Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

Sertifikasi Guru

Tau kalau sekarang ada yang namanya sertifikasi guru? Aku tau (dengan nada di sebuah iklan)ūüôā Ceritanya, waktu liburan kemarin mama dan aku dimintai tolong oleh papa untuk membantu kelengkapan penilaian portofolio beliau.

Jadi, Menteri Pendidikan Nasional menetapkan Peraturan Nomor 18 Tahun 2007 Tentang Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan untuk mengatur pelaksanaan uji kompetensi guru. Uji kompetensi tersebut dilakukan melalui penilaian portofolio untuk memperoleh sertifikat pendidik. Sertifikasi ini dapat diikuti oleh guru yang telah memiliki kualifikasi akademik S1 atau D-IV. Info lengkapnya ada di sini.

Komponen portofolio meliputi: kualifikasi akademik; pendidikan dan pelatihan; pengalaman mengajar; perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran; penilaian dari atasan dan pengawas; prestasi akademik; karya pengembangan profesi; keikutsertaan dalam forum ilmiah; pengalaman menjadi pengurus organisasi di bidang kependidikan dan sosial; dan penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan.

Guru yang lulus penilaian portofolio akan mendapat sertifikat pendidik. Lalu, apa gunanya sertifikat pendidik? Nah, nantinya guru tersebut berhak memperoleh tunjangan profesi pendidik sebesar satu kali gaji pokok; atau bahasa mudahnya, gaji yang diterimanya akan menjadi dua kali lipat gaji pokok guru yang bersangkutan.

Jadi, sepertinya untuk memperoleh tunjangan sebesar itu, para guru harus mengurus sertifikasi. Melelahkan juga kelihatannya, apalagi nantinya gajinya hanya menjadi dua kali lipat. Padahal kalau tidak salah dengar, untuk polisi saja diusulkan kenaikan gaji sampai enam kali lipat. Huh, memang anggaran dana untuk pendidikan di negara kita ini masih minim sekali.ūüė¶ Entah sampai kapan akan seperti ini…

Tapi, aku masih ingat harapan mama. Katanya, semoga saja dengan adanya sertifikasi guru ini, kehidupan guru bisa jadi lebih sejahtera; dan nantinya profesi guru bisa jadi profesi yang cukup diminati, bukan lagi profesi yang justru sering dianggap remeh…

Hmm… Tapi aku masih bingung, sertifikasi guru ini buat guru sekolah saja atau juga termasuk dosen?

10 responses to “Sertifikasi Guru

  1. anggara Thursday, 9 August, 2007 at 09:15

    sertifikasi guru? males aja kali dan berlebihan

  2. 415412 Thursday, 9 August, 2007 at 09:17

    Mudah2an gaji guru terus naik..
    Kualitas guru juga terus naik..

    Amien..!

  3. reiSHA Thursday, 9 August, 2007 at 11:22

    @anggara: Iya siy, ribet amat….

  4. brahmasta Thursday, 9 August, 2007 at 15:45

    Iya sertifikasi itu bagus untuk menjaga kualitas guru. Biar anak-anak indonesia mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

  5. dexter Thursday, 9 August, 2007 at 21:22

    setuju banget kl ada
    tapi ya itu, jangan dibikin ribet dan jd lahan korupsi
    jangan pula disalahgunakan penggunaan dan pembuatannya
    kyknya yg skr itu buat guru aja.
    dosen jg perlu banget !
    dan terakhir gaji dan tunjangan serta APBN untuk pendidikan harus ditingkatkan! jgn kyk sekarang, pendidikan malah makin mahal !
    pemerintah harus tanggung jawab nih..
    pendidikan itu hak rakyat
    jgn membodohi rakyat
    rakyat sudah bodoh dengan sinetron2 yg ga jelas
    plis deh !
    kesejahteraan guru dan dosen harus diperhatikan
    biar ga nyambil sana-sini
    biar kualitas guru dan dosen jg bisa meningkat
    jangan memperkaya anggota DPR/MPR doang!
    yg kerjanya cuma duduk2 doang, ngantuk
    ga adil itu !
    pernah jg nonton guru yang ngajarnya perlu jalan kaki bbrp kilometer,trus naik perahu menyebrang sungai dsb, tp gajinya berapa coba?300rb!
    ini bukan masalah harga, tapi nilai ! value !.
    mana keadilan buat guru?

    setuju ga SHa?
    cemmana ini marah2 disini..

  6. reiSHA Friday, 10 August, 2007 at 11:11

    @dexter: Wuihhh… Setuju banget lah…ūüôā

  7. fitrasani Monday, 13 August, 2007 at 07:56

    semoga guru-guru bisa membuktikan kualitas mereka sehingga nanti gajinya gak hanya naik dua kali lipat tapi 7 kali lipat hehehhe…
    Sip2 makasih infonya??

  8. sutan rajo dilangik Tuesday, 14 August, 2007 at 23:29

    Komponen portofolio meliputi: kualifikasi akademik; pendidikan dan pelatihan; pengalaman mengajar; perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran; penilaian dari atasan dan pengawas; prestasi akademik; karya pengembangan profesi; keikutsertaan dalam forum ilmiah; pengalaman menjadi pengurus organisasi di bidang kependidikan dan sosial; dan penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan.

    kira2 guru yang ngajar di daerah terpencil bisa memenuhi persyaratan ini ga?
    padahal mereka ngajar mulai dari kelas 1 ampe kelas 3, atau kelas 4 ampe kelas 6…., dan dengan gaji mereka yang hanya seadanya, mereka sangat jauh dari keramaian kota….
    malahan ada guru yang digaji dengan beras…….

    dan semakin banyaknya birokrasi untuk mengurus sertifikasi tersebut, maka kemungkinan timbulnya praktek suap akan semakin besar….
    bukannya berburuk sangka, tapi di Indonesia, uang pelicin adalah hal yang sangat biasa……

    ingat lho, guru adalah pendidik, bukan pengajar……
    mereka bukan hanya mengajarkan ilmu pengetahuan, tapi juga mendidik karakter siswa di masa depannya…..

    buat dosen, mungkin perlu juga, karena ga semua dosen kayak di ITB, yang mana proyek melimpah, buku2 yang ditulis laku keras……

  9. oRiDo Thursday, 16 August, 2007 at 17:10

    guru..
    sosok yg perlu lebih dihargai, dihormati, dan di junjung tinggi..

  10. aji Friday, 31 August, 2007 at 07:39

    kira2 guru yang ngajar di daerah terpencil bisa memenuhi persyaratan ini ga?
    (SRD)

    bagi para birokrat, agar memikirkan juga hal-hal yang seperti ini, karena yang di kota saja untuk membuat portofolio tsb cukup sulit, padahal fasilitas lengkap.

    reisha ternyata anak guru ya?
    ntar reisha saya kenalin anak saya aja biar jadian, sama-sama anak guru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: