jakarta. Live menggunakan HP KordAs RPL kita. Ntah habis pulsa berapa.
  • Setelah diputer, dijilat, trus dicelupin (halah, ini bukan Oreo), hasilnya diumumkan. Kami berempat diterima. Satu lagi David, tapi dia sudah duluan balik ke Batam.
  • Ternyata itu semacam OS, halah…
  • No comments ya, aku ga terlalu serius menghadapi acara jam 7 malam itu, beneran, cape pisan… Yang jelas, aku bisa tenang sekarang.

19 Juni 2007, 17.00 – At Home
Aku sudah di rumah. Ku ceritakan sebagian pengalamanku pada mama. Mama senang aku jadi asisten. Aku sendiri? Ya pasti senanglah…

1 Juli 2007, 10.51 – At WarNet
Naon siy? Ini mah waktu posting-nya…

6 responses to “Mij Reis Beogen RPL

  1. Petra Novandi Monday, 2 July, 2007 at 13:17

    ah sejak sebelum pembukaan pendaftaran aja, udah ketebak elo pasti jadi ass. RPL
    kenapa? ada lah😀😀😀

  2. Arie Monday, 2 July, 2007 at 15:38

    @Petra: Bukan karena asisten sebelumnya kan? Kikikik..

  3. KnightDNA Monday, 2 July, 2007 at 16:14

    Als de orchideien bloeien
    Gedenk ik terug aan jou…😀😀

    Nitip link di blogroll dunk

  4. giaferdi Tuesday, 3 July, 2007 at 12:36

    hmmm… tetep ga ngerti arti judulnya… *kurang pinter :P*
    kalo “mij” kan “saya” sebagai objek… jadi mungkin maksudnya “mijn reis…” ? (perjalananku…) *sotoy, padahal ga tau apa2 juga*

    wow, kok apal banget ampe jam2nya😀 ide teleconference-nya boleh juga tuh (asal ada yang sedia pulsa) saya juga punya feeling kamu bakal keterima jadi asisten. hehe…

    @KnightDNA: itu lagu “bila anggrek mulai berbunga” yah?😛

  5. reiSHA Tuesday, 3 July, 2007 at 16:40

    @Petra Novandi & Arie: Ternyata yang tukang gosip itu cowo-cowo…

    @KnightDNA: Soal blogroll2an, ntar bakal aku benerin di Bandung aja, di sini lama…

    @giaferdi: Hehe… Aku yang sotoy… Ga tau beda mij n mijn soalnya… Jam2nya, ya inget aja…

  6. Pingback: Kabar-kabarnya… « …and my name is SHA, not rei…

Leave a Reply

