Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

Tari Piring Perdana Saya di Jepang

5th ASEAN Festival 2010, We are One

Kemarin ada acara 5th ASEAN Festival 2010 di Multipurpose Hall di gedung asrama saya, JASSO Komaba International House. Acara ini acara tahunannya ASEAN Youth Network in Japan (AYNJ), semacam organisasi mahasiswa ASEAN yang ada di Jepang. ASEAN Festival adalah acara kebudayaan, di mana ada stand tiap negara ASEAN, dan yang paling seru adalah performance dari tiap negara serta fashion show yang memperkenalkan pakaian tradisional masing-masing negara.

Tim Indonesia sendiri memamerkan sejumlah souvenir khas Indonesia serta menjual makanan khas Indonesia di stand-nya. Kami menjual nasi kuning, sate ayam, dan es sarang burung.

menu di stand kami, harganya jangan dikonversi ke rupiah ya ^^

Untuk stage performance, kami menampilkan Tari Piring dan Poco-Poco, yang tentunya bikin heboh seisi hall 😀

Tari Piring, perdana buat kami berlima di Negeri Sakura sini ^^

Poco-Poco, tidak hanya yang di panggung yang nari, yang di bawah juga. heboh. minna ganbare, minna ganbare… ^^

Untuk fashion show, kami menampilkan pakaian dari lima daerah di Indonesia, yang mewakili Indonesa dari Sabang sampai Merauke.

akhir dari fashion show ini ditutup dengan lagu Tanah Air ciptaan Ibu Soed, “Tanah ku tak kulupakan, Engkau kubanggakan”, lagu yang selalu bikin saya merinding

Acara yang menyenangkan. Akhir acara diisi dengan foto-foto bersama, dan malamnya ditraktir tabehoudai di restoran India sama PPI Jepang, huehehehe…

Perdana di Jepang

Begitulah, inilah penampilan pertama saya di luar negeri. Penampilannya singkat saja, hanya berdurasi 3 menit, dibandingkan Tari Piring yang saya pelajari dulu di UKM-ITB, yang durasinya paling tidak 7.5 menit.

Awalnya saya tidak menyangka akan dapat kesempatan buat tampil. Saya memang sangat berkeinginan untuk tampil di sini. Memperkenalkan Indonesia pada umumnya, dan budaya Minangkabau pada khususnya. Keinginan itu ada sejak saya diwawancara oleh pihak Kedubes waktu seleksi beasiswa.

Waktu itu saya tiba-tiba ditodong Mas Farid, Ketua PPI Jepang untuk ikut rapat AYNJ. Saya yang tak tahu apa-apa ini cuma pasrah ikut dan bengong😛 Satu yang saya pahami, bahwa AYNJ ini akan mengadakan acara ASEAN Festival. Nah, mendengar ada kata stage performance, saya nyeletuk saja, “kalau mau nampilin tari, saya bisa Tari Piring”. Hanya celetukan saja waktu itu, ternyata diseriusin😛

Jadilah saya dan Mbak Irma (koordinator tim Indonesia, si mbak yang super sibuk, maaf ga bisa bantu banyak ya mbak :D) mencari partner nari. Setelah didapat, tentunya melatih. Lalu saya teringat Bima, teman UKM’05 saya yang jago main alat musik tiup Minang, yang sekarang lagi kerja di Toshiba. Dia pernah bilang bahwa dia bawa seperangkat alat musik tiup itu ke sini. Ya sudah, saya ajak Bima untuk ikut tampil mengiringi, dan dia pun bersedia.

Waktu kami singkat sekali, latihan cukup kilat jadinya. Saya sangat mengapresiasi Mbak Isti, Alanna, dan Tari yang akhirnya jadi tim penari piring. Mereka tidak punya basic nari Minang sama sekali. Tapi usaha keras dan semangat mereka waktu latihan sangat luar biasa.🙂

Perdana juga buat saya ikutan Poco-Poco di keramaian. Menyenangkan. Saya suka Poco-Poco. Tapi kurang puas kemarin karena cuma 2 menitan, huhu…

Usaha keras adik-adik program Undergraduate Monbukagakusho 2010, yang merupakan panitia utama acara ini, juga patut diacungi jempol. Ga ada angin, ga ada hujan, entah dalam rangka apa, entah buat apa, mereka tiba-tiba ditodong buat nyiapin fashion show, performance, dekorasi, stand, dll. Cape memang. Tapi saya yakin, dengan adanya acara ini, mereka makin akrab satu sama lain. Pun saya makin banyak kenal mereka berkat acara ini. Ah, berasa berada bersama adik-adik saya di UKM…

Overall, saya senang dengan acara ini. とてもたのしかったです. Terima kasih buat semuanya. Saya rindu Indonesia. Saya bangga jadi orang Indonesia.

NB: segitu dulu deh, postingan kilat😀

5th ASEAN Festival 2010

28 responses to “Tari Piring Perdana Saya di Jepang

  1. syva Monday, 21 June, 2010 at 21:19

    komen dulu, baru baca.. *udah lama ga komen di blog reisha, hihi* (cozy)

  2. petra Monday, 21 June, 2010 at 21:22

    idem syva

  3. syva Monday, 21 June, 2010 at 21:24

    baju adatnya nyewa dari mana tuh sha? (thinking)

    mau dong kalo ada videonya.. :-))

    • reiSHA Monday, 21 June, 2010 at 21:26

      Minjem dari KBRI Syv. Videonya udah ada yang uplot di FB. Mau aku tag?

      • syva Monday, 21 June, 2010 at 21:30

        hoo.. KBRInya lengkap juga yah..😀

        boleh2 ditag, atau daripada repot, linknya aja juga gapapa lewat plurk, hihi.. ;))

        btw, likes judulnya deh.. karena berarti akan ada penampilan kedua, ketiga dan seterusnya ya, sha.. hehe.. ditunggu.. ^^

      • reiSHA Monday, 21 June, 2010 at 21:48

        Amin Syv, semoga ada kesempatan lagi. Makanya aku pasang kata ‘perdana’, ada doa di dalamnya, hihihi…

  4. MH Monday, 21 June, 2010 at 21:26

    (cozy)
    pengalaman yang jarang di dapet.
    senang bisa bekerja sama mbak.

    btw, photo nya para poco poco-ers kok gak ada ni (cry)

    • reiSHA Monday, 21 June, 2010 at 21:49

      Like what I’ve replied at FB, aku belum nemu fotonya, huhu. kalau ada uplotin ya..

  5. bitu Monday, 21 June, 2010 at 21:29

    keren ni,,,:D

  6. Rodiyan Gibran Sentanu Monday, 21 June, 2010 at 21:36

    Reisha, minta izin copy-paste tulisannya buat buletin PPIJ edisi juli ya.

    • reiSHA Monday, 21 June, 2010 at 21:50

      Wuiii, ada editor Buletin PPI Jepang. Monggo, silakeun…🙂

  7. Ani Tuesday, 22 June, 2010 at 00:46

    Sa, critain ttg kegiatan sa dsna dunk..gmn keadan d asrama, dkmpus, tmen2, n cmuanya..

    • reiSHA Tuesday, 22 June, 2010 at 12:58

      Belum ada yg menarik sejauh ini. Nanti2 ya…

  8. anis Tuesday, 22 June, 2010 at 09:53

    huaaaa keren sekali uni kita yang satu ini, heu heu untung yang diajarinnya bisa ya, coba kalo saya nanti piringnya pecah semua

    yosh moga sempet nari yang lain-lain juga termasuk yang injek2 beling itu heu heu *eh beneran ada kan? atau itu cuma kuda lumping? XD*

    • reiSHA Tuesday, 22 June, 2010 at 12:54

      Injek-injek kaca piring, bukan beling yg bening. Tp aku ga berani ah. Serem😛

  9. Ahmed Wednesday, 23 June, 2010 at 05:40

    Sediih membaca’a seiring krinduan yg tnggi tuk kjpang..miss japan so much. .hiks

  10. Afgan Friday, 25 June, 2010 at 01:24

    Congrats!

  11. dian ratna Friday, 25 June, 2010 at 19:20

    Wah wah pengen liat T_T

  12. uchenk Wednesday, 30 June, 2010 at 22:03

    mau belajar tari piriiiiiiiing..😦

    • reiSHA Wednesday, 30 June, 2010 at 22:14

      Ahey ahey… Belajar sama si Didit STI’07 Chenk. Aku mah ga bisa gerakan cowo, jadi ga bisa ngajarin :p

  13. Ikh Thursday, 8 July, 2010 at 10:35

    what a nice performance…
    I’m very proud to be Indonesian citizens

  14. Wawan Saturday, 10 July, 2010 at 10:04

    Asslmu Alaikum

    Kak, makasih atas postingn tntng beasiswanya,!

    Skrang kabarnya gmana kk?

    Ada alamt fb g..?

    sALAM KEnal Kak,

  15. MiSs CeeVuik Saturday, 17 July, 2010 at 17:44

    Wow, so nice..:) Turut bangga juga..:D

  16. tAMriN GAntenK Tuesday, 3 August, 2010 at 17:21

    MAntaaP … SemakIn MAjU TAriAN AdaT IndONEsia DAn DIKEnaL LUAs Di duniA

    ArMStrONG_ProDUCt@yahOo.co.id

  17. unendingdreams Tuesday, 3 August, 2010 at 20:32

    Wow keren! Tadinya saya bingung bgt cari2 performance untuk acara GlobalFest, terbantu bgt dgn artikel ini. Thanks ya dah sharing🙂

  18. Fahmi Wednesday, 4 August, 2010 at 13:58

    wah keren juga,, untuk selanjutnya mungkin dangdut…?
    *dangdut is the music of my country… hehe…

  19. nadiafriza Sunday, 8 August, 2010 at 00:40

    oh wow keren🙂 seni emang salah satu hal yg berguna banget kalo kita bakal tinggal (lama) di luar negri

    btw beasiswa s2 ke jepang? dulu di itb jurusan apa?

    • reiSHA Sunday, 8 August, 2010 at 01:59

      Beasiswa Monbukagakusho. Dulu IF’05.

Leave a Reply

