Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

Tipe Penumpang Angkot yang Menyebalkan

Postingan terakhir langsung dari Bukittinggi di tahun 2007: Tipe penumpang angkot yang menyebalkan bagi penumpang lainnya, berlaku untuk angkot dalam keadaan penuh atau nyaris penuh.

  • Penumpang yang merokok, sialnya mengepulkan asapnya di dalam angkot, bukan ke luar angkot. Menyebalkan bagi penumpang yang anti-asap-rokok.
  • Penumpang yang mengambil space tempat duduk melebihi space normal. Menyebalkan bagi penumpang yang space tempat duduknya jadi berkurang.
  • Penumpang yang memilih duduk dekat pintu untuk mempermudah aksesnya keluar angkot, di kala ada penumpang baru yang mau naik, yang bersangkutan tidak mau menggeser tempat duduknya. Menyebalkan bagi penumpang yang akan naik angkot.
  • Penumpang yang membawa banyak sekali barang-barang sehingga mengganggu kelancaran arus keluar-masuk penumpang lainnya. Menyebalkan bagi penumpang yang tidak suka kondisi angkot yang tiba-tiba jadi harus sempit.
  • Penumpang laki-laki yang membiarkan penumpang perempuan berada pada posisi penuh risiko, yakni posisi paling pinggir dekat pintu. Risikonya apa? Ya kalau jatuh gimana… Menyebalkan bagi penumpang perempuan, terutama perempuan berjilbab, pakai rok panjang, dan membawa tas yang cukup berat.

Kok cuma lima siy? Ada yang bisa menambahkan?

Kadang kita merasa sebal karena ulah penumpang angkot seperti tersebut di atas. Tapi, kadang pula kita justru menjadi penumpang yang menyebalkan itu…

22 responses to “Tipe Penumpang Angkot yang Menyebalkan

  1. apaan Wednesday, 25 July, 2007 at 12:23

    Mungkin ada lagi:

    penumpang yang ngeliatin kita, atau ngeliatin novel apapun yang kita bawa, atau kita baca

    penumpang yang tidur sambil ngiler, dan cairannya mengalir ke mana-mana

    penumpang yang tidur, nyender ke punggung orang di sebelahnya, yang kebetulan adalah kita

    penumpang perempuan yang memakai rok pendek atau baju pendek, ataupun baju-baju lain yang membuat mataku jelalatan tidak sopan. (cowok juga sih)

    penumpang yang nggak bayar, terus bikin supirnya marah-marah

    penumpang yang tidak menyetop angkot yang ingin dinaikinya dengan tangannya, sehingga lama kelamaan angkot-angkot jadi terbiasa berhenti di depan setiap orang yang ada di pinggir jalan, sekedar mengecek apakah orang tersebut adalah calon penumpang

    penumpang yang bilang ‘KIRI’ secara keras berkali-kali, padahal supir sudah bilang ‘payun…’

    penumpang yang walaupun masih jauh dari jalan raya sudah menyetop angkot, terus berjalan dengan lambaaaat, sehingga angkot harus menunggunya bermenit-menit

    penumpang yang tidak menyadari bahwa bau badannya sangat menyengat.. mungkin karena tidak mandi? terutama laki-laki, apalagi yang gendut dan badannya dekil

    penumpang yang tidak menyadari bahwa parfumnya sampai membuat saluran pernafasan menjadi tersumbat

    penumpang yang kentut, muntah, dan yang sejenisnya

    penumpang yang menginjak kakiku ketika lewat

    penumpang yang ngajak ngobrol nggak karuan, padahal nggak kenal…

    penumpang yang sebenarnya adalah copet

    wooo kebanyakan yaaa????

  2. anggara Wednesday, 25 July, 2007 at 12:23

    kalau yang kelima, first come first serve dong, nggak ada urusan dengan laki atau perempuan

  3. reiSHA Wednesday, 25 July, 2007 at 12:31

    @apaan: Comment yang panjang, mengalahkan panjang postinganku. Ckckck…

    @anggara: Itu dia. Justru kalo cewe duduk di posisi itu dan cowo membiarkan, menandakan makin banyak cowo di dunia ini yang ga gentle, huehehe…

  4. Petra Novandi Wednesday, 25 July, 2007 at 15:10

    merasa disindir sama point (2)

    well, tambahan, kebiasaan baik dalam berangkot menurut gw

    Turunlah ketika angkot berhenti di tempat yang sepi. Jangan egois turun di dekat tempat yang kita kehendaki. Berjalan kaki itu sehat!
    Kalau bisa jika ada orang yang turun tidak jauh di tempat kita kehendaki, ikutlah turun. Sekali lagi, berjalan kaki itu sehat!
    Sediakan uang pas sesuai dengan tujuan kita
    Bayarlah uang ongkos (yang pas) sebelum kita menginjakkan kaki keluar dari angkot
    Jangan naik angkot saat banyak mobil dibelakang angkot tersebut. Lambaikan tangan menandakan anda tidak ingin naik
    Naiklah angkot di tempat yang tidak terlalu banyak mobil atau sedang sepi.Kalau bisa jangan kesal jika angkot yang sedang menunggu penumpang.
    Kalau bisa duduklah sedekat mungkin dengan pintu keluar sehingga waktu yang dibutuhkan untuk keluar tidak lama

  5. dee Wednesday, 25 July, 2007 at 16:00

    Setuju banget sama lima hal di atas, terutama yang poin pertama tuh. Nyebelin banget yang ngerokok itu, sampe rasanya mau nonjok😛

    Nambahin lagi ya..

    Penumpang yang turun ato naek angkot seenaknya, misalnya di perempatan jalan yang jelas-jelas lampu lalu lintas lagi nunjukkin warna ijo..

    Penumpang yang makan di dalam angkot dan super belepotan, biasanya anak-anak..

    -> apaan:
    Yang penumpang perempuan pake pakaian mini itu.. hihi.. Makanya Li, mending kalo di angkot tidur aja😛

  6. Abie Wednesday, 25 July, 2007 at 17:06

    Penumpang yang suka mencopet!!!
    Pura-pura nyenggol, eh hp dah ilang.
    Untung blum pernah kena. *jangan sampe deh*
    Fiuh.

  7. Tri Aji Nugroho Wednesday, 25 July, 2007 at 22:33

    Tipe penumpang lain yang menggelisahkan menurut saya adalah penumpang (perempuan) yang (seperti) menutup-nutupi bagian belakang pinggulnya yang terbuka ketika ingin turun dari angkot..

    Maksudnya,, ya mbok bantu kami menghormati para kaum wanita dengan berpakaian yang lebih ‘cukup’ bahan gitu.. Jadinya kan ga perlu nutup2i.. Karena memang sudah tertutup gitu..

  8. giaferdi Thursday, 26 July, 2007 at 11:55

    setuju sama poin pertama… trus suka jadi bingung juga. untung kalo kita udah kibas2in tangan dianya ngerti. masalahnya kadang2 kalo dia ga ngerti, pengen negur tapi takut bikin tersinggung.

    setuju sama komentar anggara. hehehe… kalo menurut saya sih cowok ga harus “gentle” kaya gitu. lagian enak ko duduk di situ, apalagi kalau udara lagi panas. enak kena angin… sembriwing😛

    kalo poin keempat (yang bawa barang2 banyak) mungkin maklumin aja yah. kan biasanya yang kaya gitu tuh yang bawa2 dagangan. mungkin angkot jadi transportasi yang lumayan cepat dan murah buat mereka yang dagang tapi ga punya kendaraan pribadi.

  9. dwi Thursday, 26 July, 2007 at 20:10

    hmmm2,,,
    tambahan dari ali panjang banget,,
    tapi mo nambahin lagi tipe penumpangnya,,,

    xx. penumpang yang pengennya duduk di samping sopir
    gatau juga sih motivasinya apa, ada juga yg penumpangnya ini temennya sopir, makanya duduk dan ngobrol bareng sopir

    xy. penumpang yang bawa barang banyak banget,
    suka kardus, ato belanjaan,
    biasanya ibu2 kalo dari pasar,
    ato orang yg mo ke stasiun,,
    ato orang yg abis belanja dari hypermart,,
    (eh, yg terakhir ini mah saya sendiri, ehehe)

  10. m4rino Friday, 27 July, 2007 at 10:44

    Poin satu tuh sering banget kejadian. Kayaknya perlu akting sakit+batuk2 berlebihan biar orangnya berhenti merokok,soalnya kl cm batuk2 biasa kebanyakan pada cuek tuh.

    Ada satu lagi Sha…
    Penumpang yang di angkot berduaan samga pacarnya trus mesra2an lagi. Bikin risih aja… Tolong dong tempat umum gitu, apalagi kalo angkotnya lagi penuh. Males banget…

  11. Petra Novandi Friday, 27 July, 2007 at 17:37

    @marino :
    risih atau resah? *kabur*

  12. ghifar Saturday, 28 July, 2007 at 09:13

    Ada satu lagi…

    Penumpang yang bukan penumpang, he3..

    Aku pernah nemuinnya di angkot warna merah (Cicaheum-Cibaduyut) waktu aku mo pulang ke rumah dari terminal leuwipanjang kira2 sekitar jam 9 malem. Waktu itu, angkot2 merah berjejer ngetem di depan terminal. Seperti biasa, aku pilih angkot yang paling depan & dah banyak penumpangnya(mendekati penuh). Setelah aku duduk di angkot tsb, eh tiba2 satu per satu penumpang yang lain pada keluar dari angkot. Yang tersisa cuma aku, 3 orang penumpang lainnya, dan si sopir. Habis itu si sopir memberi sejumlah uang kepada para penumpang ‘jadi-jadian’ ini. Wah, bener-bener apes deh. Jadi nunggu lama lagi. Mo turun, aku merasa g enak ama si sopir.

    So, hati2! belum tentu angkot yang penumpangnya dah hampir penuh berarti dah mo berangkat.. : >

  13. Arie Saturday, 28 July, 2007 at 14:45

    #Petra:
    “Kalo bersih, kenapa harus risih”

    * Hafalan iklan *

  14. Syahdana Sunday, 29 July, 2007 at 14:28

    Ada lagi penumpang angkot yang paling menyebalkan, yaitu penumpang angkot yang sama sekali tidak merasa kalau dirinya adalah penumpang angkot yang menyebalkan…
    Request dong… Tipe supir angkot yang menyebalkan (atau lebih baik yang tidak menyebalkan ya? :P)

  15. reiSHA Sunday, 29 July, 2007 at 18:13

    @Petra Novandi: Yup, berjalan kaki itu sehat. Makanya Pet, minimal 3 keliling lapangan bola di Sabuga setiap hari. Betul? Huehehe…

    @Tri Aji Nugroho: Hooh tuh. Aku sering risih ngeliatnya, tapi mereka sendiri ga risih. Aneh yo. Ga capek apa harus kaya gitu terus tiap turun angkot. Padahal solusinya praktis aja: pake baju yang ‘cukup’ bahan, hehe…

    @m4rino: Hooh tuh. Apalagi kalo posisinya mojok di angkot, padahal angkot sepi. Ga sempit apa?

    @ghifar: Wew… Baru tau ada taktik kaya gitu untuk menarik penumpang angkot.

    @Syahdana: Tipe sopir angkot ya? Hmm… Boleh juga. Ntar lah. Hidup mahasiswa emang ga lepas dari angkot🙂

  16. Arie Sunday, 29 July, 2007 at 23:19

    #Ghifar & Reisha:
    Hehehe, iya emang itu angkotnya kaya gitu kok. Angkot 05 khan? Nyebelin banget. Serasa jadi penguasa jalan Sukarno Hatta.

    Saya SPMB pake angkot itu, kebayang ga sih… (yah, setidaknya gak sampe nyasar😀, soalnya hari sebelumnya udah cek tempat).

    Banyak yang bilang, itu karena sopirnya itu dari suku XXX (ups rasis, maap ya but it’s fact). Japri aja kalo penasaran.

    Malah saya udah sempet mikirin strategi balas dendam, dengan bawa beberapa temen untuk pura-pura naik angkot itu. Trus begitu ada 1 penumpang naik, kita turun seorang juga. Hehehe…

  17. sutan rajo dilangik Monday, 30 July, 2007 at 09:58

    ada penumpang angkot yang lebih menyebalkan…..

    udag bau badan, ngerokok, bawa banyak barang, duduk di pinggir, trus ngobrol keras2 ama temennya…….
    serasa pengen di tendang aja….

  18. sagung Monday, 30 July, 2007 at 16:57

    Tambahan :

    Penumpang yang belum mandi.

    Penumpang yang punya wajah menjengkelkan, jadinya pingin nonjok.

    Penumpang yang punya wajah lebih ganteng dari aku. *wakakakakk …*

    Penumpang yang suka lirik-lirik kesana kemari.

    Penumpang yang kentut dalam angkot. *pembunuhan di ruang tertutup*

    Penumpang yang cakep / cantik tapi suka kentut dalam angkot. *siyal*

    Penumpang yang Seksi, manis, rok mini, body gitar mojokerto. *ngganggu konsentrasi supir, dan saya ( hehehe ….. )*

    Dan masih banyak lainnya yang nggak bisa saya sebutkan satu persatu karena keterbatasan tempat *bukan tempat sendiri*.

  19. haha Tuesday, 31 July, 2007 at 12:55

    whuahahaa, beginilah hidup. selalu ada hitam, abu abu, dan putih. tergantung bagaimana menyikapinya. kl sy menyikapinya dengan pindah ke motor. whuehehehe. tapi, semuanya jgn ikut ikutan ya. kasihan supir angkot, sudah mulai ditinggalkan banyak penumpang.

  20. sutan rajo dilangik Saturday, 4 August, 2007 at 13:00

    Oh, ya…..ad lagi tipe penumpang angkot yang menyebalkan….

    penumpang angkot yang sok kenal, sok deket, dan ngajak ngobrol, padahal lagi ngantuk, lapar, dan sakit kepala….

    penumpang angkot cewek yang ngegodain gw di dlm angkot…….

  21. m4rino Tuesday, 7 August, 2007 at 11:56

    @ sutanrajodilangik:
    Lho…emang ada y cewek yg mau godain dirimu di angkot?
    Bukannya biasanya cowok y?:D

  22. Neo Forty-Nine Monday, 13 August, 2007 at 10:19

    Mmmmmmmm……………. Mau menambahkan kayanya sudah di list semua…

    Oh ya… Penumpang yang suka menggangu ketenangan sebelahnya dengan ngajakain ngobrol topik yang ga disuka. lebih lebih lagi suka dipaksaklan untuk minta ditemani ngobrol😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: