Deadline Series*: ifQuizzyong

Strategi pemberian kuis mendadak yang baik di sebuah kuliah adalah dengan tidak memberi tahu bahwa di jam kuliah itu akan diadakan kuis. Saat sang dosen memasuki kelas, tindakan langsung memberi tahu bahwa pada saat itu akan diadakan kuis akan menimbulkan keributan sesaat di kelas. Jadi, tinggal kasih soal, suruh mahasiswa menjawab di kertas untuk nantinya dikumpulkan, dan dikerjakan sendiri-sendiri. (Pengalaman hari ini 🙂 ).

So, sekarang mari kita kuis 🙂

Topik 1: Artificial Intelligence

Ceritanya, karena mengejar garis mati pengumpulan tugas, aku begadang untuk menyelesaikan tugas. Hal-hal lain selain tugas agak diabaikan, misalnya mengurus pakaian yang harus dicuci dan disetrika. Akhirnya, menumpuk…

Nah, hari ini aku harus masuk kuliah jam 07.00. Karena menyelesaikan tugas tadi itu, aku baru bisa bersiap-siap untuk berangkat kuliah jam 06.55. Asumsi di kelas disediakan batas keterlambatan maksimal 20 menit. Jika waktu yang dibutuhkan untuk bersiap-siap sekitar 10 menit dan perjalanan dari kost hingga ruangan kelas sekitar 10 menit juga, maka aku masih berada pada batas aman, karena paling tidak jam 07.15 aku sudah berada di kelas.

Perhatikan bahwa pakaian yang tersedia ada dalam keadaan kotor, bersih tapi belum disetrika, dan bersih siap pakai. Karena tugas-tugas itu tadi, sebagian besar pakaian berada dalam kondisi bersih belum disetrika. Pakaian yang bersih siap pakai memang ada, tapi harus diperhatikan bahwa pakaian tersebut harus matching antara rok/celana, baju, dan kerudung (rules: Match(R,B,K)). Jika ketiganya belum match, maka aku perlu menyetrika pakaian lain supaya ketiganya match. Contohnya pagi ini, baju dan kerudung yang tersedia sudah match, tapi roknya masih belum disetrika. Jadi aku harus menyetrika rok terlebih dahulu.

Nah, menyetrika tentunya butuh waktu. Itu juga tergantung pada apa yang disetrika. Semakin banyak yang harus disetrika, semakin lama waktu yang dibutuhkan, kemungkinan untuk terlambat masuk kuliah juga makin besar.

Pertanyaan:

Rancanglah intelligent agent yang bisa memberikan keputusan kombinasi pakaian (rok/celana, baju, kerudung) mana yang sebaiknya aku gunakan sehingga aku tidak telat kuliah. Prekondisi, kondisi Match(R,B,K) tidak terpenuhi (kalau sudah terpenuhi kita tidak perlu agen toh). Goal test, pakaian matching dan aku tidak terlambat kuliah. Perhatikan constraint bahwa aku membutuhkan waktu untuk menyetrika pakaian yang masih kusut. Buat asumsi sendiri tapi logis tentang waktu yang dibutuhkan untuk menyetrika rok, celana, baju, atau kerudung.

Metode inteligensi buatan dapat dipilih dari teknik yang sudah dipelajari, antara lain problem solving (searching), knowledge based system (fuzzy logic, production rule), learning, atau planning.

Topik 2: Database

Belakangan peserta kuliah IF3171 mendapatkan bahwa ada materi kuliah yang sebenarnya adalah materi dalam kuliah lain. Misalnya, di kuliah tersebut dosen menjelaskan tentang arsitektur komputer (materi IF2191), interaction design (materi IF2101), pengembangan software (materi IF2261), perancangan basis data (materi IF3111), serta jaringan (materi IF3291). Hal ini sebenarnya juga telah dijumpai pada masa-masa sekolah, misalnya materi sejarah perjuangan kemerdekaan diajarkan dalam mata pelajaran Sejarah dan PPKn. Sebenarnya tidak masalah, hanya saja jadi masalah jika tugas yang seyogianya berasal dari mata kuliah IF3111 diberikan oleh dosen kuliah IF3171 🙂

Pertanyaan:

Rancanglah suatu basis data untuk menghindari terjadinya redundansi materi kuliah yang diajarkan. Pilihan mudah adalah dengan memutuskan bahwa materi non-suatu kuliah tidak usah diajarkan. Hanya saja perlu diperhatikan bahwa pastinya ada dependency antar materi kuliah dan mahasiswa harus bisa menghubungkan materi yang satu dengan yang lainnya. Tuliskan semua functional dependency yang ada, lalu bentuk canonical cover-nya. Setelah itu lakukan normalisasi sehingga diperoleh bentuk basis data yang BCNF, lossless join, dan dependency preservation. Jika kondisi ini tidak tercapai, silahkan pilih apakah ada dependency yang harus dikorbankan atau menggunakan 3NF yang di dalamnya masih terdapat redundansi. Terakhir, lakukan denormalisasi.


*Mengejar deadline tugas-tugas kuliah di IF itu dapat menyebabkan stress dan gangguan seperti hadirnya postingan ini.

Advertisements

22 thoughts on “Deadline Series*: ifQuizzyong

  1. asl..gw minat ama quiznya..
    topik1: alt.1. loe bisa nambah waktu 5 lima menit lagi(setrika rok 1 biji bisa 5 menit),karna masih ada sisa 5 menit. Artinya e loe tepat pada ambang batas aman, karena jam 07.20 eloe sudah berada di kelas.jadi match antar RBK n nggak terlambat.
    alt.2. eloe bisa pake R yg masih dikit2 match ama BK,nggak terlalu kontras, karna R agak beda dikit ama BK masih keliatan ok, tp kontras sekali kalo BK beda.
    alt.3. eloe udah planing RBK yg match buat seminggu. alt.4. loe bisa minta tolongin aja ama teman bereskan………ahahaaa…

    topik2: Sebenarnya tidak masalah, nurut pengalaman gw. Karna kita butuh analisa dari semua sudut. contoh pd ilmu Arsitektur melingkupi Arsitektur,Interior,Exterior,Struktur,Mekanikal,Elektrikal,Landscape,Plano,tata lingkungan,IT, deelel. sama aja si Arsitek ngasih tugas Mekanikal dan Elektrikal. terbayang nggak? (jelas Mekanikal dan Elektrikal-nya berhubungan ama Arsitektur).
    Begitu juga kasus topik 2..eheee…
    …ni pandangan gw…ehe…thanks

  2. Ibu kalo cuman matching-in baju algoritmis juga bisa nggak usah inteligent agent tho. Terus rasa-rasanya anda memerintah kepada kajur IF untuk menormalisasikan tiap mat kuliah biar nggak redundan. Wah wah wah berani amaaaaaaat.

  3. @Petra Barus: Jika soal kurang dimengerti, bikin asumsi sendiri 🙂

    @da revan: Ngasih komen ga jelas mulu. Orang aneh…

    @nanungnurzula: First, I’m not ur Mom. Second, jauhilah sebagian dari prasangka…

  4. A : sobat2 disini semua…gimana kalo kita adakan lomba blog yg banyak direspon?
    B : wah…kalo lomba banyak koment, pasti blog ni yg menang…..:-)
    C : banyak yg koment sich….
    A : apa resep nye ya..?
    B : nggak tau tuh?
    C : ayo…tanyakan kenapa?
    A : karna disini banyak yg bisa dipercaya & banyak fansnya….
    BC : (manggut2)

  5. Hua..hua..topiknya menohok sekali!
    asal tau aja, aku ngasih komen sekarang ini dalam keadaan superduper khawatir banget… knapa?karena barusan aku ngupload laporan tugas web IMK, sekitar 12 menit sebelum deadline, upload tampak berhasil, tapi aku nggak yakin cuz loading bwt baliknya lama banget…aku bingung..trus aku menyerah karena ditunggu smpe jam di kompie nunjukkin pukul 11.55 PM!
    hua..hua..kenapa sich harus ada cara upload2an sgala! aku sebebl..iya kalo koneksi internet ke situs ITB cepet gitu! Dari luar itb ngebuka situs dalam itb selalu lama!

    Emang gmna sih aturan tugas IMK?
    maksudnya kalo telat gimana?
    dikurangin ga nilainya?
    gw ga rela kalo ga dinilai…
    ini salah situsnya!
    bukan aku…
    deadliners nggak selamanya salah ;D ;D

  6. @dioni: Wehew… Menohok gimana toh? Dah beres toh web nya? Mau liat donk? Hehe… Aturan tugas IMK… Hmm… Ga tau juga ya… Aku memang asisten kuliah IMK, tapi ga tau soal penilaian. Pak Widi juga belum ngasih tau apa-apa soal tugas. Tapi kalopun telat nguplot, kayanya ga sampai ga dinilai deh. Kalau tahun lalu, 1 orang bakal menilai 3 web mahasiswa lainnya. Penilaian ya berdasarkan Guideline (itu lho yang organize information clearly, provide useful content, use color for grouping, dll). Ntar ada rating untuk tiap poin Guideline. Dulu siy ratingnya N/A, -5, -3, -1, 1, 3, 5. Ntar dapet rating rata-ratanya. Nah, ntar ratingnya diapain, ga tau 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s