Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

ミナンカバウの踊り (Minangkabau Dance)

During my first spring semester in Waseda University, I took several Japanese class. Yeah, but please don’t think that I have good ability in Japanese now. It’s still very very poor.

In one subject, named Me: Japanese Style 1 (日本語で語るわたしレベル1), we were required to make some writings (作文). The topics were about self introduction (自己紹介), hobby (趣味), experience in your country (国の経験), and your comment about the class (このクラスはどうですか?).

Here, I want to post my writing about the experience in my country, Indonesia. Indonesia couldn’t be told only in one writing. Then I choose cultural theme. Since I’m Minangkabau people, and I only know much about Minangkabau, so I wrote about Minangkabau. Again, Minangkabau is too large to write in one writing. Therefore, I wrote about the dance, since it’s one of my interest.

What I wrote in that writing was related to my experience in Unit Kesenian Minangkabau. It couldn’t explain Minangkabau dance in detail, but I’m sure that it could introduce part of Indonesian culture. I was so happy that at the end of the semester I could show them the video of Tari Piring.🙂

(I post the screenshot of my writing since WordPress doesn’t support Furigana. If I post it using Kanji, I was afraid several people couldn’t read them, including me, hihi… Click the image to enlarge. And please let me know if you need translation :P)

Page 1

Page 2

Page 3

15 responses to “ミナンカバウの踊り (Minangkabau Dance)

  1. dwinanto Monday, 30 August, 2010 at 15:20

    Yang bisa dibaca cuma pengantarnya, sisanya ndak paham maksudnya apa,.😀

  2. anis Monday, 30 August, 2010 at 15:57

    idem sama yang di atas😛
    eh tapi jadi pengen tau komentar orang2 setelah kamu nulis ini dan nunjukkin videonya ke mereka

    • reiSHA Monday, 30 August, 2010 at 16:39

      Oh ituuu. Kan aku tunjukin video yg pake aksi injak-injak kaca itu (video pagelaran Lustrum 7 UKM Mei lalu), trus mereka cuma terpukau *caelah*; trus bilang sugoi; trus nanya gimana caranya bisa gitu, ga luka apa, blablabla; trus karena mesti jawab pake bahasa Jepang, aku ga bisa jelasin, haha; trus waktunya abis; trus selamat lah saia dari pertanyaan-pertanyaan.😀

  3. Asop Tuesday, 31 August, 2010 at 03:29

    Incredible. Sumbar in Japan.😀

  4. uchenk Tuesday, 31 August, 2010 at 10:45

    maauu belajar tari piriiiingg.. di youtube ada tutorialnya ga ni?😦
    para penari piring yg menginjak-injak kaca itu benar2 terlihat seperti pria sejati..

    • reiSHA Tuesday, 31 August, 2010 at 11:09

      Hiyah, tutorial? Gtw chenk, ga pernah nyari. Lgpl banyak versinya tari piring itu. N lebih mantep belajar dari orang…

  5. Alris Thursday, 9 September, 2010 at 04:13

    Assalamualaikum ww,
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H. Mohon maaf lahir dan batin.
    Salam sukses selalu.

  6. uchenk Thursday, 9 September, 2010 at 16:33

    ho.. bgitu ya ni.. hiksu..😦
    kirain bisa belajar dari video..

    oiya ni, kemaren dpt cerita dari mama, katanya dulu waktu pertemuan orang tua mahasiswa if thn 2005, dia ketemu sama ibu2 dari bukittinggi juga dari baso.
    ibu itu kenal dgn keluarga dari papa.
    mama uni dari baso bukan? kalo iya, jangan2, jangan2, kita masi saudara..😦
    kalo saudara, brarti, brarti, kita tidak bisa,..😦
    ahehe😆

    oiya lagi, selamat idul fithri ya uni, mohon maaf atas semua kesalahan..

    • reiSHA Thursday, 9 September, 2010 at 19:09

      Bener banget chenk. Rumahku di Baso. (woot)

    • petra Thursday, 9 September, 2010 at 19:18

      oh ini toh komen yang dipergunjingkan itu

  7. achan Wednesday, 20 October, 2010 at 13:31

    ka rei,^^

    permisi, saya sudah membaca semua posting kaka,
    um saya butuh info mengenai beasiswa ke Jepang ka…
    Saya punya keinginan besar untuk menggali ilmu di sana, saya sedang berusaha mengumpulkan sebanyak-banyaknya informasi mengenai beasiswa untuk kesana.
    Tapi, saya masih butuh lebih banyak informasi mengenai kebutuhan untuk hidup di jepang, bisakah membantu saya ka?,

    mohon untuk infonya ya ka,..saya butuh guru untuk bertanya
    email saya,
    kitchen.princess@ymail.com

    sebelumnya saya minta maaf merepotkan, dan terima kasih

  8. ghifar Monday, 25 October, 2010 at 01:41

    bingung mo komen apa. cuma bisa senyum aja deh🙂

  9. Asyraq Thursday, 8 September, 2011 at 13:49

    Asslmkum. Saya baca perjuangan dari awal kaka untuk ke jepang. and oww bikin saya merinding ka, gatau juga kenapa saya merinding+terharu yang jelas saya kagum deh buat perjuangan kaka. Sebenarnya saya juga punya impiaaaan yang sangaaat besar untuk kesana. Tapi saya udah down duluan dengan kemampuan saya yang gada apa-apanya. Sukses yah buat kaka😀 thanks udah share pengalaman nya🙂

  10. dimensinol Friday, 6 January, 2012 at 03:38

    Assalammualaikum Ni Reisha. perkenalkan uni. namo: Pejer (Fajriah), ukm 09, kimia 09
    baru baca posting uni yg ini. sangat menarik😀
    di tulisannya, pejer cuma tau ada anak daro yg bernama Nurul sm marapulai bernama Gerry :p
    pejer numpang follow postingannya uni ya🙂

    • Reisha Sunday, 8 January, 2012 at 01:32

      Waalaikumsalam Pejer. Silakan di-follow. Dikomen juga boleh😀

Leave a Reply

