Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

Yōkoso! Ramadhan

Alhamdulillah bulan yang penuh berkah itu kembali datang. Pertama-tama izinkan saya memohon maaf kepada para pembaca sekalian jikalau ada tulisan saya yang tidak pada tempatnya. OK, sesi resminya diakhiri dulu, hehehe…

Ramadhan kali ini sungguh berbeda buat saya. Pertama kali menjalani Ramadhan di luar Indonesia, di negeri yang jauh sekali dari Islami, di negeri yang musimnya pun berbeda. Tidak ada anak-anak keliling dan meneriakkan “sahuuur sahur”, tidak ada orang jualan ta’jil khas Ramadhan.

Bagaimana rasanya puasa di sini? Wah, kalau dari pengalaman dua hari ini sih, sama aja kayak di Indonesia, horeee. Ya minus suasana khas Ramadhan di Indonesia sebenarnya😛 Ramadhan tahun ini pas lagi musim panas lho di sini, tapi alhamdulillah buat saya ga masalah. Dari awal musim panas, bawaannya udah males makan, jadi lapar ga terlalu terasa😛 Waktu puasa yang lebih panjang (mulai sekitar 3.30 sampai sekitar 18.30) juga tidak masalah, karena dulu waktu saya di Bandung, ibu kos sudah membangunkan sekitar jam 3 buat makan sahur😛

Bagaimana tarawihnya? Tinggal di Tokyo sih tergolong enak, ada beberapa masjid di sini. Tapi tarawih pertama saya lakukan bareng anak-anak asrama sini. Seru juga. Pas mau tarawih pertama tanggal 10/8 malah ga langsung tarawih. Sempat beredar isu Ramadhan pertama jatuh tanggal 12/8. Akhirnya kami memutuskan menunggu dulu pengumuman dari Islamic Center Japan yang baru keluar pukul 21.30. Akhirnya pengumuman keluar, Ramadhan pertama jatuh tanggal 11/8 (horeee), lalu kami pun tarawih.

Tarawih kedua saya lakukan di Tokyo Camii, mesjidnya orang Turki. Masjidnya baguuus. Tarawih di sini bikin saya merasa lagi ga berada di Jepang😛 Tarawih selanjutnya? Ya saya ikut mood saja, mau ke mesjid atau bareng anak-anak asrama, hihihi…

Bagaimana sahurnya? Yaaa, sejak di sini sih saya sudah terbiasa masak sendiri. Jadi urusan makan, mau itu sahur kek, sarapan, makan siang, makan malam, dll, ya dimasak sendiri😀

Buka puasanya pake apa? Pake air putih, haha. Yaaa, emang ga ada sih yang jualan ta’jil. Kalau mau ya bikin sendiri😛 Ah, soal makanan mah saya ga mau terlalu ambil pusing, yang penting sehat dan halal😀

Eh tapi buka puasa pertama saya rada ancur lho, fyuh. Jadi maghrib kemarin saya janjian dengan dua orang teman mau ke Tokyo Camii. Maghrib di sana, lanjut Isya dan Tarawih. Janjian jam 6, ternyata yang satu orang telat. Lalu kami berangkat jalan kaki. Yang satu orang tadi itu katanya tau jalan ke sana. OK, saya ikut saja. Eh tau-tau nyasar, errr. Ujung-ujungnya naik kereta juga karena udah keburu maghrib. Jadinya buka puasa di jalan deh, fyuh.

Sampai di Tokyo Camii, kami langsung shalat maghrib. Pertanyaan selanjutnya adalah, makannya piye? Saya baca di website-nya sih katanya Tokyo Camii menyediakan makanan iftar. Dan memang ada antrian makanan gitu di sana. Pas saya tanya ke teman yang lain, katanya kalau mau ikut makan di sana, kudu reserve dulu. Haiyaaah saya tak tau. Tapi saya masih ikut antri, ga dicek juga udah reserve atau belum. Ya sudah. Alhamdulillah dapat makanan. Jadilah buka puasa pertama saya diisi masakan Turki yang saya tidak tau namanya😀

Cerita apa lagi ya? Segitu dulu deh. Happy Ramadhan semuanya. Semoga Ramadhan ini bisa menjadikan kita pribadi yang lebih baik dan lebih bermanfaat. Amiiin🙂

12 responses to “Yōkoso! Ramadhan

  1. petra Thursday, 12 August, 2010 at 20:39

    selamat berpuasa ya, neesan.
    semoga puasanya lancar ^_^

  2. filia Friday, 13 August, 2010 at 21:47

    Selamat berpuasa ya…^^

  3. little spark Saturday, 14 August, 2010 at 10:48

    kok bisa molor gitu durasi puasanya?
    semoga bisa menunaikan ibada puasa walau berada di negeri orang…;)

    • reiSHA Saturday, 14 August, 2010 at 10:58

      Molor bagaimana?

  4. syahruzzaky Saturday, 14 August, 2010 at 13:13

    Waduh pengen dong, puasa di luar negeri🙂

    Salam kenal.

  5. dseptia Sunday, 15 August, 2010 at 10:17

    hehe seru ya kak..
    selamat berpuasa kak reishaaaa,
    kemaren buka bareng RPL nya lumayan rame, tapi 2005 yang datang cuma ka halim dan ka andra..hehe..
    btw lebaran pulang ke indo kak?

    • reiSHA Sunday, 15 August, 2010 at 12:01

      Huaaa. Poto2 donk, uplot2, ihihi… Lebaran ga pulang euy. Mungkin tahun depan baru bisa pulang…

  6. Pipiet Ananda Monday, 16 August, 2010 at 22:11

    Assalamu’alaikum… salam kenal yach… nice blog.. sprtinya nma reisha sering sy dengar, shbt sy ktnya tmen SMA-nya reisha..smg sy ga slh sasaran. Jgn lupa brkunjung k blog ana🙂 jzk

  7. Pipiet Ananda Monday, 16 August, 2010 at 22:17

    oia,, met menunaikan ibadah puasa.. smg dg amalan2 ramadhan qt, bs mengantarkan qt menjadi pribadi mulia.. amin..
    satu lagi, ana izin link yach..😉

  8. rinaldimunir Monday, 23 August, 2010 at 15:01

    Ada bahan-bahan membuat kolak nggak di sana?

    • reiSHA Monday, 23 August, 2010 at 16:44

      Ada Pak. Kebetulan di Tokyo ada toko Indonesia Pak.😀

  9. anasjoy Saturday, 25 June, 2011 at 19:03

    emang brp tiket penerbangan jpn-indo?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: