Next Step: Master Student

22 November 2010 lalu saya menyerahkan berkas-berkas pendaftaran untuk master admission di sini. Di Dept. of Computer Science and Engineering (情報理工学専攻), Graduate School of Fundamental Science and Engineering (基幹理工学研究科), Waseda University (早稲田大学). Deadline pendaftarannya 3 Desember 2010, dan hasilnya akan diumumkan pada 22 Desember 2010, yang mana jatuh pada hari ini. 😀

Tadi pagi saya berangkat ke kampus dengan “sedikit” rasa deg-degan ke kampus. Ada presentasi di salah satu kelas bahasa Jepang saya. Beres kelas tersebut, shalat, dan makan siang, saya segera menuju graduate school office untuk menanyakan di manakah saya bisa melihat hasil seleksi master admission. Akhirnya mbak-mbak office-nya nyuruh nunggu, trus ntah ngapain pas saya nunggu, lalu setelah beres mbaknya datang bawa satu amplop coklat gede. Berbicaralah si mbaknya dalam bahasa Jepang, ntah apa, yang saya tangkap cuma beberapa kata: おめでとう, something-ください, dan something-ください, haha. Saya cuma bisa mengira-ngira, tapi sepertinya sih si mbak nya bilang: selamat kamu diterima, ada berkas-berkas di sini yang mesti kamu isi, dan jangan lupa mengurus perpanjangan beasiswa. 😛

Alhamdulillah, finally, official. Sebenarnya sih tanggal 25 November 2010 lalu saya dikirimi Fukazawa-sensei email seperti ini:

レイシャさん

おめでとう!(Congratulation!)
でも、しばらくは、ナイショで!(But Please keep this secret for a while.)

Lalu di bawahnya ada forward-an email antara sensei dengan orang office. Dalam bahasa Jepang sih. Cuma setelah saya masukkan ke Google Translate, ada kata-kata “pass” di sana 😀 Makanya tadi saya tulis “sedikit” deg-degan, karena sebenarnya saya sudah tau hasilnya dari lama 😀 Tapi ya itu, berhubung belum resmi, alangkah lebih baiknya saya menunggu yang versi resmi.

Jadi, insyaAllah mulai April 2011 nanti, status saya sudah berganti dari Research Student menjadi Master Student. Langkah selanjutnya segera dimulai. Harus lebih semangat. がんばります!!!Doakan semoga semuanya lancar ke depannya 🙂

Sebenarnya ada beberapa hal terkait beasiswa ini yang mau saya ceritakan. Yak, setelah perjuangan panjang yang ceritanya saya tulis sampai 7 postingan itu, sesampainya di sini hidup itu tak sedamai di surga *halah*.

Jikalau Anda mendapat beasiswa Monbukagakusho yang via Kedubes (atau G to G) dan berniat masuk program Master atau Doktor, sesampainya di sini, jangan dikira Anda tinggal bersantai menunggu uang masuk rekening tiap bulan, lalu semester berikutnya Anda dengan damainya sudah jadi mahasiswa Master/Doktor. Masih ada banyak prosedur yang harus dijalani. Garis besarnya hampir sama untuk semua penerima beasiswa, tapi detailnya sangat tergantung dari universitas dan graduate school tempat Anda bernaung. Jangankan beda universitas, satu universitas tapi beda graduate school saja prosesnya bisa sangat berbeda.

Kapan-kapan deh saya ceritakan, prosedur apa saja yang masih harus dilalui. Sekali lagi, itu kalau Anda memang berniat masuk program Master atau Doktor. Kalau tidak, ya tidak perlu pusing-pusing, jalankan riset Anda dengan baik, tanda tangan beasiswa tiap bulan, dan hiduplah dengan damai *halah*.

Sekian dulu deh kali ini. Mungkin ini postingan terakhir tahun ini 😛

Selamat Hari Ibu. Result hari ini kado buat Mama di Hari Ibu 🙂

Advertisements

29 thoughts on “Next Step: Master Student

  1. mbak, boleh tau gak prosedur untuk perubahan status dari research student jadi master student ??

    terima kasih banyak atas bantuan mbak reisha
    😀

      1. Assalamualaikum wr.wb. Salam kenal sha, pengalaman yang sangat berkesan dari seorang reisha, mulai dari minang hingga ke jepang, oh iya boleh minta alamat FB-nya ga’? di kirim ke email-ku ya.

  2. top bgt..salam kenal, thanks dah berbagi menggambarkan mimpi..insAllah mw bjuang jg. Satu pertanyaan dunk..seberapa berat research Anda disana? cukup banyak kah dosen2 yang menguasai bahasa inggris dan ramah untuk membimbing kita? saya dengar orang jepang itu susah b. inggrisnya meski mrka menjabat dosen.

    1. Riset dan dosen itu tergantung kampusnya, dan pastinya beda-beda. Saya juga tidak bisa menggeneralisir. Dosen yang bahasa Inggrisnya bagus ada, yang ramah ada, lagi-lagi tergantung..

  3. o ya satu lagi, saya dpt info ada beasiswa Global 30 International Programs -New Graduate, tapi stipend per bulannya 85.ooo yen kalo gk salah, cukup kah buat hidup di sana?

      1. Ooh, kayaknya emang ga ada ya, hihi..

        Kalau soal konfirmasi beasiswa, dulu abis ditelpon sama kedubes Jepang cuma disuruh datang ke sana lagi Bhel buat tanda tangan pledge, sama bawa paspor, KTP, dan pas foto. Dokumen-dokumen itu untuk keperluan visa. Jadi visanya sudah diurusin sama kedubes Jepang, kami tinggal terima jadi, hehe. Lalu sehari sebelum keberangkatan ada orientasi gitu di kedubes Jepang, dijelasin macam-macam sama dikasih visa dan tiket. Trus besoknya brangkat, trus pas dah nyampe Jepang secepatnya ke kampus buat nemuin sensei sama ada orientasi juga dari kampus. Gitu aja sih paling, makanya ga ada postingannya, hihi.

        Kalau soal milih sks dan perkuliahan, belum diposting Bhel. Nanti insyaAllah diposting. Masih ada beberapa list judul nangkring belum jadi-jadi ditulis, hihi..

      2. Iya bhel, beda-beda, hehe. Jangankan beda beasiswa yang mana beda lembaga yang ngasih plus beda negara pula, di kampusku aja, walau satu universitas, beda graduate school beda admission procedure-nya.

        Sip2. Skarang marathon dulu beresin tulisan yang lain, sabar ya, hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s