Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

Mengikuti SEKE 2012 di Redwood City, California (Part 1): Persiapan

Kali ini saya akan menuliskan pengalaman mengikuti conference yang jauh lebih serius dibandingkan dua tulisan sebelumnya, ehehe. Pengantarnya ada di tulisan ini, tentang bagaimana ceritanya sampai paper saya diterima di SEKE 2012.

Singkat cerita, tanggal 18 Maret 2012 saya mengirimkan paper 6 halaman ke SEKE 2012. Lalu, tanggal 1 Mei 2012 saya mendapat sebuah email yang diawali dengan kalimat “Dear SEKE 2012 Author, Reisha Humaira: The SEKE 2012 program committee is pleased to inform you that your paper is accepted as a SHORT paper of the 2012 International Conference on Software Engineering and Knowledge Engineering (SEKE 2012).” Alhamdulillah. Hal pertama yang mesti saya lakukan tentu saja merevisi paper saya yang banyak komentar jelek terutama dari segi bahasa Inggrisnya, haha. Ini mesti cepat dilakukan karena mesti cek lagi ke sensei, sementara deadline pengiriman camera-ready copy serta registrasinya adalah 10 Mei 2012.

SEKE 2012, 1-3 Juli 2012

Beberapa Persiapan

Langkah awal untuk menghadiri conference adalah registrasi. Untuk registrasi ini, selain mengisikan data pribadi dan paper, saya juga mesti membayar biaya registrasi. Biaya student registration adalah $515. Berhubung paper saya diterima sebagai short paper, di email panitia tadi juga disebutkan bahwa “The page limit of a SHORT paper is FOUR pages, but you can purchase two extra pages so that the absolute page limit is SIX pages.” Saya ga bisa membayangkan paper saya yang 6 halaman penuh mesti disingkat seperti apa supaya jadi 4 halaman. Akhirnya saya tanya aja sama Fukazawa-sensei apa boleh beli yang ekstra 2 halaman itu (soalnya yang bayar kan lab :P). Untungnya sensei saya baik dan memperbolehkan, ihihi. Untuk ekstra 2 halaman ada biaya tambahan sebesar $250. Jadi total $765 untuk biaya registrasi. Waw, banyak juga yaaa, belum biaya lain-lain..😯

Untuk pembiayaan conference begini biasanya pakai duit sendiri dulu, nanti setelahnya di-reimburse sama kampus. Saya sempat bingung juga cara membayarnya gimana. Paling gampang pakai kartu kredit, cuma masalahnya saat itu saya belum punya kartu kredit. Bisa transfer, tapi saya belum pernah transfer uang ke luar negeri, trus pasti kena charge juga kan ya, mana duitnya gede pula, fufufu. Jadilah saya ngomong ke sensei lagi, bingung cara bayarnya gimana. Daaan, sensei saya memang baik sekali, beliau segera menelepon ke office kampus menanyakan ini itu, dan akhirnya si registrasi itu dibayar dengan kartu kredit beliau! Alhamdulillah saya ga mesti ngeruk duit $765 dari kantong saya, ihihi.

Registrasi beres, berikutnya cari tiket pesawat. Fukazawa-sensei berpesan carilah tiket yang murah, saya manut. Awalnya saya cek harga tiket online di beberapa maskapai, ternyata harganya mayoritas di atas 100 ribu yen semua.😥 Berharap kalau cari di travel agent bisa dapat yang lebih murah, akhirnya saya ke travel agent yang sama dengan tempat saya beli tiket mudik tahun lalu. Nekat pergi sendirian dengan bahasa Jepang pas-pasan. Ternyata sama saja, ga ada yang di bawah 100 ribu yen, uhuhu. Ya sudah akhirnya saya beli saja tiketnya di sana. Berangkat tanggal 30 Juni, pulang tanggal 4 Juli.

Kebetulan beberapa hari setelah registrasi, saya dan beberapa teman Indonesia terlibat pembicaraan seputar kartu kredit. Saya pikir akan lebih mudah kalau saya punya kartu kredit saat di U.S. nanti, apalagi booking hotel biasanya juga butuh kartu kredit. Akhirnya saya apply juga deh kartu kredit ke bank setelah 2 tahun lebih hidup di Jepang bertahan tanpa kartu kredit. Dan benar saja, waktu saya hubungi hotelnya, katanya butuh kartu kredit.

Kebetulan conference-nya diadakan di hotel plus ada discount rate buat peserta SEKE 2012, jadi saya booking kamar di hotel yang sama. Sempat riweuh juga sih, soalnya si kartu kredit saya belum jadi, sementara saya mesti booking kamar secepatnya. Kalau telat ntar ga kebagian discount rate lagi. Terpaksa pinjam kartu kredit Sre dulu buat booking. Setelah kartu kredit saya jadi, data kartu kredit booking bisa diganti. Dan untuk urusan ini kudu beberapa kali nelpon ke hotel, mana kudu lewat tengah malam pula mengingat perbedaan waktu antara Jepang dan U.S.😕

Oia ada yang terlupa. Untuk ke U.S. tentu saja saya butuh visa! Cerita tentang visa saya bikin terpisah aja ya dari pada tulisan ini kelewat panjang.😀

Before anything else, preparation is the key to success. — Alexander Graham Bell 

2 responses to “Mengikuti SEKE 2012 di Redwood City, California (Part 1): Persiapan

  1. bhellabhello Saturday, 29 September, 2012 at 15:53

    kereeen sekali kk satu ini, ke US cyiiin!😉 udah brgkt kesananya kak reisha?

    • Reisha Saturday, 29 September, 2012 at 22:11

      Huehe. Udah lama Bhel, conference-nya 1-3 Juli lalu. Late post banget sih ini😛

Leave a Reply

