Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

Ga Pulang?

Sepertinya kalimat di atas sudah jadi pertanyaan wajib tiap liburan bagi anak kos, tidak peduli libur dalam jangka waktu yang pendek ataupun panjang, jika yang bersangkutan ternyata masih saja berada di tempat perantauannya saat liburan. Wajar saja, memang liburan adalah momen yang tepat untuk pulang ke rumah masing-masing.

Tapi lama-lama ini jadi pertanyaan yang menyebalkan juga bagi orang yang jarang pulang seperti aku, karena seolah-olah orang yang tidak pulang dalam jangka waktu lama tampak menyedihkan. Halah…

Iya… Jadi gitu… (Apa sih?)

Libur Idul Adha+Natal+Tahun Baru kemarin aku ga pulang. Liburan semester ini aku juga ga pulang. Libur panjang setelah semester 6 juga ga pulang. Kenapa? Ga usah nanya yah, dah males jawab…

Akan bertolak belakang dengan postingan di sini, jika segala hal yang bisa diperoleh dengan “pulang” harus dibandingkan dengan uang yang dihabiskan. Nah lo, kalimatnya bikin aku jadi bingung…

Ya gitu deh… Jika biaya yang dihabiskan pulang-pergi Jakarta-Bandung sekitar seratus ribu rupiah, maka biaya yang dikeluarkan pulang-pergi Bukittinggi-Bandung sekitar sepuluh kali lipatnya. Jadi, aku ga bisa langsung menge-cap “pulang” lebih berharga dari uang. Yah, kecuali gaji pokok guru dinaikkan sebesar 20 kali lipat (tentunya ga mungkin, toh anggaran pendidikan di negeri ini sangat minim).

Uang alias biaya “pulang” itu salah satu pertimbangan yang membuat “pulang” menjadi kebutuhan tersier bagi orang-orang seperti aku ini. Pertimbangan lainnya ya banyak. Misalnya berapa lama bisa berada di rumah, perkerjaan yang harus diselesaikan, kegiatan yang sedang dilakukan, dan sebagainya…

Dong… dong… dong… Inilah kan… Udah lama ga posting, terus tiba-tiba posting ga jelas… Pokoknya mah, kalo ketemu aku ga usah mengeluarkan pertanyaan “Ga pulang?” atau sejenisnya atau sebangsanya atau setanah airnya. Dan spesial untuk pertanyaan “Kapan pulang?”, aku jawab aja: “Libur Idul Fitri 1429H (doakan aja)”.

10 responses to “Ga Pulang?

  1. Petra Barus Friday, 18 January, 2008 at 21:30

    amin lah.
    semoga bisa cepat bertemu sama keluarga….

    entah gw kurang besyukur atau enggak… meski rumah gw terbilang deket… tapi gw ogah balik…..

  2. rangtalu Saturday, 19 January, 2008 at 01:28

    raga ini memang akan jarang bisa untuk pulang, tapi hati ini pulang kapanpun sesukanya.
    kampuang den jauah di mato

  3. febrian Saturday, 19 January, 2008 at 10:05

    jadi takut nanya-nanya ….

    apalagi saya, mana bisa pulang…..

  4. irfanhanif Sunday, 20 January, 2008 at 16:12

    Sori rada nyampah,,

    Keknya uda pernah baca yang mirip2 gini diblog kmu… Pas lebaran kmaren y?

  5. anis Sunday, 20 January, 2008 at 19:40

    Sha, kapan pulang?
    Sha, ga pulang?
    balik kapan Sha?
    hahaha, sengaja bikin marah :))
    ya Sha, seperti di 2:286, saya yakin Sha bisa melewati ini, justru karena hal ini bikin Sha makin kuat🙂 lagian liburan di bandung walau nggak bisa ketemu keluarga, kan bisa ketemu saya (hueks…) dan lagian liburan semester 6 ini kita kan bakal hang out bareng, jadi jangan sedih ya Sha… (cup cup cup, klo sempet dibeliin balon deee…)

  6. thewhiteglasses Sunday, 20 January, 2008 at 23:01

    betul2

    capek jawab pertanyaan itu mulu
    malah kadang yang nanya itu-itu juga
    apa ga ada pertanyaan lain napa ya?
    hehehe

    klo van
    pulangnya pas uda saatnya aj
    ya
    saat punya duit

    hehehe

  7. reiSHA Monday, 21 January, 2008 at 10:45

    @febrian: Hihi… Peace…

    @irfanhanif: Emang mirip-mirip, tapi konteksnya beda. Dulu Lebaran, sekarang liburan, hehe…

    @anis: Jadi kapan sempet beli balon?

    @thewhiteglasses: Hoho… Dah berselancar pula kamu di dunia per-blog-an ya…

  8. Sutan Rajo di Langik Monday, 21 January, 2008 at 19:07

    klw awak mah pertanyaannya: duluan mana pulang sama KP…..??? soalnya sama2 ga jelas…😀

  9. Pak angah di baso Thursday, 24 January, 2008 at 22:10

    Jan lupo jo kayu gadih, tabek baso dek karano rayuan pulau kelapa,

  10. ambo Tuesday, 28 July, 2009 at 15:48

    mudah2an…
    pulanglah ka kampuang..
    tapi kini awak sadang paniang ka pulang jo kua???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: