Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

I’m Back

Hai hai semua… I’m back. Akhirnya kembali ke Bandung. Aku sampai di Bandung Jum’at malam, sekitar jam 21.30. Asik juga naik pesawat malam, bisa melihat kerlap-kerlip lampu pemukiman penduduk. Oh, andai bintang-bintang di langit sebanyak kerlap-kerlip lampu itu, pasti langit di malam hari akan begitu mempesona. Ya, hanya saja saat pesawat mengudara dengan ketinggian sekian ribu kaki, kita tentunya tidak bisa melihat awan-awan putih di langit🙂

Sejak ada penerbangan Padang-Bandung (dan sebaliknya), perjalanan menjadi lebih cepat, walau setahuku baru ada satu maskapai penerbangan yang melayani rute ini. Biasanya perjalananku melalui rute Padang-Jakarta-Bandung (dan sebaliknya), dan survei membuktikan waktu tempuh Padang-Jakarta lebih singkat dibanding Jakarta-Bandung, hehe… Penghematan waktu sangat signifikan. Bayangkan, PDG-CGK 1 jam 20 menit (belum ditambah perjalanan Jakarta-Bandung), sementara PDG-BDO 1 jam 40 menit. BDO? Yup, BDO. Aku baru tau, ternyata kodenya BDO, bukan BDG. Dari BanDOeng kali ya…

Hmm… Tidak ada lagi kejadian tanggal 19 Juni lalu, karena Padang TIDAK macet, hehe…

Pertanyaan yang sering dilontarkan ketika tahu aku balik ke Bandung tanggal segitu adalah, "Kok cepet amat siy baliknya? Emang mulai kuliah kapan?". Huhu… Apa iya terlalu cepat? Hmm… Yang jelas, sudah banyak tugas yang menanti di sini, biasalah, orang sibuk, huahaha…

So… "Liburan ngapain aja?". Itu pertanyaan lainnya.

Selama 39 hari berada di Ranah Minang, kebanyakan aku di rumah saja. Huhu… Tampak menyedihkan sekali ya?🙂

Awal-awal pulang, bisa dibilang aku di rumah saja. Mau pergi juga tidak ada teman. Bayangkan, adikku belum libur, orang tuaku juga masih sibuk mengurus kerjaan mereka di sekolah. Teman-teman yang kuliah di Jawa rata-rata tidak pulang karena mengambil SP. Teman-teman yang kuliah di Padang masih ujian, bahkan ada yang masih kuliah…

Memasuki bulan Juli, barulah aura liburan mulai terasa. Awalnya kami sekeluarga ke kampung papaku di daerah Pesisir Selatan. Dari sana, kalau tidak salah Sabtu sore tanggal 7 Juli, kami kembali ke Padang, ke tempat adik mamaku dulu. Esoknya Minggu pagi, kami diantar ke rumah di Bukittinggi. Hari itu juga, keluarga besarku langsung pergi jalan-jalan. Rame, soalnya adik mama yang tinggal di Surabaya juga pulang.

Dengan dua mobil, rute jalan-jalan yang akan kami tempuh adalah Bukittinggi-Danau Maninjau-Pantai Tiku-Padang. Rute yang akan jauh lebih panjang dibanding rute Bukittinggi-Padang yang biasa. Fyuhhh… Capenya badan ini karena bermobil-mobil ria selama beberapa hari berturut-turut.

Minggu 8 Juli itu katanya Bapak Wakil Presiden kita akan ke Batusangkar untuk acara peletakan batu pertama Istana Pagaruyung (CMIIW), seperti kita tahu istana bersejarah itu habis dilalap api beberapa waktu yang lalu. Awalnya kami sempat berpikir akan timbul kemacetan disebabkan kehadiran beliau, maklum saja jalan raya dari rumah ke Bukittinggi adalah jalan raya yang juga akan dilalui Pak JK, buktinya dari pagi sudah ada petugas berdiri di setiap persimpangan jalan.

Nah, kemacetan yang kami perkirakan akhirnya justru timbul karena hal lain. Yang jelas, kami tidak melihat iring-iringannya Pak JK. Hari itu, kebanyakan madrasah diniyah di sana mengadakan acara khatam qur’an. Sudah tradisi kalau selalu ada arak-arakannya. Tak terhitung ada berapa arak-arakan yang kami temui di jalan yang bisa dibilang menghambat kelancaran lalu lintas. Sudah mencari jalan alternatif, tetap saja bertemu arak-arakan khatam qur’an. Bahkan ada petugas yang mengarahkan kendaraan ke tempat lain agar tidak bertemu arak-arakan, toh akhirnya tetap bertemu juga. Bisa kubilang hari itu hari macet di seantero Bukittinggi dan sekitarnya🙂

Hoho… Setelah berhasil keluar dari kota Bukittinggi, akhirnya kami segera menuju Danau Maninjau melewati Kelok Ampek Puluah Ampek (Kelok 44). Pada tau ga? Kalo ga tau, kapan-kapan coba aja datang ke sana dan rasakan sensasinya, hehe…

Sebelum ke Danau Maninjaunya, kami singgah di Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka. Tahu Buya Hamka kan? Aku baru tahu ada museum rumah kelahirannya. Sebelumnya aku hanya tau ada rumah kelahiran Bung Hatta di Bukittinggi, tapi aku sih belum pernah ke sana, hehe…

Lalu, kami ke Danau Maninjau dan makan siang di sana. Perjalanan diteruskan, ke Pantai Tiku; satu-satunya daerah pantai di Kab. Agam. Kami di sana hanya sebentar. Lalu kami menuju Padang menempuh jarak yang ku bilang cukup jauh, apalagi aku baru kali itu melalui daerah itu.

Sore menjelang malam kami akhirnya sampai di Padang. Keesokannya, kami ke Pantai Air Manis yang tentunya air lautnya tetap saja asin. Pantai itu terkenal dengan batu Malin Kundangnya. Tau cerita Malin Kundang kan? Kalu ga tau, plis, balik aja ke SD…

Berikutnya ke Plaza Andalas, plaza baru di Padang. Beuh… Ramayana lagi diskon, pengunjungnya rame pisan… (Ga penting ya…)

Dua hari sesudah itu, ya masih berputar-putar di kota Padang. Di Padang sedang ada acara Pekan Budaya. Saat kami ke sana, kami hanya melihat pameran di stand-stand-nya serta pertunjukan randai.

Hmm… Apa lagi ya? Huaaa… Ternyata saudara-saudara, jalan-jalannya segitu aja…😦

Apa lagi ya kegiatanku selama liburan… Oh iya, aku bersama tiga anggota uKM, istilah mereka workshop, untuk mencari tari baru demi menambah perbendaharaan tari di UKM, dan didapatlah Tari Gandang.

Apa lagi ya? Hmm… Ya, walau tidak terlalu banyak jalan-jalannya, paling tidak kerinduan terhadap keluarga sudah bisa terobati. Sayangnya untuk kerinduan pada teman-teman SMA belum sempat terobati…

Kamis pagi tanggal 26 Juli aku berangkat ke Padang. Pesan papa, "Rajin-rajin menghapal ya!". Beuh… Jadi ingat 2x kuliah OrKom di mana hapalan begitu dibutuhkan sementara aku sangat tidak menyukai hapalan. Hoho… Walau ini IF-ITB, hapalan tetap dibutuhkan. Tidak hanya coding saudaraku sekalian!!!

13 responses to “I’m Back

  1. Petra Novandi Monday, 30 July, 2007 at 21:35

    welcome back

  2. KnightDNA Tuesday, 31 July, 2007 at 16:46

    wilujeng sumping deui di dieu…

  3. [PaW] Wednesday, 1 August, 2007 at 01:12

    wah… senangnya… dah lama g balik ke padang…

    plaza andalas?? dimana tuh?
    ya, gw tau kelok 44, cerita malin kundang, arak2an setelah khatam qur’an[mang agak bikin ngantri di jalan :p], nah kalo pantai Tiku blum pernah, hehehe…

  4. reiSHA Wednesday, 1 August, 2007 at 09:49

    @[PaW]: Wew, Plaza Andalas alias PA itu sebelum Pasar Raya kalau dari arah Tabing… Di Bukittinggi juga dah ada Plaza Bukittinggi, tapi kayanya ga disingkat PB tuh…

  5. taufik Wednesday, 1 August, 2007 at 09:53

    in paragraf 2 last line, (msh terpengaruh test TPA,TOEFL :P),
    lucu : “…BDO bukan BDG. Dari BanDOeng kali ya…” hihi99x

    in paragraf 11, line 2 ( paragrafnya ada yang satu baris, dihitung tak?)
    wah ada ya tradisi khataman Al-Quran kalau selalu ada arak-arakan? kalah nih org sini, kl ada yg arak-arakan malah

    cuman nongkrong2 doang😛, atau malah nanya, ini ada apa ya ko macet?1-0 buat padang,(ups! bukit tinggi ya?).
    tanpak nuansa agamisnya disana lebih baik, betul ga?disini apa?

    “..melewati Kelok Ampek Puluah Ampek (Kelok 44). Pada tau ga?”
    boro2 tau..jalan disini jg blom pd tau, ada sensasi naon? danaunya berwarna ya?

    “Tahu Buya Hamka kan?” tau lah, salah satu tokoh fave..
    “Tau cerita Malin Kundang kan?” tau kl ceritanya mah..tp bneran g cerita itu?
    btw, tahu atau tau? SHA konsisten nih😛.(dosen sastra mode on:P)

    lucu lagi : “..Pantai Air Manis yang tentunya air lautnya tetap saja asin” huehue..kenapa dikasih kata “manis”?

    diskon? disini jg banyak atuh, ah itu mah salah satu strategi pasar.tp lumayan lah.

    aneh: “Dua hari sesudah itu, ya masih berputar-putar di kota Padang” pusing ga SHA??

    last paragraf(yg diatas males lg ngitung paragraf)
    Pesan papa, “Rajin-rajin menghapal ya!”. struktur kalimat kurang tepat, perlu penghubung : (jd dosen sastra lagi)
    salah satunya menghafal Quran kali..

    (lg seneng comment, pdhl blog sendiri terlantar :P)

  6. RIKO Thursday, 2 August, 2007 at 12:15

    kok nggak keliling sumbar aja. masih ada danau diatas danau dibawah, perkebunan teh alahan panjang, danau singkarak…….banyak..lagi….

  7. sandy eggi Friday, 3 August, 2007 at 16:53

    pasti kena sindrom angkatan tua.. pulang cuman bentar abis itu balik lagi …

  8. sutan rajo dilangik Saturday, 4 August, 2007 at 12:56

    welcome back, tapi kok ga ada oleh2 sih????????

  9. febrian Monday, 6 August, 2007 at 11:02

    si anak padang dah kembali…

    kemaren dah ngeliat di RPL kekekek

    yoi dah, selamat mengemban banyak amanah baru tampaknya

    oleh-oleh buat si gendut ini mana :p?

  10. reiSHA Monday, 6 August, 2007 at 13:07

    @febrian: Heh? Aku bukan anak Padang ya… Trus, kapan gitu liat aku di RPL?

  11. doni Tuesday, 14 August, 2007 at 16:47

    hehehehehehen kebiasaan MERPATI selalu jarak harinya 1 hari.Bandung – Padang saja hanya Jum’at dan Minggu.Sama dengan Bandung – Singapura (SELASA – KAMIS) = Tutup karena Changi melarang pemakaian B 737 -200.).Oh ya BDO itu kode IATA.sama dengan Batam = BTH,kemudian SOLO = SLC.Singapura aja = SPO.AUSTRALIA = ALI dst.(biasanya dipakai Petugas Imigrasi dan Bandara dalam laporan arus masuk keberangkatan dan kedatangan)

    Tapi saya salut sama Merpati,berani Buka jalur itu tanpa perencanaan.Ada berita lagi,setelah mendapatkan Boeing 737 – 300.maka Merpati akan menambah Jalur Bandung – Ipoh (Malaysia),Bandung – Singapura (Dibuka setelah 18 April ditutup),Bandung – Pekanbaru dan Bandung – Palembang – Pangkalpinang.

  12. anak rantau Wednesday, 22 August, 2007 at 11:15

    huhuh.. jadi inget Padang Kota Tercinta ..

    uppss lupa… salam kenal…

  13. Doni Hendarto Tuesday, 11 September, 2007 at 22:46

    Nah sekarang Jalur Bandung – Padang Seminggu Tiga Kali,yaitu Rabu,Jum’at dan Minggu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: