Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

Sarapan…

Anda termasuk golongan orang yang selalu, sering, jarang, atau tidak pernah sarapan? Kalau aku sih, sampai TPB masih termasuk orang yang selalu sarapan. Tapi sejak tingkat II mulai jarang sarapan. Sepertinya hal yang wajar kalau anak kost makannya kurang terkontrol.

Banyak alasan orang untuk tidak sarapan, misalnya malas, tidak sempat, sudah kebiasaan, atau perut eneg bila dipaksa sarapan. Tapi ternyata hal ini tidak terlalu baik bagi kesehatan.

Menurut penelitian, sarapan bermanfaat meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan menciptakan perilaku positif lainnya. Sarapan memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas.

Studi lain juga menemukan bahwa sarapan menurunkan risiko kegemukan. Orang yang tidak sarapan lebih berpeluang merasa sangat lapar di antara waktu sarapan dan makan siang. Akibatnya, saat makan jumlah makanannya lebih banyak kalori dan lemak agar mengenyangkan. Padahal kelebihan konsumsi karbohidrat, protein, dan lemak akan disimpan dalam jaringan tubuh sebagai lemak. Ini yang menimbulkan kegemukan.

Tidak sarapan, gula darah (glukosa) turun. Itu artinya tubuh akan terasa lemah karena kekurangan energi yang berasal dari gula darah. Artinya, produktivitas menurun.

Jangan gabungkan sarapan dengan makan siang, karena kapasitas pencernaan terbatas. Makan pagi yang digabung dengan makan siang menyebabkan penumpukan energi pada satu waktu dan kekurangan energi pada waktu yang lain.

Nah, sarapan penting. Sekarang masalahnya, sarapan seperti apa yang diperlukan tubuh?

Sarapan sebaiknya terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat. Jadi, sarapan dengan roti dan susu saja tidak cukup.

Hmm… Bagaimana ya caranya bagi anak kost agar senantiasa sarapan dengan gizi yang cukup?

6 responses to “Sarapan…

  1. sutanrajodilangik Friday, 13 July, 2007 at 01:20

    Sarapan, udah lama ngga tuh…..

    paling kalau malamnya ga makan, baru pagi2 perut keroncongan….
    tapi paling cuma roti aja sih, ama aer putih…

    ga sempat man….telat kuliah….

    eh, tapi di cisitu ada yang jualan bubur kacang ijo atw bubur ayam…..
    24 jam lho…….
    lumayan untuk ngisi perut di pagi hari….

  2. da revan Friday, 13 July, 2007 at 08:57

    biasanya sih “branch”, yaitu BReAkfast + luNCH … sekitar jam 10 pagi … -_-

  3. reiSHA Friday, 13 July, 2007 at 11:08

    @sutanrajodilangik: Di ma tu?

  4. umi fadilah Friday, 13 July, 2007 at 14:44

    gw ga ngefek tuh, sarapan ga sarapan tetep aja gendut! hahaha.. tadi sarapan rendang sama bayem,,hmm.. kapan lg anak kost sarapan pake rendang?? hehehe…

  5. Arie Monday, 16 July, 2007 at 12:35

    Hmm, saya ga boleh berangkat kalo belum sarapan…ūüė¶

  6. sutan rajo dilangik Monday, 16 July, 2007 at 17:53

    @reiSHA: di dakek jalan ka masuak gang IV…..ado yang jua bubua mah….
    disitu tuh…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: