Dokumen Lagi… Dokumen Lagi…

Fyuhhh… Ternyata oh ternyata… Sudah lama juga blog ini tidak di-update. Selain bingung mau menulis tentang apa, aku juga disibukkan dengan tugas yang tiada hentinya. πŸ™‚

Seperti yang disebutkan Andra di postingannya di sini, semester V ini memang penuh dengan dokumen. Tugas-tugas hampir semua berupa dokumen. Jadilah software yang satu ini begitu populer.

Ms Word

Siapa coba yang tidak kenal software itu, atau versi-versi sebelumnya. Apa ada yang mengerjakan dokumen tugas dengan software lain? Sepertinya belum ada yang mengalahkan software ini dalam hal keampuhannya menghasilkan dokumen yang baik dan rapih.

Tingkat III, beda dengan tingkat II. Di tingkat II, penggunaan software yang disebutkan di atas hanya populer saat pembuatan laporan tugas, dan itu hanya beberapa tugas saja. Software yang bisa dibilang populer adalah text editor semacam Notepad++, karena tingkat II adalah masa-masa penuh coding. Tingkat III adalah masa-masa penuh dokumen. Lihat saja, mulai dari dokumen SI, laporan tugas OS dan AI, tugas BasDat, tugas APBO; semuanya dokumen toh. Dan itu, semua mata kuliah toh. Dan mahasiswa IF selepas tingkat III ini seharusnya bisa membuat dokumen dengan baik.

Adalah bagian terbesarku dalam pengerjaan tugas mengurus dokumen-dokumen terkait. Ya, aku tidak bisa tenang melihat dokumen tugas yang berantakan. Dulu waktu tingkat II, aku selalu bersemangat mengerjakan laporan tugas. Bisa dibilang untuk laporan tugas di kelompokku, aku selalu diandalkan. Seingatku, kecuali di tugas TASM yang pertama, mungkin karena dah kesal juga melihat kode-kode TASM itu…

Awal tingkat III, semangat itu masih ada. Seru aja mengerjakan dokumen yang rapih, memanfaatkan dengan baik fitur-fitur yang disediakan Ms. Word (apalagi Ms. Word 2007 fiturnya lebih banyak, walau kadang masih suka bingung, soalnya beda dengan Ms. Word 2003), sampai penggunaan shortcut yang jarang digunakan dan bahkan mungkin orang baru tau kalau ada shotcut itu, hehe… Hayooo, tau ga guna Ctrl+M, Ctrl+T, Ctrl+Q, dan Shift+F3 di Ms. Word? Haha… Shortcut itu terlihat sekali sakti mandragunanya waktu mengerjakan dokumen RPL dulu. Secara, deadline jam 13.00 kita baru mengerjakannya jam 09.00, dan tugaspun selesai tepat jam 13.00.

Tingkat III terus berjalan. Jadilah Ms. Word menghiasi hari-hariku di depan layar komputer. Lama-lama, bosan juga. Huaaa… Eneg juga melihat dokumen berpuluh-puluh halaman. Apalagi kita tidak bisa berkreasi dengan dokumen itu. Maklumlah, ada aturan toh. Font-nya harus Times New Roman. Cover ada template-nya. Kalau bebas, kan bisa bersenang-senanglah dengan Ms. Word, buat cover yang cantik, dan lain-lain. Haha… Lihat deh diagram Asisten RPL yang ditempel di Lab RPL yang penuh UML, dan itu hanya dikerjakan dengan Ms. Word.

Nah, walau tugas itu ada template dokumennya, aku tidak puas langsung memakai template itu. Apalagi template tugas IFXYXY (bisa menebak toh, hehe…) baru-baru ini, berantakan. (Hihi, maaf kalau ada yang tersinggung πŸ™‚ Peace!!!) Masa iya di footer, nomor halamannya berturut-turut: 1, Halaman 2, Halaman 3, 1, Halaman 2. Fyuhhh… Ga konsisten. Harusnya manfaatkan section di Ms. Word dengan baik. Jadinya aku bikin lagi dari awal. Template hanya dijadikan panduan urutan isi dokumen. Dan hasilnya, tentunya lebih rapih… Hihi…

Berlama-lama dengan Ms. Word bikin bosan juga ya. Semoga saja nanti di kuliah PPL aku ga sampai muntah melihat dokumennya yang katanya bisa sampai 200 halaman itu (atau lebih?), haha… Tapi ada kepuasan tersendiri kok kala dokumen-dokumen itu selesai dikerjakan.

Advertisements

23 thoughts on “Dokumen Lagi… Dokumen Lagi…

  1. Wooh, legal gak nih Wordnya? πŸ˜€ πŸ˜€

    Kalo buat urusan akademik kayaknya gak bakal terlalu masalah deh… hehehe…

    “Lihat deh diagram Asisten RPL yang ditempel di Lab RPL yang penuh UML, dan itu hanya dikerjakan dengan Ms. Word.”

    Iya gitu pake Word? Bukannya kalo keluarga Mikocok Opis tu pake Visio ya? Hmm, perasaan ada yang lebih powerful daripada Mikocok Visio, soalnya Visio tu menurutku terlalu umum (gak fokus ke UML)…

  2. @KnightDNA: Tau diagram yang aku maksud yang mana? Pake Ms. Word donk… Kalo bikin diagram UML mah pake StarUML ajah… (baru pernah nyoba StarUML)

    @Petra Novandi: Ngerjain di POSS siy…

    Oya, perlu digarisbawahi bahwa postingan ini tidak bermaksud untuk mempromosikan Ms. Word ataupun produk Microsoft lainnya… Aku hanya mau cerita tentang dokumen-dokumen itu!

  3. seneng sekelompok SI ma reisha, banyak belajar ttg cara membuat laporan yang baik πŸ˜€
    ayo sha semangat menularkan ilmu sakti mandraguna-mu (naon sih)… ber-shortcut2 ria biar lama-lama fungsi mouse dipertanyakan… (?)

  4. Hihi, pasti wordnya bajakan deh. hehehe..
    Kalau mau pake OpenOffice, hm.. pernah punya pengalaman buruk sih, laporan tugas Stimik berantakan πŸ˜€ Tapi pernah make juga buat dokumen yang kecil2 dan ga begitu penting. Lumayan kok, tinggal kita ngebiasain aja.

  5. @yuandra: Yuuu mari…

    @rani!: Siip. Aku sudah tak sabar menanti datangnya PPL itu, hohoho… (berlebihan…)

    @anis: Hihi… Tapi Nis, ingat, kita jangan terlalu mengandalkan revisi, haha… Boleh diandalkan, tapi jangan berlebihan πŸ™‚

    @Brahmasta: Itu Word di komputer RPL ya. Di kostan mah blom pake Office 2007, ntar tunggu kalo dah punya laptop aja (Amiinnn… Ntah kapan 😦 ).

    Tapi pernah make juga buat dokumen yang kecil2 dan ga begitu penting.

    Kalo TA gimana? Nah lo… πŸ™‚

  6. open office, waktu dulu daku pake itu. trus sejak tugas besar yang bikin spreadsheet, ternyata buat simulasi lebih cenderung buat ngikutin fitur2 di mikocok kesel. jadilah daku ganti ke mikocok lagi… pure piracy πŸ˜› (lho koq bangga tho)

    tapi, waks, nampaknya peringkat daku sebagai sarjan shortcut udah kalah, baru tau:
    Ctrl+Q : buat rata kiri (maksudnya ctrl qiri kali yak)
    shift + F3 : buat pilihan huruf, huruf besar semua, huruf pertama saja yang besar, atau huruf kecil smua
    ctrl+ T : buat nambah tab baru (eh itu mah di mozilla ya)

  7. wuoh.. sepertinya nanti gw ambil S2 bagian kesekretariatan aja deh, trus mastering word processor deh :p

    kemaren nge-IB ngemeng2 dapet 6 halaman,, skill ngemeng gw mulai berkembang.. hehehe…

    shortcut? hmm.. shortcut yang penting adalah:
    ctrl+O file yg mau dibuka, ctrl+N, alt+tab ke window word awal, ctrl+A, ctrl+C, alt+tab ke window word baru, ctrl+V, [ganti nama author], ctrl+S, alt+F4.
    hehehehe… :LoL:

  8. Kalo Reisha udah lulus jadi sarjana Ms. Word dari akhir tingkat 3. TA-nya bikin semua laporan tugas yang ada laporannya πŸ˜€ Ya ampuuun, jadi anak ITB mau pake Ms. Word legal aja bingung. Pake aja yang lisensi USDI ITB, dapet di Annex. Kalo udah lulus dari ITB, baru sono mikir buat beli lisensi pribadi, kalo Ms. Wordnya mau dipake secara legal. Kalo pelit? Yah, masih banyak software open source macem Open Office kan? πŸ˜‰

  9. @Ella (di atas gw):
    di USDI ITB kan adanya Ms.Office XP, bukan Ms.Office 2007… πŸ˜›

    @empunya blog:
    hebat, bisa afal gitu shortcut2nya…
    kalo saya mah cuma inget ctrl+C sama ctrl+V doang πŸ™‚
    sisanya, pake mouse terus diarahin ke menu toolbar yg di atas πŸ˜›

  10. Kalo TA gimana? Nah lo… πŸ™‚

    fyi, dokumen TA-ku aku buat di openoffice.org lho.. cukup powerful kok. lambat? word 2007 di berjalan lebih lambat di laptopku dibandingkan openoffice.org 2.2..

    Apa ada yang mengerjakan dokumen tugas dengan software lain? Sepertinya belum ada yang mengalahkan software ini dalam hal keampuhannya menghasilkan dokumen yang baik dan rapih.

    kalau software yang menghasilkan dokumen yang baik dan rapih sih menurutku latex!!
    kalau pake microsoft word, memang bisa menghasilkan dokumen yang baik dan rapih, tapi tidak semua orang bisa… ada orang-orang seperti diriku yang mumet make Microsoft Word karena terlalu ‘keminter’..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s