Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

#9: Enjoying Japanese Events and Travelling

Kata orang bijak, hidup itu mesti seimbang. Sibuk dan pusing dengan kuliah dan riset, sesekali kita perlu refreshing. Tentunya banyak cara yang bisa dilakukan orang untuk refreshing. Di tulisan ini saya akan membahas dua hal yang cukup sering saya lakukan untuk refreshing, seperti yang tertera di judul.

Menikmati Berbagai Event

Sanja Matsuri di Asakusa

Event di Jepang biasanya lekat dengan kata festival, atau dalam bahasa sininya 祭り (= matsuri). Matsuri biasanya berupa perayaan di kuil. Kalau yang saya ketahui sih, biasanya ada arak-arakan membawa 神輿 (= mikoshi), orang-orang berpakaian tradisional Jepang, tarian dan musik tradisional Jepang, serta ada stand-stand yang menjual berbagai makanan khas Jepang. Saya jarang sih lihat event-event seperti ini soalnya tidak terlalu tertarik, hehe.

Yang sering saya buru biasanya event-event terkait musim. Misalnya saja di musim semi banyak festival bunga-bungaan, ada sakura, tulip, dsb. Lalu di musim panas ada festival kembang api. Di musim gugur menikmati momiji yang memerah dan ginkgo yang menguning. Lalu di musim dingin menikmati Christmas illumination, salju, serta bunga ume.

Selain event-event tersebut, saya juga suka cari acara di mana kita bisa dipakaikan kimono. Dulu awal-awal ke sini saya mupeng sekali dengan kimono biar lebih berasa kalau di Jepang, hehe. Kimono harganya sangat mahal, jadi rasanya tidak mungkin buat saya untuk membelinya. Selain itu memasangnya sendiri juga tidak mungkin. Di acara kimono wearing kita dipasangkan kimono oleh orang yang sudah ahli memasangkannya, lalu kita bisa pakai selama beberapa jam sebelum dilepas lagi. Lumayanlah bisa foto-foto, hihi. Dan bayarannya biasanya juga tidak mahal atau mungkinn gratis.😀

Jalan-Jalan di Jepang

Brosur Tempat Wisata

Nah ini yang biasanya lebih seru.😀 Mumpung sudah di Jepang menurut saya sesekali sisihkan waktu untuk melihat-lihat tempat baru. Jalan-jalan tidak mesti melulu ke luar kota ke tempat yang jauh, di kota tempat tinggal kita sendiri juga sebenarnya ada banyak tempat wisata, atau bahkan mungkin di area yang tidak terlalu jauh dari kediaman kita.

Dari pengamatan saya, Jepang ini sangat baik mengelola pariwisatanya, padahal kadang tempatnya itu sebenarnya biasa-biasa saja, malah jauh lebih indah tempat-tempat di Indonesia mungkin. Informasi banyak tersedia dan lengkap. Saya biasanya cari-cari info di japan-guide.com.

Sebagai mahasiswa yang duitnya terbatas, tentunya inginnya jalan-jalan dengan budget yang rendah. Untuk jalan-jalan di dalam kota sih sepertinya tidak akan terlalu banyak keluar uang, paling biaya transportasi serta biaya masuk saja. Di sejumlah kota biasanya juga ada one day pass ticket, sehingga bisa lebih hemat biaya transportasi.

Untuk jalan-jalan ke luar kota, hal yang pertama dilakukan adalah menentukan waktu serta tempat tujuan. Lalu langkah penting berikutnya menurut saya adalah menentukan itinerary sedetail mungkin, karena nantinya dari rute itu kita bisa menyusun budget untuk transportasi. Untuk penginapan yang murah, ada semacam backpacker hostel, atau kalau mau lebih murah lagi, cari teman buat numpang nginap, hihihi. Selanjutnya pesan berbagai macam tiket yang mesti dibeli sebelum keberangkatan. Lalu selanjutnya tinggal eksekusi deh, hehe.

Tiket murah yang cukup terkenal untuk jalan-jalan keliling Jepang adalah 青春十八切符 (= Seishun Juuhachi Kippu). Dengan tiket seharga 11.500 yen ini, kita bisa keliling seluruh Jepang, dari Hokkaido hingga Kyushu (syarat dan ketentuan silakan dibaca di link tadi, huehe). Bus kadang juga ada yang murah, dan mungkin lebih nyaman dibanding mesti ganti-ganti kereta kalau pakai seishun juuhachi kippu. Kalau soal jalan-jalan ini, di blog Adek ada banyak banget ceritanya, dia juga nulis cukup detail dengan harga tiket dan pengeluaran macam-macam. Silakan dikunjungi.😀

Selain menyusun plan jalan-jalan seperti di atas, kita bisa juga jalan-jalan murah dengan ikut trip jalan-jalan dari kampus atau lembaga tertentu. Di sejumlah kampus biasanya ada trip sehari ataupun beberapa hari, ada yang gratis ada yang bayar, dan kalaupun bayar biayanya bisa lebih murah dibanding kalau kita mengunjunginya sendiri.

*****

Di era internet seperti sekarang ini, tidak sulit untuk mencari berbagai info, entah itu tentang jadwal dan tempat suatu event, akses transportasi ke suatu tempat, biaya yang dibutuhkan, foto-foto event atau tempatnya biar lebih terbayang, dsb. Tidak hanya dari internet, di jalan atau di kereta juga banyak poster-poster dan iklan. Tapi saya masih lebih prefer cari di internet sih, soalnya bisa cari info berbahasa Inggris. Google sejauh ini masih jadi teman terbaik untuk perburuan info, hihi.

Kalau ngomongin soal event dan jalan-jalan sebenarnya banyak sekali yang bisa diceritakan. Tapi untuk seri tulisan di kategori 1st Year in Japan ini mungkin segitu dulu saja, pengantar, hehe. Kapan-kapan saya ceritakan beberapa pengalaman saya.😀

Seorang teman di Belgia, Tazy, pernah menulis ini. Setelah baca tulisan itu, saya jadi serasa diingatkan. Bahwa tujuan saya menikmati berbagai momen dan tempat baru di sini, tidak semata untuk refreshing dan menikmati indahnya alam Jepang. Saya juga bisa belajar berbagai hal, entah itu culture penduduk setempat atau interaksi dengan orang Jepang, kenal lebih dekat dengan teman, dapat pengalaman baru, dsb. Dan yang terpenting tentunya makin mengakui kebesaran dan keagungan Dzat Yang Maha Indah yang telah menciptakan segala keindahan yang ada di muka bumi ini.

We live in a wonderful world that is full of beauty, charm, and adventure. There is no end to the adventures we can have if only we seek them with our eyes open. — Jawaharal Nehru

2 responses to “#9: Enjoying Japanese Events and Travelling

  1. Arr Rian Monday, 23 April, 2012 at 11:58

    Hihii..seru bacanya mbak.
    Wah padahal yang arak-arakn itu kayaknya seru karena bisa lihat budaya jepang lebih dekat😀

    • Reisha Monday, 23 April, 2012 at 23:22

      Hehe. Soal preferensi aja sih. Saya lebih suka jalan-jalan melihat tempat baru😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: