Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

Malu Aku Malu… Pada Semut Merah…

Hoho… Pada tau kan lagu Chrisye yang satu itu, yang judulnya Kisah Kasih di Sekolah… Hihi… Aku ga akan cerita soal kisah kasih aku waktu masih sekolah dulu (tapi sekarang juga masih sekolah ah, di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB🙂 ), soalnya ceritanya rada kompleks. Ga dink, hehe…

Jadi, begini ceritanya.

Kemarin aku rapat nih sama Tim Web FSLDK Nasional yang baru, yaitu dari ITS dan UnAir. Keren donk ya, rapat dari ujung Jawa yang satu ke ujung Jawa yang lain, hehe… Yahoo Messenger toh punya fasilitas conference. Tapi dasar jaringan internet ITB lagi aneh, bentar-bentar disconnect. Ups, mulai keuar dari topik.

Let’s back to the topic.

Jadi, dulu itu yang mengurus web FSLDK Nasional adalah ITB (dalam hal ini Gamais-ITB) dan ITS (dalam hal ini JMMI-ITS). Amanah itu diberikan sejak tahun 2005, yakni hasil dari FSLDKN XIII di Samarinda. Tahun 2005, aku baru masuk ITB, jadi belum tahu tentang hal ini. Lagian di Gamais-nya sendiri masih cupu, masih magang, ga ngerti apa-apa. Tingkat II di ITB, aku jadi staf Departemen FSLDK Gamais. Mulai mengerti walau sedikit tentang FSLDK. Nah, karena aku satu-satunya anak IF di FSLDK, jadilah aku diamanahi mengurus web FSLDKN. Awalnya web itu bisa dibilang kurang terurus. Yang hostingan pertamanya expired lah terus ga dibayar hingga harus ganti domain, yang ngurus sebelumnya juga ga jelas (dan ternyata sebelumnya yang ngurus adalah orang ini🙂 ), dan sebagainya. Belum masalah koordinasi skala nasional yang membuat aku bingung, secara aku masih cupu (bahasanya amulai aneh)…

Pengalaman pertamaku mengerjakan web, ya web Unit Kesenian Minangkabau ITB. Itu juga dibantu-bantu sama orang ini. Bisa dibilang bukan aku yang membangun web UKM itu, hehe… Tapi urusan content, ya aku yang ngembangin lah…

Walau telah diamanahi sejak pertengahan 2006, bisa dibilang aku mulai mengurus web FSLDK Nasional di awal tahun 2007. Jadilah akhirnya aku mulai dari nol. Berawal dengan mencari hostingan di mana aku sama sekali ga ngerti dan akhirnya dibantu orang ini. Lalu melakukan instalasi Joomla (aku pilih pake Joomla lagi, mumpung udah sedikit mengerti). Aku lakukan sendiri karena orang tadi sudah pergi sama oknum An**. Lalu sempat bermasalah juga sama konfigurasi, aku ga ngerti, dan akhirnya dibantu sama orang ini. Akhirnya, mengembangkan content, menambah fitur, mengganti template, menghubungi ke BP Puskomnas minta content, dan sebagainya; bisa dibilang kulakukan sendiri. Sampai akhirnya web FSLDKN mulai banyak dikunjungi. Ya, masih banyak harapan orang-orang sana terkait web itu. Aku akui, kemampuanku belum sejauh itu. Jadilah web itu apa adanya sebatas kemampuanku. (bahasa yang ga jelas).

Lalu, jadilah aku Bu Web di Departemen FSLDK Gamais. Akhir Juli 2007 lalu, FSLDKN XIV berlangsung di Lampung. Hasil syuro di sana, web FSLDKN diamanahi ke ITS. Konon salah satu alasannya karena Gamais mau ngurusin webnya sendiri dulu dengan baik sebab web Gamais tidak sejaya (istilah yang berlebihan) web FSLDK. Jadilah akhirnya aku diminta bantuin ngurus web Gamais, walau sampai sekarang aku masih bingung harus mengkoordinasikan dengan siapa.

Cerita pengantarnya panjang banget ya? Hehe…

Lalu, untuk pemindahan tanggung jawab pengurusan web FSLDKN, butuh transfer toh. Jadilah kemarin aku chat dengan ITS+UnAir seperti yang kusebutkan di atas. Dari chat yang sempat putus nyambung gara-gara internet error itu kuketahui kalau yang mengurus web FSLDKN sekarang adalah dari ITS dan UnAir (berbelit-belit ah…). Tahu ga yang dari UnAir angkatan berapa? 2007…

Nah, yang bikin aku jadi seperti judul postingan ini, ternyata yang bersangkutan lebih berpengalaman mengurus web dari pada aku sendiri. Tepatnya dia pernah ngurus 7 web sebelumnya. Gimana ga malu, tiap ditanyain berbagai hal terkait teknis, aku suka bingung. Huhu… Malu sama diri sendiri…

Tapi yang jelas, aku bisa lebih nyambung ngebahas webnya. Dan aku percaya hanya dengan memberikan username dan password untuk login ke administrator dan cpanel-nya, dia bisa eksplor sendiri struktur web nya kaya apa. Aku tenang, untuk urusan pengalihan tanggung jawab.

Tapi tetap saja. Aku malu. Merasa masih belum memiliki kemapuan apa-apa. Kasusnya mungkin sederhana, tapi ya gitu deh. Ini 2005 ITB sama 2007 UnAir (Ya, memang manusia tidak boleh dan tidak pantas untuk merasa lebih dari yang lain…). Kasus lain, ditanya cara menangani virus, aku ga ngerti. Ditanya programming, apalagi. Ditanya pake Flash, aku aja ga pernah nyobain. Ditanya soal kuliah, ga ngerti juga. Lalu aku ini bisanya apa siy? Hiks… Hiks…

Eksplorasi, biar nambah pengetahuan. Lha, eksplorasi itu harus dimulai dari mana?

Rajin belajar donk… Lha, tiap buka buku bawaannya ngantuk…

Tapi, apa iya sebagai anak IF harus mengerti SEMUA hal yang berhubungan dengan komputer, internet, dan kawan-kawannya? Wah, kalau iya, artinya aku bukan anak IF yang baik… Yang masih cupu dan ilmunya belum seberapa…😦

Malu aku malu…
Pada semut merah…
Yang berbaris di dinding…
Menatapku curiga…
Seakan penuh tanya…
Sedang apa di sini…

13 responses to “Malu Aku Malu… Pada Semut Merah…

  1. han Wednesday, 19 September, 2007 at 12:58

    salam kenal buat reiSHA.
    tulisannya enak. Jujur, Jelas, Jernih, Jenakapun bisa.
    tapi, itu bukannya lagu OBBIE MESSAKH? si kribo jadoel?

  2. Dhimas Lazuardi Wednesday, 19 September, 2007 at 20:32

    hee… yg ngurus 2007?? saha ieu? ngartos FSLDK teu?🙂 kok sedikit bertentangan ama kata Pak Dani yaa??🙄
    btw, hasil chatnya diposting juga dung… di milis juga biar sekalian rame..oke bos!?!

  3. Dhimas Lazuardi Wednesday, 19 September, 2007 at 20:35

    eh, kamu ga chating ama semut khan????😀

  4. Petra Novandi Wednesday, 19 September, 2007 at 21:16

    yah, sha.
    semua orang dah dikasih kemampuan dan pekerjaannya masing-masing
    saya ngerti programming, tapi gak ngerti matematika, networking, hardware, security, yah segala macam lah.

    mungkin kamu belum ketemu bidang yang kamu suka, kali, di Informatika. kamu tuh pandai, lagi. buktinya nilai-nilai kuliahnya bagus (ngiri)

    terakhir :
    yah, kalo cuman ngurusin web, mah, tinggal baca aja dokumennya, kali, hihihi. padahal gak setebel buku AI loh….

  5. reiSHA Thursday, 20 September, 2007 at 08:57

    @han: Itu emang lagu jadul. Tapi pernah dibawain Chrisye juga🙂

    @Dhimas Lazuardi: 2007 itu dari UnAir-nya. Kan barengan sama ITS. Dari ITS insyaAllah dah ngerti FSLDK lah… Lagian kayanya si 2007 itu juga lebih ke teknisnya. Soalnya di web itu minimal kita butuh dua pihak siy, pihak yang ngerti seluk-beluk FSLDK dan pihak yang ngerti segala teknis terkait web🙂 Soal hasil chatting, duh, bisa dibilang chat-nya lebih soal teknis. Login ke adminnya gimana, ftp-nya apa, dsb. Gitu-gitu deh. Bingung mau posting apa di milis. Soal sistem pengelolaan web sendiri belum dibahas di rapat kemarin. Rapatnya buru-buru siy, terus internet-nya hidup segan mati tak mau pula🙂

    Saha semut teh? Oya, soal tugas saya terkait web Gamais gimana?

    @Petra Novandi: Ngurusin web itu baru hal kecil ya…

  6. Dhimas Lazuardi Thursday, 20 September, 2007 at 10:44

    yg dari ITS itu om Haizan bukan? dia nanya-naya terus about web soale.

    maksudnya semut teh,,, tanya judul postingan aja. he2, kirain ngobrolnya ama semut, jadi malunya ama semut juga…*(&#^%$ lg ga jelas()*(&&^

    soal web Gamais, iya tuh, diupdate dung!! dari luar juga masih belon bisa diakces euy.. kalo bisa dibikin interaktif yaa, terutama biar para pengunjung bisa ngasih feedback ke gamais. gitu bos

  7. Petra Novandi Thursday, 20 September, 2007 at 12:05

    @Sha :
    Iya salah ngomong ^_^. Inti pernyataan saya itu sebenernya, kalau cuman menginstall dan maintain CMS, itu mudah, karena sudah ada dokumentasinya. Kalau membuat website menjadi lebih informatif, usable, interaktif, dan juga menarik, itu baru yang susah ^_^ (inget IMK sama RPL dulu -_-)

    Anyway,

    Kasus lain, ditanya cara menangani virus, aku ga ngerti. Ditanya pake Flash, aku aja ga pernah nyobain. Ditanya soal kuliah, ga ngerti juga.

    sama, saya juga gak bisa.

    udah kepikiran belum mau mendalami apa di Informatika (calon TA sih maksudnya :P)?

  8. reiSHA Thursday, 20 September, 2007 at 12:13

    @Petra Novandi: Wakakak… Iya2… Ngerti2… Kalo teknis doank mah anak XX juga bisa ya. Tapi ilmunya seperti IMK n RPL itu belum tentu🙂 TA? Nanti aja ah. Kasih kesempatan sama 2003 n 2004 dulu, haha… (sok banget ya?). Huhu… Ya belum kebayanglah mau TA di mana… Tau deh yang mau TA di Programming, sama Madam pula… Tapi hati-hati lho… Dulu K’Rondut (tapi ga gendut lagi ya dia sekarang?) pernah ngngsi ke RPL gara-gara stress menea di Programming, habisnya ada Madam, haha…

  9. ray rizaldy Thursday, 20 September, 2007 at 15:13

    wakss. dah pada ngomongin TA nih???
    takuuuuut, daku masih berjuang di sektor IF2152 tunggu daku komrad

    sha, klo kayak gitu yang jadi parameter seorang anak if, daku malah tak memenuhi sama sekali..
    in other words i’m not an informatics at all.. huhuhu :-((

  10. dexter Saturday, 22 September, 2007 at 14:55

    kl masalah virus, bs sm sy..
    siapa yg nanya? munkin bs membantu..
    maksih..

  11. restya Monday, 24 September, 2007 at 10:22

    Kyu3x
    Tak tahunya permasalahannya cukup kompleks…

    Sudah2 semuanya bisa dipelajari kalau kita punya waktu.

    The fact is : masih banyak hal yang lebih penting

    http://www.gamais.itb.ac.id

  12. sutan rajo dilangik Monday, 24 September, 2007 at 23:03

    not connected to server…….

  13. fajri Saturday, 29 September, 2007 at 12:26

    N Reisha, makasih ya atas semua ilmu yang tlah diberikan,,,,,,,
    Aq harus terus berusaha melakukannya (“”)…..
    Aq juga akan trus blajar,,,,,,
    (pkok e gitu lah)
    MAkasih ya…..

Leave a Reply

