Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

Teruntuk Pemburu Beasiswa Monbukagakusho (esp.) untuk Lulusan SLTA

Sudah satu tahun lebih tulisan saya tentang pengalaman hunting beasiswa Monbukagakusho Research Student, sudah banyak pertanyaan yang saya terima, entah via komen di blog ini, email, ataupun media lainnya. Selagi bisa saya jawab, insyaAllah saya jawab.🙂

Tapi satu hal yang cukup membuat saya kewalahan adalah pertanyaan seputar beasiswa Monbukagakusho yang untuk lulusan SLTA. Ada 2 poin penting yang ingin saya garis bawahi di sini.

  • Saya mendaftar untuk program Research Student (S2/S3), bukan untuk lulusan SLTA (D2/D3/S1).
  • Proses antara program Research Student dan program yang untuk lulusan SLTA prosesnya sangat berbeda, dan saya tidak tahu sama sekali perihal proses yang untuk lulusan SLTA.

Itu kabar buruknya. Mohon maaf ya kalau saya tidak bisa bantu jawab kebingungan adik-adik (caelah :P) lulusan SLTA.

Kabar baiknya, tadi ada salah satu penerima beasiswa Monbukagakusho untuk lulusan SLTA yang sharing pengalamannya. Tulisannya ada di link berikut ini:

http://www.facebook.com/notes/wiwit-anggun-styawan/langkah-langkah-mendaptar-monbusho/10150213381174561

Tadi saya juga sudah coba gooling (baik kan saya, haha ^^v), tapi ternyata memang tidak banyak para lulusan SLTA yang sharing pengalamannya. Salah satu tulisan yang menurut saya cukup informatif adalah ini:

http://www.indrasan.co.cc/2009/01/brikut-keterangan-lengkap-tntang-syarat.html

Tulisan lainnya adalah:

http://madhand.wordpress.com/category/monbusho-scholarship/

Namun, bagaimanapun juga, jika ada pertanyaan seputar beasiswa Monbukagakusho ini (program apapun), tempat bertanya terbaik menurut saya adalah Kedutaan Besar Jepang itu sendiri. Sejumlah hal memang bisa Anda tanyakan kepada orang yang sudah berpengalaman menerima beasiswa ini sebelumnya, tapi bukan berarti mereka tau segalanya. Yang mereka tau hanyalah apa yang pernah mereka alami saja, bukan semuanya.

Saya pribadi dulu juga bertanya ke Kedutaan Besar Jepang-nya langsung kok untuk beberapa hal yang saya bingungkan. Via telepon tidak masalah. Tidak perlu kuatir, mereka baik kok dan bersedia menjawab pertanyaan kita (tapi tolong perhatikan juga ya, mana pertanyaan yang layak untuk ditanyakan dan mana yang tidak :))

Sekian dulu ya. Tetap semangat selalu.🙂

Tempat terbaik untuk bertanya mengenai suatu beasiswa adalah lembaga atau instansi yang menawarkan beasiswa tersebut. Mereka yang memberikan informasi, mereka juga yang menyeleksi. Jadi, mereka lebih tau, pasti.

Sekilas info:

Pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho bagi lulusan SLTA dan Sederajat untuk keberangkatan tahun 2012 dibuka pada tanggal 9 Mei 2011 dan akan ditutup pada tanggal 10 Juni 2011. Info ada di:

28 responses to “Teruntuk Pemburu Beasiswa Monbukagakusho (esp.) untuk Lulusan SLTA

  1. Ardhi Sunday, 29 May, 2011 at 03:25

    Yg madhand tuh punya si Anna, mbak. Temen seangkatan kami. Skrg dia di Miyakonojo Kosen, Kyushu

    • reiSHA Sunday, 29 May, 2011 at 03:27

      Iya Dhi, tadi dah baca di postingannya yang Hajimemashite, hehe..

  2. park min ji Friday, 24 June, 2011 at 01:51

    makasih postingannya kak.. berguna banget,,😀

  3. faidil Friday, 24 June, 2011 at 20:34

    kk, aku liat di brosurnya buat beasiswa MEXT program research itu syarat IPK diatas 3 dan TOEFL diatas 550 apa itu bener? kk memenuhi gak? terimakasih

    • reiSHA Sunday, 26 June, 2011 at 20:29

      Udah baca persyaratannya baik2 di http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs.html kan? Apa yang tertulis semua di sana ya beneran. Dan syarat itu ya mesti dipenuhi..

      • leonidas Thursday, 28 June, 2012 at 00:13

        Wah TOEFLnya berat niy ampun deh..

  4. fathia Sunday, 11 September, 2011 at 15:04

    ka reisha aku mau tanya, kalo kaka ikut monbukagakusho ini pas kuliahnya udah berapa semester? terus yg boleh ikutan mahasiswa jurusan apa aja ato bebas? makasih😀

    • reiSHA Monday, 12 September, 2011 at 00:49

      aku dulu ikut pas semester terakhir, sebelum lulus. yang ikut boleh jurusan apa aja kok, yang penting S2/S3-nya nanti masih di bidang yang sama dengan S1.

  5. yzd Tuesday, 13 September, 2011 at 08:23

    tidak dikasih link ke pmij? kalau dulu sepertinya ada forumnya juga, jadi orang bisa tanya2..
    http://www.pmij.us/info-edukasi.html

  6. yazid Tuesday, 13 September, 2011 at 09:22

    btw, reisha dulu mendaftar lewat jalur kedubes jepang ya?
    Biar lengkap infonya saya tambahin deh:
    Untuk yang belum tahu, mendaftar beasiswa S2/S3 bisa juga lewat jalur universitas jepang,
    Prosedurnya sederhana, pertama-tama pastikan dulu jadwal dan persyaratan aplikasi beasiswa monbukagakusho untuk universitas yang diinginkan. Google saja misalnya “mext scholarship titech” (tanpa tanda kutip) untuk info beasiswa ke tokyo institute of tech. Untuk universitas lainnya tinggal ganti nama universitasnya. Nanti ketemu webpage seperti ini: http://www.gakumu.titech.ac.jp/nyusi/igp/a_2012_guide/top_2012a.html
    Setelah itu, cari profesor mana di universitas tersebut yang bidang penelitiannya sesuai dengan yang ingin diteliti di jepang. Biasanya setiap profesor punya webpage dalam bahasa inggris yang menjelaskan tentang ini. Kirim email ke professor itu minta diterima sebagai mahasiswa S2/S3, dan minta dia menjadi Profesor pembimbing.
    Emailnya mesti di tulis sebaik2nya, dibuat supaya dia tertarik untuk menerima sebagai mahasiswa S2/S3 di tempatnya, karena kesempatannya cuma sekali untuk menarik perhatian si prof. Mungkin mirip dengan email lamaran kerja. Bilang bahwa tertarik untuk menjadi mahasiswa S2/S3 di tempat dia, sebutkan pengalaman-pengalaman yang menunjukkan kemampuan sewaktu S1 dulu, sambil dipuji2 bahwa penelitian dia menarik sekali, sangat high-tech, paling maju di bidangnya, sesuai dengan yang memang dari dulu ingin dilakukan, dll, tunjukkan bahwa lamaran yang di kirim ke dia itu bukan asal-asalan, tapi hasil memilih yang terbaik dari sekian banyak profesor lain. Kalau misalnya ada senior atau dosen di indonesia yang asalnya dari lab profesor tersebut lebih baik lagi, sebut nama si senior/dosen di emailnya, bilang bahwa pernah dibimbing oleh dosen x yang dulu juga pernah meneliti di lab prof tsb. Jangan lupa bilang bahwa ingin mendaftar beasiswa monbukagakusho dengan rekomendasi universitas (kasih link ke url di atas tadi, siapa tahu si profnya tidak tahu ada program beasiswa spt itu).
    Kalau profesornya berminat untuk menjadi profesor pembimbing, nanti dia akan bantu mengenai proses aplikasi ke universitasnya. Biar kesempatannya lebih besar, pilih profesor yang senior dan terkenal, karena nanti surat rekomendasi si prof akan berpengaruh juga terhadap diterima atau tidaknya aplikasi beasiswa. Dan tentunya juga sayang sekali kalau kuliah jauh-jauh ke jepang kalau tidak belajar di universitas terbaik dan di bawah bimbingan profesor terbaik di bindangnya.
    Kalau untuk jalur ini, biasanya masa aplikasinya antara agustus sampai desember/januari (beda-beda dikit tergantung universitas). Contohnya untuk Titech http://www.gakumu.titech.ac.jp/nyusi/igp/a_2012_guide/top_2012a.html sedang buka tuh, sampai Desember.

    Enaknya lewat jalur ini, lowongannya lebih besar, karena tiap-tiap universitas dan jurusan ada jatahnya masing-masing. Kalau mendaftar di kedubes, biasanya ada batas jatah per negara (untuk seluruh Indonesia), jadi lebih sedikit. Selain itu bisa lebih bebas memilih universitas/profesor pembimbing yang diinginkan sesuai minatnya.

    Yazid.

    • reiSHA Wednesday, 14 September, 2011 at 12:22

      Lewat kedubes pun juga bebas kok milih profesor dan universitasnya

  7. yazid Tuesday, 13 September, 2011 at 09:28

    Oh ya, menghubungi profesornya mesti agak jauh-jauh hari sebelum deadline aplikasinya, karena nanti butuh waktu lumayan lama untuk surat menyurat (pos, bukan email) dengan si prof. mengirimkan berkas-berkas aplikasinya.

  8. madhand Monday, 3 October, 2011 at 10:21

    kak, blog yg itu udah gw hapus. Linknya ga bakal jalan

    • reiSHA Monday, 3 October, 2011 at 13:15

      okeh, aku ganti link nya😀

  9. SukunaHikona Sunday, 20 November, 2011 at 22:05

    Kak, makasih buat link-nya ya. Saya lagi semester 1 kelas 3, taun depan lulus. Dari kelas satu udah niat-niatin mo Monbusho🙂. Semoga terkabul…..

  10. June Thursday, 24 November, 2011 at 12:35

    @yazid *atau mba reisha kalau tau🙂

    Skrg saya coba cari beasiswa Mext dengan jalur U to U (yg bukan via kedubes, tp seperti yg dijelaskan mas yazid diatas). Saya sudah kontak2an dgn Prof dan beliau bersedia (berminat menjadi pembimbing saya). Nah.. setelah itu langkah apa yg harus saya lakukan untuk bisa dapat beasiswa Mext nya ya mas/mba ? Soalnya disitus kedubes tidak dijelaskan cara apply beasiswa nya untuk yg U to U..
    Apakah saya harus langsung meminta Letter of Acceptance / surat rekomendasi dari Prof atau gimana?
    Saya blm bisa telp kedubes, Mba.. hehe.. rasanya blm siap telp >.<
    Ohya Mba Reisha, kalau telp kedubes itu nantinya sana pake B.Ing atau Indonesia mba? Maap kalau pertanyaan saya bodoh, hehehehe soalnya kalo B.Ing saya takut tidak bisa menjelaskan maksud pertanyaan saya gitu.😀😀
    Terimakasih mba/mas atas jawabannya

    • Reisha Thursday, 24 November, 2011 at 22:46

      Saya ga tau prosedur yang U to U. Nelpon ke kedubes Jepang pake bahasa Indonesia aja kok. Kan pegawainya orang Indonesia juga..

  11. Kleinrock Friday, 9 December, 2011 at 18:46

    Halo Mba Reisha, saya tertarik dengan Beasiswa MEXT ini.
    Saya nantinya ingin mengikuti program Research Student Magister (S-2) bidang Software Engineering. Tapi latar belakang S-1 saya adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd) Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi & Komunikasi (Pendidikan TIK), konsentrasi Rekayasa Perangkat Lunak. Sesuai kutipan ” Memilih bidang studi yang sama dengan disiplin ilmu sebelumnya.” pada link http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs.html, apakah saya bisa mengikuti program beasiswa ini, walaupun saya bukan Sarjana Teknik, Sarjana Ilmu Komputer (non-kependidikan)?
    Mohon informasinya.
    Arigatou gozaimasu.

  12. Kleinrock Friday, 9 December, 2011 at 18:48

    Ada tambahan pula, Mbak Reisha.
    Apakah Mba Reisha kalau boleh menanyakan hal itu kepada Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, karena tentunya Mbak Reisha sudah punya jalinan komunikasi dengan Kedubes.
    Mohon bantuannya.
    Arigatou gozaimasu.

    • Reisha Friday, 9 December, 2011 at 23:01

      Saya rasa bisa aja, soalnya masih nyambung dengan S1-nya. Yang ga nyambung dengan disiplin ilmu sebelumnya itu misalnya S1-nya teknik tapi S2 nya mau ambil bisnis&manajemen.

      Soal jalinan komunikasi dengan kedubes, kayaknya Anda salah mas. Telpon sendiri langsung ke kedubes ga masalah kok.

  13. aprida Saturday, 19 May, 2012 at 09:53

    Assalamualaikum,
    kak kalo tanya2 ke kedubes langsung, pake bhs inggris apa indo kak?
    terima kasih😀

    • Reisha Saturday, 19 May, 2012 at 10:43

      Waalaikumsalam. Pake bahasa Indonesia aja gpp. Petugasnya orang Indonesia kok🙂

  14. vidya Saturday, 16 June, 2012 at 16:53

    kalo SMA nya program bahasa bisa ikut nggak kak ?

    • Reisha Monday, 18 June, 2012 at 13:32

      maksudnya gimana?

  15. Cool Mizan Saturday, 3 November, 2012 at 17:26

    assalamualaikum…kalo udah brada di jepang, trus kalo maw masuk universitas jpg n gk tau caranya…tanya kesiapa ya kak, biar bsa msuk universitas jpg…

    • Reisha Tuesday, 6 November, 2012 at 19:53

      waalaikumsalam. tetapin dulu mau masuk universitas apa, trus cari info cara applynya gimana. biasanya di website universitasnya ada informasi lengkapnya kok.

  16. mutia Thursday, 6 March, 2014 at 19:48

    assalamualaikum, mbak saya mau tnya. riwayat organisasi penting ga utk beasiswa ini? soal’a kebanyakan beasiswa luar negeri, riwayat organisasi n leadership itu penting

    • Reisha Thursday, 27 March, 2014 at 16:37

      Waalaikumsalam. Di formulir seingat saya tidak perlu ada riwayat organisasi. Lain cerita kalau sewaktu2 ditanyai saat wawancara. Tapi soal penting atau tidaknya saya juga tidak tau.

Leave a Reply

