Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

Mengikuti SEKE 2012 di Redwood City, California (Part 3): The Days

Sudah registrasi, beli tiket, booking hotel, dan dapat visa, saya pun siap berangkat menghadiri SEKE 2012. Slide presentasi juga telah disiapkan setelah beberapa kali revisi. Washizaki-sensei termasuk salah satu program committee SEKE 2012, sayangnya beliau sibuk sehingga tidak bisa menghadiri. Saya pun disuruh pergi sendiri. Gpp sih, mari bertualang.😛

Berangkaaat!

Saya berangkat dari Narita International Airport (NRT) dengan flight DL208 tanggal 30 Juni 2012 jam 15.40. Penerbangan ini adalah direct flight ke San Francisco International Airport (SFO), bandara terdekat ke hotel tempat dilaksanakannya SEKE 2012. Penerbangannya sekitar 10 jam dan saya susah tidur di pesawat *sigh*. Saya sampai di SFO tanggal 30 Juni 2012 jam 9.30. Tanggal yang sama, tapi kembali ke pagi, ohoho. Berhubung di hotel baru bisa check in sore, sebelum ke hotel saya jalan-jalan dulu ke San Francisco dan berencana ke hotelnya malam hari saja, hihihi. Jam 11-19 saya habiskan untuk muter-muter beberapa spot di San Francisco (ceritanya kapan-kapan saya tulis terpisah).

Dari San Francisco saya kembali ke bandara dan berangkat ke hotel naik shuttle bus hotel. Hotel tempat diadakannya SEKE 2012 ini adalah Hotel Sofitel San Francisco Bay. Walau ada embel-embel San Francisco sebenarnya hotel ini jauh banget dari San Francisco, fufufu. Letaknya di Redwood City, sekitar 40 km di selatan San Francisco. Sesampainya di hotel saya langsung check in, dan di lobi hotel sudah ada meja panitia SEKE 2012 untuk pre-registration. Saya langsung ke sana dan dikasih sejumlah dokumen, nametag, serta SEKE Proceedings yang tebal banget. Sampai kamar langsung tepar.😛

Conference Day 1, July 1st

Keynote speaker, “On the Naturalness of Software”

Conference dimulai jam 8 pagi. Setelah opening, conference diisi keynote speaker. Hal yang pertama saya lakukan: mengamati acara. Sebelumnya dalam bayangan saya ini acara besar yang dihadiri oleh puluhan orang, tapi nyatanya saat itu cuma sedikit yang datang. Ga nyampe 20 orang kali ya (ga ngitung juga sih persisnya berapa). OK lah, mungkin karena baru pembukaan, pikir saya. Selanjutnya, mengamati orang-orang yang hadir. Kebanyakan yang hadir bapak-bapak atau ibu-ibu gitu. Sepertinya sih yang hadir mayoritas dosen atau mahasiswa PhD. Kayaknya saya aja yang masih master, dan tentunya lebih cupu dari mereka, fufufu. Kemudian, mengamati pakaian orang, haha. Ini pertama kali saya menghadiri conference, jadi saya pun datang dengan stelan formal: celana bahan plus blazer. Tampaknya saya kelewat formal sodara-sodara, soalnya ada juga yang cuma pake celana jeans dan kaos. -_-“

Jam 9.30 barulah sesi-sesi presentasi dimulai. Setiap sesi adalah parallel session. Ada 3 ruangan yang dipakai, masing-masing membahas tema yang berbeda-beda. Kita cukup memilih masuk salah satu ruangan saja. Format presentasinya, standar sih. Tiap orang presentasi, lalu ada tanya jawab. Hari pertama ini ada lima sesi, selesai pukul 6 sore. Mayoritas topiknya ga saya mengerti, fufufu. Tak jarang saya mengantuk, fyuh.

Conference Day 2, July 2nd

Proceedings of SEKE 2012

Hari kedua saya masih datang dengan stelan formal mengingat hari ini jadwalnya saya mempresentasikan paper saya yang berjudul “Towards a Unified Source Code Measurement Framework Supporting Multiple Programming Languages”. Pagi dimulai dengan panel discussion, dilanjutkan dengan empat sesi presentasi. Yes, hari ini lebih cepat selesai dibanding kemarin, ohoho. Saya sendiri baru kebagian presentasi di sesi terakhir, yang baru mulai jam 15.20. Sepanjang hari deg-degan.

Di lunch break saya kembali ke kamar dan mencoba latihan presentasi. Sebelumnya saya ga ada latihan presentasi sama sekali, haghag. Sekali latihan, ga lancar juga rupanya. Beberapa kali latihan baru deh lumayan. Fyuh, untung juga keinget latihan presentasi, kalo ga pasti ngaco nanti presentasinya. -_-“

Sesuai penjelasan di email, “Your presentation time is TWENTY MINUTES plus FIVE minutes for Q&A”. Rupa-rupanya pas sesi saya ada ruangan lain yang cuma dihadiri satu presenter, mestinya di satu sesi itu dibahas sekitar 2-5 paper. Akhirnya panitia memutuskan untuk menggabungkan si satu presenter itu ke ruangan saya, wew. Akibatnya moderatornya bilang ke kami para presenter, kalau bisa presentasinya lebih cepat. Ya sudah, ngebut-ngebut deh ngomongnya. Alhamdulillah lancar.

Gilirannya Q&A, alhamdulillah saya dapat satu pertanyaan dari peserta. Dapat pertanyaan ini patut disyukuri karena artinya ada yang memperhatikan, ehehe. Beberapa kali sebelumnya saya lihat ada yang ga dapat pertanyaan sama sekali. Asa dicuekin dan ga diperhatiin ga sih, walau emang jadinya ga perlu pusing jawab. Dan alhamdulillah saya dapat moderator yang baik, yang ngasih saya beberapa masukan terkait riset saya. Soalnya saya perhatikan ga semua moderator juga mengomentari dan memberikan masukan kepada si presenter tentang paper-nya.

Karena hari kedua ini cepat selesai, sorenya saya putuskan untuk keluar dan muter-muter area sekitar hotel. Hotel ini jauh banget dari mana-mana, bukan urban area. Nyari restoran terdekat di luar hotel aja saya jalan kaki 20 menit -_-“. Sebelum makan saya menuju ke kompleksnya Oracle Headquarters dulu untuk liat-liat dan foto-foto. Ga masuk sih, cuma liat dari luar. Kayaknya itu doank sih yang “menarik” untuk dilihat di area sana, dan saya berasa geek jadinya -_-“.

Conference Day 3, July 3rd

Demo Session

Hari ketiga langsung dimulai dengan sesi presentasi dan ada lima sesi hari ini. Saya pun sudah semakin bosan. Saat lunch break saya kembali ke kamar dan tiduran bentar soalnya udah ngantuk banget. Efek jetlag baru berasa kali ya. Rencananya saya bolos satu sesi buat tidur dan balik ke sesi terakhir. Setelah sesi terakhir ada closing ceremony mulai jam 17.30.

Itu kasur hotel emang empuk banget sih dan bangun-bangun saya kaget setengah mati jam sudah menunjukkan pukul 17.40! Panik sepanik-paniknya. Kelewat dua sesi ga masalah sih buat saya, soalnya paling ntar juga ngantuk dan roaming. Tapi saya pengen datang closing ceremony soalnya ada pengumuman best paper award dan best panel/demo award gitu. Saya yakin ga bakal dapet juga sih, tapi pingin tau aja siapa yang dapet.😛 Ga nyampe 10 menit saya nyiapin diri dan langsung meluncur ke ruangan closing ceremony, nyampe sana ruangannya udah kosong. Saya kira closing ceremony itu rada lama, jadi masih ada harapan menghadiri gitu, tapi ternyata sudah selesai sodara-sodara, hahaha. Ya sudah saya kembali ke kamar dan mulai beberes karena besoknya mesti kembali ke Tokyo.

Kembali ke Tokyo

Langsung seusai conference saya sudah mesti kembali ke Tokyo. Saya berangkat agak cepat ke bandara soalnya mau belanja-belanji dulu, hehe. Nantinya saya akan naik flight DL209 tanggal 4 Juli 2012 jam 13.15. Masih direct flight, kali ini sekitar 11 jam. Saya sampai di Tokyo tanggal 5 Juli 2012 jam 16.40. Kali ini maju sehari, hoho. Setelah kembali ke Tokyo saya kesel banget ngerasain jetlag, huhu. Selama beberapa hari saya melek dan ga bisa tidur sepanjang malam dan baru ngantuk kalau udah pagi. -_-“

***

SEKE 2012 ini pengalaman yang “sesuatu banget” buat saya, karena memang ini pertama kalinya saya menghadiri international conference sebagai salah satu author. Saya juga merasa sedikit menyesal kenapa saya ga rajin risetnya dari dulu-dulu awal saya berada di Jepang, hiks. Kalau rajin mungkin bisa lebih banyak dapat pengalaman semacam ini. Yosh, yuk ah, mari semangat menyelesaikan tesis.😀

Life is not made up of minutes, hours, days, weeks, months, or years, but of moments. You must experience each one before you can appreciate it. — Sarah Breathnach

2 responses to “Mengikuti SEKE 2012 di Redwood City, California (Part 3): The Days

  1. arif Tuesday, 9 October, 2012 at 18:01

    yang di presentasikan apa nih? boleh dong sekali sekali dibahas di blognya..

    • Reisha Friday, 12 October, 2012 at 15:54

      saya mempresentasikan paper saya yang berjudul “Towards a Unified Source Code Measurement Framework Supporting Multiple Programming Languages”. jadi ceritanya saya mau bikin framework untuk menghitung aneka software metrics untuk berbagai bahasa pemrograman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: