Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

Epilog: Counting Down to April 1st, 2010

Februari 2009, bisa dibilang titik di mana saya mulai berpikir untuk mendaftar beasiswa Monbukagakusho. Maret 2009, saya mulai mencari-cari info dan menunggu-nunggu pendaftaran dibuka di website kedubes Jepang. [informasi beasiswa]

21 April 2009, saya baca email di milis bahwa pendaftaran beasiswa Monbukagakusho sudah dibuka sejak sehari sebelumnya. Saya harus menyiapkan segala persyaratan dalam kurun waktu kurang dari satu bulan. [seleksi dokumen]

8 Juli 2009, saya diberi tahu bahwa saya lulus seleksi dokumen, dan berikutnya harus mengikuti tes tertulis dan wawancara. 13 Juli 2009 jadwal [tes tertulis] saya, dan 17 Juli 2009 jadwal [wawancara] saya.

31 Juli 2009, saya diberitahu bahwa saya lulus ke tahap berikutnya. Saya harus menyiapkan lagi semua berkas yang dibutuhkan. [secondary screening]

28 September 2009, saya menerima Letter of Acceptance (LA) dari Profesor Fukazawa Yoshiaki, Graduate School of Fundamental Science and Engineering, Waseda University. [hunting for LA]

5 Januari 2010, saya mendapatkan kabar bahwa saya termasuk penerima beasiswa Monbukagakusho Research Student 2010. Universitasnya belum ditentukan di mana.

21 Januari 2010, saya ke Jakarta untuk menandatangani pledge beasiswa, sekaligus menyerahkan paspor asli untuk keperluan pembuatan visa dan pengurusan tiket.

26 Januari 2010, saya pulang kampung untuk menikmati waktu bersama keluarga, waktu tersisa di mana saya akan segera pergi meninggalkan tanah air untuk pertama kalinya.

29 Januari 2010, saya menerima e-mail dari pihak Waseda University bahwa saya ditempatkan di universitas tersebut. Saya sudah harus mulai mengurus keperluan di sana nanti, terutama terkait dormitory dan placement test bahasa Jepang.

4 Februari 2010, saya menerima e-mail lagi, kali ini tentang guideline untuk placement test bahasa Jepang. Awal di Jepang saya akan belajar bahasa Jepang dan placement test-nya dilaksanakan online sebelum berangkat.

28 Februari 2010, saya ke Padang, menikmati waktu bersama saudara di Padang, sekaligus melihat sepupu baru saya Keymita yang baru lahir beberapa hari sebelumnya.

11 Maret 2010, saya ambil placement test bahasa Jepang. Semoga nanti memang mendapatkan kelas bahasa Jepang yang tepat di sana.

12 Maret 2010, saya kembali ke Bandung untuk menikmati waktu bersama teman-teman, sekaligus mempersiapkan keberangkatan saya.

28 Maret 2010, weekend terakhir di Indonesia sebelum saya berangkat. Cuma ada satu di pikiran saya, jalan-jalan. Menikmati hari. Saya tidak mau memikirkan hal lain.

31 Maret 2010, akan ada acara orientasi dan pelepasan penerima beasiswa Monbukagakusho 2010 di Kedubes Jepang. Orang tua saya juga akan datang untuk mengantar saya keesokan harinya.

1 April 2010, dengan penerbangan JL-726 21.55 Soekarno-Hatta Jakarta, insyaAllah saya akan berangkat menuju Narita Tokyo.

***

Alhamdulillah ya Allah, selama proses, Engkau mengabulkan doaku, ‘ya Allah, jika memang ada jalan buatku ke Jepang, maka mudahkanlah’. Saat ini aku hanya bisa berdoa, ‘ya Allah, bimbinglah hamba-Mu ini selama di Jepang nanti, lindungi aku dalam setiap langkahku di sana’.

Terima kasih buat keluarga besarku, terutama Mama. Aku tidak pernah tahu apa doa-doa Mama, tapi aku yakin aku bisa seperti sekarang ini berkat doa-doa Mama.

Terima kasih buat Pak Sukrisno dan Bu Yani, atas surat rekomendasi dan dukungannya. Mungkin nanti saya akan merepotkan lagi untuk pendaftaran S2 di sana nanti.

Terima kasih buat teman-teman yang sudah mendukung dan menyemangatiku. Aku pasti akan sangat merindukan saat-saat berkumpul bersama kalian.

Terima kasih juga sudah menemani hari-hariku, di sela kesibukan dan kegejean. Di sela suka, duka, tawa, dan air mata. Ruang sela ini hanya untuk sementara.

Ini semuanya barulah satu langkah kecilku untuk merajut mimpi. Aku tidak berhak untuk berbangga diri saat ini, karena apa yang akan aku hadapi ke depannya pasti lebih berat. Aku juga tidak boleh pesimis, karena aku tidak akan diberikan nikmat ini jika aku tidak mampu menjalaninya nanti. Ya Allah, aku ingin jadi hamba-Mu yang senantiasa bersabar dan bersyukur.

Bismillahirrahmanirrahiim.

54 responses to “Epilog: Counting Down to April 1st, 2010

  1. bitusajola Tuesday, 30 March, 2010 at 09:26

    wahh,,
    seru y ni,,
    semoga saya jg bisa nge_eropa dg beasiswa,,:)

    sekalian promosi..
    hahaha:mrgreen:

    _http://bitusajola.com_

  2. dhimasln Tuesday, 30 March, 2010 at 11:23

    wew,, selamat terbang deh. jangan lupa balik bawa oleh-oleh😀

  3. ghifar Tuesday, 30 March, 2010 at 12:36

    hiks2x… jadi ikut terharu uni. sebuah perjuangan yg begitu luar biasa🙂

    semoga sukses menuntut ilmu di sana. smg kita2 masih bisa ketemu uni lagi (cozy)

    • reiSHA Sunday, 4 April, 2010 at 16:36

      Amiiiinnn… Ntar main lah Far ke Tokyo, hehehe…

  4. prasetyoandyw Tuesday, 30 March, 2010 at 13:12

    beuh, emang dasar mastah dokumen, lengkap sampe tanggal2nya😛

    sayonara uni, semoga semua urusan di sana lancar jaya.. dan pulang2 bawa orang jepang, eh, apa urang awak juo? hahaha

    • reiSHA Sunday, 4 April, 2010 at 16:37

      Haiyah, ga ada hubungan sama mastah dokumen (doh). Orang Jepang? Urang Awak? Haiyah, ada apa ini😛 Makasih ya Paw…😀

  5. Zakka Tuesday, 30 March, 2010 at 14:57

    semangat sha!🙂

  6. Akhmad Anggoro Tuesday, 30 March, 2010 at 20:50

    Wah ke jepang sha? bareng ama kawan saya dong, Micke
    Sukses yah sha!
    Maen2 ke blog saya kalo ada waktu oke?

  7. rizki bani Tuesday, 30 March, 2010 at 21:36

    terima kasih! anda memberi inspirasi bagi saya.. sekarang sayapun sedang berjuang,..untuk segera terbang ke jepang!!! saya mulai dari nol… dengan doa, semangat, kerja keras, saya pasti bisa seperti anda!!! thanks.

    • reiSHA Sunday, 4 April, 2010 at 16:39

      Alhamdulillah tulisan saya bisa bermanfaat, hehe… Semangat ya. Usaha yang maksimal, berdoa, dan yakin, insyaAllah bisa terbang ke sini😀

  8. sara amabile Thursday, 1 April, 2010 at 15:39

    one word: Encouraging!!

    omedetooo sha-san🙂
    nanti malam berangkat yah, semoga sukses disana dan lancar kuliahnya….

    lam kenal sebelumnya, saya nemu link ke blog kamu ketika sedang googling utk daftar monbusho tahun ini, ini akan jadi yg pertama kalinya…

    study to Japan has always been my passion, hopefully to see you there, NEXT YEAR (amin)….
    really love to get to know you, you’re so inspiring ^^

    • reiSHA Sunday, 4 April, 2010 at 16:40

      Sama seperti reply saya buat komen sebelumnya, alhamdulillah, dan semangat! Pasti bisa!

  9. shafia Sunday, 4 April, 2010 at 15:26

    whew. keren banget. ternyata kalo mau sukses emang harus susah payah dan mau repot yah. pengalaman mba bener-bener ngasih semangat baru nih. padahal saya lagi drop sekarang. insya Allah, saya mau ikutin jejak mba tahun ini. lam kenal ya mba..oiya mohon doa restunya juga ya, hehehe

  10. shafia Sunday, 4 April, 2010 at 15:28

    oh iya mba, menurut mba, lebih bagus ambil d3 atau s1 aja langsung ?

    • reiSHA Sunday, 4 April, 2010 at 16:41

      Salam kenal juga. Yupyup, ga ada kesuksesan yang diperoleh dengan bersantai dan berleha-leha, hehe… D3 atau S1? Menurut saya sih langsung S1 saja, soalnya rata-rata yang ambil D3 juga pada lanjut ke S1…

  11. shafia Monday, 5 April, 2010 at 16:29

    iya, iya. tapi lebih seru praktek mba, d3 kebanyakan kan praktek iyaa.. tapi s1 juga bagus. haduh bingung

  12. gege Tuesday, 6 April, 2010 at 20:23

    hwwwaaaaa…
    makasih kakak udah mau sharing pengalamannya secara mendetail,hehehe😀
    saya jadi ada bayangan kalo besok daftar monbusho
    oya kakak saya mau nanya,apakah IPK itu sangat berpengaruh??
    soalnya jujur saja IPK sementara say cuma 3,00 pas >___<

    • reiSHA Tuesday, 6 April, 2010 at 20:58

      Alhamdulillah lagi, hehe… Sama-sama… Senang bisa berbagi🙂 Soal IPK, saya kurang tau juga, tapi kayanya yang sangat berpengaruh itu topik risetnya. Soalnya basis kita di Jepang nantinya kan riset. Itu IPK sementara kan? Masih bisa ditingkatkan berarti. Ayo berjuang ^^v

      • gege Tuesday, 6 April, 2010 at 21:34

        hmmm,,gitu ya kak..
        sib lah..
        makasih banyak ya kak pencerahannya,hehehe😀

  13. a3 Thursday, 8 April, 2010 at 14:02

    wah sama2 murid waseda yah…. kalo mau beli bahan makanan indonesia ada di shinookubo, tinggal ngesot dari takadanobaba

    • reiSHA Thursday, 8 April, 2010 at 14:38

      Wah. Mas/Mbak ni? Graduate student?

  14. a3 Friday, 9 April, 2010 at 01:35

    iya graduate di waseda juga…

    • reiSHA Friday, 9 April, 2010 at 19:24

      Owh, Graduate School apa?

  15. a3 Friday, 9 April, 2010 at 23:51

    情報生産システム研究科
    bukan yang di takadanobaba tapi…

  16. cika Monday, 12 April, 2010 at 12:00

    omedetou… he3…
    serius!.. saya jadi termotivasi untuk daftar monbukagakusho 2011…
    makasih ya reisya dah share dengan detail tentang tahap-tahap mendapatkan beasiswa monbukagakusho ini… sungguh informasi yg bermanfaat…

    do’akan aku menyusul yach he3.. (siapa elo!.. kenal juga nggak ha3..)

    wassalamkm

    cika

    • reiSHA Monday, 12 April, 2010 at 20:51

      alhamdulillah. semangat ya. moga bisa ketemu nanti di Jepang🙂

  17. Alex Tuesday, 13 April, 2010 at 12:18

    pa khabar reisha? jadi jg tes S2 ke jepang ya? udah lulus pa blom? moga sukses ya…..

  18. Ananti Selaras Sunny Thursday, 15 April, 2010 at 07:41

    wah kak reisha terharu banget loh baca blog kk, aku sampe meneteskan air mata hahahaha (lebay :p tapi serius ini :D)

    salam knal dulu deh, saya temennya gisca hehe, anak lab programming yang sering nongkrong di RPL😀 (mungkin sering ketemu)

    tahun depan InsyaAllah klo ga ada halangan saya mau ambil beasiswa S2 ke Jepang, berkat blog kk saya jadi ada gambaran gmn prosesnya😀 dan jadi semangat🙂

    oiya kk kan lulus Oktober 2009 yah dan baru ke jepang April 2010, selama nungguin pengumuman apa yang kk lakuin? Mroyek kah?

    • reiSHA Thursday, 15 April, 2010 at 10:25

      waduh, mpe terharu gitu :p
      tahun depan ya? hoho… ayo2. ramai2 ke sini :p

      selama nunggu pengumuman, aku geje di Bandung, haha… ada dink proyek ITB yang sama Bu Yani… aku juga ambil les Bahasa Jepang waktu tu. walau sekarang tetep masih belum bisa ngomong banyak, paling ga, pas nyampe sini ga mesti mulai belajar dari awal lagi, hehe…

  19. sevenleaf Tuesday, 4 May, 2010 at 22:20

    mba, ikut bahagia baca cerita mba, tapi juga sedih soalnya aku gak bisa ikut program undergraduatenya karena nilai un aku dibawah 8. hiks-hiks, (kok malah curhat ya).
    tapi ya sudahlah, tak bisa disesali. good luck aja buat mba. hehehe…

    • nisa Tuesday, 11 May, 2010 at 14:50

      iya nii.. aku juga mau ikut yang D3 nya tapi UN nya dibawah 8,, kalo raport diatas delapan tetep bisa ikut ga ya walaupun UNnya dibawah 8 (mau nekat ceritanya) ^^

  20. Vita Monday, 17 May, 2010 at 18:02

    Assalammualikum,
    membaca tulisan mbak di blog ini mungkin sangat membantu saya dalam mendapatkan beasiswa monbukagakusho, sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri dulu, nama saya Vita Rahmayani, sekarang saya berumur 17 tahun, saya sudah mengaplikasikan beasiswa monbukagakusho 2010 ke Kedubes, rencananya saya ingin mengambil D-3, tapi saya masih bingung mbak dalam mengisi formulirnya yang harus segera dikembalikan . mohon informasinya ya mbak,
    terima kasih,
    assalammualikum ….

    • reiSHA Monday, 17 May, 2010 at 18:57

      Waalaikumsalam. Tentang yang D3 saya tidak tau. Coba buka grup Facebook http://www.facebook.com/group.php?gid=258606601838&ref=ts. Di sana banyak anak2 D3 Monbukagakusho…

  21. Langgo Tuesday, 18 May, 2010 at 19:27

    Wah salut mendengar kisah perjuangannya untuk menuntut ilmu di Jepang @@…. kalo saya boleh minta…. blognya di update dong dengan pengalaman-pengalaman slanjutnya ^^ …. Tapi salut dah buat mba Reisha…. insyaAllah saya ingin belajar menuntut S2 juga disana setelah tamat S1🙂

  22. sintha Sunday, 23 May, 2010 at 14:02

    selamat ya mbak….senang sekali membaca pengalaman Mbak Reisha.
    Tulisan dan pengalamanya sangat bermanfaat sekali untuk kami yang akan mengajukan beasiswa.
    terima kasih.

  23. Deki Thursday, 27 May, 2010 at 16:40

    ass…
    kak reisha ini dr sumbar ya??
    sama kita kak,, hanya saja saya dr padang, dan sekarang sdg terombang ambing dengan masa depan saya, saya baru lulus SMA, bentar lagi mau SNMPTN,, abang saya juga merekomendasikan saya ikut beasiswa ini di jenjang S1,, tp saya g’ yakin lulus… nilai saya pas pasan sesuai dg persyaratan,, haduh… bingung….,,

    • reiSHA Thursday, 27 May, 2010 at 16:45

      Daftar saja 2-2nya, SNMPTN dan beasiswa ini.

  24. Fithy Thursday, 24 June, 2010 at 13:04

    Tulisannya membantu banget Mbak. Minggu depan tes tulis dan wawancara jadi skrg lagi nyari2 tips and tricks buat itu. Jadi agak tenang deh. Makasih yah

  25. sara Thursday, 24 June, 2010 at 21:22

    ternyata lolos seleksi dokumen mbak! thanks ya Sha-san🙂

  26. Eugenia Tuesday, 13 July, 2010 at 14:02

    wah inspiring banget nih reisha-san🙂
    arigatou😀

    tahun ini aku naik ke kelas 2 SMA dan dari dulu bermimpi bisa kuliah di Jepang.
    kira-kira bisa gak yah? o.O

    by the way, dulu kakak ambil IPA atau IPS?

    • reiSHA Tuesday, 13 July, 2010 at 14:23

      Saya IPA. S1 di ITB, bukan di Jepang..

  27. ZSA Saturday, 17 July, 2010 at 15:09

    mbak reisha
    mbak reisha penelitian saja atau sampai S2 ya?
    mbak gmn di washeda?
    ada info ttg shimane tidak?
    saya ingin ke tokyo atau osaka namun shimane prof.nya baik sekali, nuwun

    • reiSHA Saturday, 17 July, 2010 at 20:44

      Wah maaf, saya bukan pusat informasi Jepang…

    • Fanny Saturday, 17 July, 2010 at 20:45

      Mohon dibaca baik2 di post2 sebelumnya, jelas2 Reisha tulis dia akan ambil S2 insya Allah.

      Dan tolong ya mas/mbak, nama univ nya itu Waseda, bukan Washeda.

      Dan tentang Shimane, saya rasa Google bisa kasih anda jawaban lebih lengkap.

  28. andipryakin Wednesday, 11 August, 2010 at 20:11

    sblm x saya perkenalan dlu mba.saya andi dari IPB, saya sgt bertrma ksih atas postingx ini.info x lgkp bgt.

    Mb menurt mba saya yg skrg smstr 3 bsa ambil beasis it dr kapan mb,,apa bisa saya siapkan dr skrg.kuliah d luar negri merupakan cita2 saya khususx jepang..terima kasih mb.*curhat dkit.*

    • reiSHA Wednesday, 11 August, 2010 at 23:17

      Kalo untuk yang research student, baru bisa apply kalau pas waktu keberangkatan udah lulus S1-nya. Jadi ya sekitar semester terakhir gitu. Persiapan dari sekarang? Hmm… Mulai belajar bahasa Jepang aja. Siapin bahasa Inggris juga biar dapet skor TOEFL yang bagus. Sisanya kuliah dengan baik soalnya ada syarat IPK minimal juga…

  29. andini Friday, 5 November, 2010 at 01:41

    Aslmkum,Kak Reisha..Salam kenal dari dini TF ITS’08 ya kak^^ Salut banget bwat kakak^^ bener2 cerita yg sangat meng-inspirasi aq dan insyaallah semakin membulatkan tekad q untuk mengejar mimpi bwt kuliah di negeri sakura ini,hehee. Thanks bwt sharing pengalamannya ya kak,berkat cerita kakak ini q uda punya gambaran bwt ndapetin beasiswa ini..Sukses jga y kak bwt riset ny n s’moga bsa lanjut s2 nya jga..Wuihh..aq bneran kagum ni ma kakak^^,satu hal paling penting yg bsa d ambl dr crita kakak,klo Allah pasti akan slalu ada untuk membantu hamba-hamba-Nya yang memiliki kemauan keras dan mau berjuang dan berikhtiar hingga akhir..^^;

  30. Rizky Maisyarah Sunday, 28 November, 2010 at 14:37

    Mbak.. Saya juga ingin ke Jepang loh…

  31. Diyan Febri Prabowo Sunday, 5 December, 2010 at 19:08

    mbak…Alhamdulillah saya menunggu untuk pengumuman seperti yang tgl 5 januari itu…final pengumumannya🙂 dan saya tetap berdoa “jika ada jalan buat saya ke jepang, maka mudahkanla Ya Allah”…..dan berulang kali baca blog mbak! semoga bs sesukses mbak🙂
    saya dapat LOA di University of Tokyo,,,semoga bs ketemu april 2011 dsana..mohon doanya…ganbate kudasai reisha san!!

  32. Jo Sunday, 5 December, 2010 at 22:23

    Wah, jd makin smgt.. Ntar abis beres s1 nyusul ksana deh.. LOL

    Jd, mending bljr b.inggris ato b.jepangnya y buat persiapan? Hehe

  33. Marsella Kenanga... Monday, 27 December, 2010 at 07:17

    wahh,,mbak Reisha keren banget…
    selamat buat perjuangannya y mbak…
    (*telat banget…)

    Oia,,nama saya Anga,skrg sdg kuliah d Univ. Atma Jaya Yogyakarta (Teknik Sipil ’08)
    saya juga sangat-sangat tertarik untuk ambil beasiswa S2 d Jepang…

    Begini mbak,mbak Reisha kan apply sbagai Research student,,
    kalo saya mau apply di master’s course apa saya juga harus membuat topik riset?

    maaf sebelumny kalo pertanyaannya agak kurang bermutu..

    terima kasih sebelumnya y mbak…
    sekali lagi selamat,,semoga sukses disana ^_^

    • reiSHA Monday, 27 December, 2010 at 07:35

      Kalo beasiswa yang di-apply di kedubes ini cuma ada yg research student. Walau beasiswa master sekalipun, kalo Jepang, biasanya minta topik riset..

  34. R-desu Wednesday, 29 December, 2010 at 14:53

    wah…wah… sungguh perjuangan yg gigih,
    siapa yg bersungguh2 pasti akan berhasil : “man jadda wa jada”

    aden parlu banyak balajar di uni…..
    pasalnyo, aden juo nandak ka japang….

    mohon bimbingannyo yo….

  35. Gibran Tuesday, 11 January, 2011 at 00:12

    Salam kenal, aku mahasiswa Informatika ITS 06. sekarang sih lagi kuliah di Belanda, tapi msi punya impian untuk riset ke Jepang. Target bisa ikut seleksi Monbukagakusho 2012.

    Thanks banget dah ngeshare pengalamannya ya. Sangat bermanfaat. Semoga sukses di sana
    ^^

