Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

Berburu Bunga-Bunga Cantik di Jepang (Part 1): Winter to Spring

Sekarang lagi musim gugur, tapi saya mau cerita tentang bebungaan. Bunga di negeri empat musim tentunya identik dengan musim semi, dan dulu saya kira bunga-bunga itu memang hanya ada di musim semi. Ternyata saya salah besar, ehehe. Tahun ini bisa dibilang saya lagi “jatuh cinta” dengan bebungaan. Sejak awal musim semi lalu saya cari-cari info tentang tempat-tempat yang punya bunga-bunga cantik dan saya mencoba meluangkan waktu untuk datang ke sana. Kadang pergi sama beberapa teman, tak jarang juga pergi sendirian, hehe.

Tahun 2012 memang masih bersisa sekitar 1.5 bulan lagi, tapi rasanya tidak akan ada lagi bunga yang bisa saya buru dalam 1.5 bulan ini. Jadi mari saya rekap saja cerita semuanya sekarang. Karena ada banyak bunganya, postingannya saya bagi jadi dua. Part 1 ini tentang bebungaan musim dingin dan musim semi.😀

Plum at Osaka Castle Park, Osaka

Awal tahun dimulai dengan musim dingin. Salah satu bunga khas di musim dingin adalah 梅 (=ume) atau plumBiasanya mereka bermekaran di penghujung musim dingin, menandai bahwa musim semi akan segera tiba. Dari awal tahun 2012 saya sudah cari info beberapa spot di Tokyo yang ada 梅まつり (Plum Festival)-nya, tapi tidak sempat untuk ke salah satu dari tempat itu. Kebetulan tanggal 20 Maret saya seharian keliling kota Osaka, salah satunya mengunjungi Osaka Castle. Sesampainya di sana, saya baru tau kalau ada Plum Garden-nya juga di sana. Tempatnya lumayan luas dan ada beberapa jenis bunga. Ada jenisnya yang warnanya mirip sekali dengan sakura, tapi bukan sakura tentunya.

Plum, sekilas ada yang mirip sakura, tapi bedanya bisa dilihat dari mahkota bunganya

Rape Blossom at Hama-Rikyu Gardens, Tokyo

Tanggal 5 April saya dan Mbak Isti pergi ke Hama-Rikyu Gardens. Niat awal adalah untuk hunting sakura. Agak bingung sebenarnya mencari sakura yang sedang di puncak mekarnya karena tahun ini mekarnya agak telat dibanding tahun lalu. Kebetulan hari sebelumnya kami lihat di Facebook ada teman yang ke Hama-Rikyu Gardens dan di sana ada bunga kuning yang mekarnya lagi bagus-bagusnya. Akhirnya kami ke sana, kalau pun tidak dapat sakuranya, paling tidak kami masih dapat bunga kuning itu. Bunga kuning itu bernama 菜の花 (=nanohana) atau rape blossom. Pas tau nama English-nya itu agak bertanya-tanya juga sih kok nama bunganya ada kata “rape”-nya, huehe. Tante Wiki ternyata punya penjelasan, “The name derives from the Latin for turnip, rāpa or rāpum, and is first recorded in English at the end of the 14th century.”

Rape blossom, jadi bagus karena bunganya buanyak banget

Cherry Blossom at Everywhere

Siapa yang tidak kenal 桜 (=sakura) atau cherry blossom. Di musim semi bunga ini pasti ada di mana-mana di Jepang, hehe. Di Tokyo mekarnya sekitar awal April dan ada banyak sekali spot untuk melihat bunga cantik ini. Saya mengunjungi beberapa tempat, nanti saya tulis lebih lengkap di tulisan terpisah, khusus sakura.😀

Cherry blossom alias sakura, membuat bumi Jepang cantik luar biasa di awal musim semi

Tulip at Hamura, Tokyo

Waktu kecil saya kira kalau saya mau melihat bunga tulip yang banyaaak sekali, saya mesti ke Belanda, hihi. Tapi di Jepang juga ada rupanya. Tanggal 20 April saya berkunjung ke Negarami-mae-suiden, Hamura-shi. Kebetulan di sana ada 羽村チューリップまつり (Hamura Tulip Festival). Tempat itu sebenarnya adalah sawah, tapi saat musim tulip di sana ditanami tulip, lalu setelahnya barulah ditanami padi. Area yang ditanami チューリップ (=chūrippu) atau tulip itu luas sekali dan jenis tulipnya juga banyaaak. Kebanyakan ditanam lurus memanjang dan satu warna saja dalam beberapa baris. Tapi di beberapa spot ada yang ditanam bertumpuk beraneka warna, ada yang membentuk pola gambar, ada juga yang membentuk tulisan はむら.

Tulip, bunga ini memang cantik ya ternyata

Azalea at Nezu Shrine, Tokyo

Beres dengan tulip, saya pun lanjut ke bunga つつじ (=tsutsuji) atau azalea. Tempat yang terkenal untuk bunga ini di Tokyo adalah di Nezu Shrine, Bunkyō-ku. Tiap tahun ada 文京つつじまつり (Bunkyō Azalea Festival) di sana. Saya ke sana tanggal 24 April. Agak gambling juga sih ke sana tanggal segitu, soalnya tidak tau apakah bunganya sedang di puncak mekarnya atau tidak. Ternyata saat itu bisa dibilang kecepetan ke sananya, soalnya bunganya banyak yang belum mekar. Kalau sedang mekar semuanya pasti lebih bagus.

Azalea, warnanya ada beberapa macam, tidak hanya yang ada di foto ini

Moss Pink at Hitsujiyama Park, Saitama

Begitu melihat website-nya Seibu Railways (maklum saya pengguna Seibu Shinjuku Line), saya terpesona sekali melihat keberadaan tempat yang luas banget dan penuh dengan 芝桜 (=shibazakura) atau moss pink. Jauh-jauh hari sudah berencana ke sana. Kebetulan beberapa teman dari UEC juga mau pergi ke sana, akhirnya tanggal 28 April kami ngebolang ke area Chichibu, mulai dari Hitsujiyama Park hingga ke Nagatoro. Bunga ini sebenarnya kecil-kecil dan tingginya hanya beberapa cm. Lagi-lagi, karena ditanam dalam jumlah besar jadinya mereka benar-benar seperti karpet.🙂

Moss pink, ada 9 jenis bunga di sana, rata-rata berwarna putih-pink-ungu

Spring Flowers at Showa Kinen Park, Tokyo

Beres dari Chichibu, tanggal 29 April saya lanjut ke Showa Kinen Park. Tadinya iseng ajak beberapa teman Waseda, akhirnya malah jadi serombongan yang ikut ke sana, hihi. Kebetulan di sana sedang ada Flower Festival 2012. Festival ini berlangsung dari akhir Maret hingga akhir Mei, dan dalam rentang 2 bulan itu berganti-gantianlah mekarnya sejumlah bunga. Ada 5 jenis bunga yang jadi “artis”-nya. Bunga pertama tentu saja sakura, tapi musimnya sudah habis. Bunga kedua adalah tulip. Tulip di Showa Kinen Park ini juga bagus-bagus dan sebenarnya tujuan utama kami ke sana adalah demi tulip-tulip cantik itu. Olala, ternyata musimnya tulip juga sudah hampir habis di sana, alhasil kami cuma bertemu tulip-tulip yang layu atau sudah kering.

Tulip, too late, beberapa masih lumayan bagus sih, tapi tak sedikit juga yang sudah kering

Tapi kami tak perlu bersedih hati *halah* karena bunga ketiga sedang mekar dengan cantiknya. Mereka bernama アイスランドポピー (=aisurando popii) atau iceland poppy. Bunganya rata-rata berwarna putih-kuning-oranye.

Iceland poppy, kombinasi hijau batang dan daunnya, bunganya, dan langit birunya cantik

Bunga keempat, yakni 紫花菜 (=murasaki hanana) atau orychophragmus, juga sedang mekar-mekarnya. Sesuai namanya, bunga ini warnanya ungu. Bunganya kecil-kecil, ditanam di antara pepohonan. Kalau bunganya hanya sebatang mungkin lebih mirip semak-semak, tapi karena banyak, bagian taman yang ditumbuhi bunga ini serasa dilapisi selimut ungu.

Orychophragmus, lebih gampang mengingat nama Jepang-nya sebenarnya

Bunga kelima adalah shirley poppy, tapi saat itu belum mekar. Sebenarnya tidak hanya si 5 “artis” itu saja yang ada di sana. Saya juga menemukan moss pink, azalea, rape blossom, muscari, dan stock flower saat ke sana.

Rose at Kyu-Furukawa Gardens, Tokyo

Tanggal 7 Juni saya pergi ke Kyu-Furukawa Gardens untuk melihat mawar-mawar di sana. Tiap musim semi memang ada 春のバラフェスティバル (Spring Rose Festival) di sana. バラ (=bara) atau rose di sana berada di dekat Western-style residence (Otani Art Museum). Jenis mawarnya banyak sekali. Saya terbilang telat ke sana karena saat itu mawarnya sudah banyak yang tidak ada. Mungkin karena sudah kering jadi segera disingkirkan.

Rose, bentuk, warna, dan ukurannya beragam, durinya pun ada yang sedikit ada yang banyak

***

Yosh, dari sini bisa dibilang sudah habis bunga-bunga edisi winter-spring. Edisi summer-autumn akan saya tulis di tulisan berikutnya.😀

The flowers of late winter and early spring occupy places in our hearts well out of proportion to their size. — Gertrude S. Wister

15 responses to “Berburu Bunga-Bunga Cantik di Jepang (Part 1): Winter to Spring

  1. Maya Monday, 12 November, 2012 at 13:18

    Suka deh bunga-bunganya🙂
    Yang membuatku terkejut ada himawari di sepanjang jalan menuju chiba daigaku🙂 manis sekali

    • Reisha Monday, 12 November, 2012 at 22:31

      Iya Mbak. Himawari juga bagus. Tunggu bagian 2, hihi🙂

  2. taufik Monday, 12 November, 2012 at 14:05

    very beautiful, thanks sharenya..🙂
    kalah deh kota kembang, kota bandung🙂

    • Reisha Monday, 12 November, 2012 at 22:32

      Kembang di Bandung banyakan di mana ya? Di Lembang kah? Kalau di Lembang yang saya tau bunga-bunga yang dijual itu😛

  3. muhfachrizal Wednesday, 14 November, 2012 at 02:28

    totemo kirei desu😀 di kota saya mah jarang ada bungan2 begitu..

    Oya kak Raisha, boleh tidak saya minta email, nomor hape, YM, FB, atau kontak yang bisa dihubungi? Oya btw saya masih kelas 12 dan berminat S2 di sana (doain bisa ya). Iya, emang terlalu jauh sih mikirnya kak haha. Jawabnya silakan dikirim via email saya saya ya kak🙂 fachri_zal95@yahoo.com

  4. Nurma Yanti Monday, 7 January, 2013 at 18:04

    Cantik sklipun..

  5. mas krisna Sunday, 3 March, 2013 at 09:57

    habis liat channel japan langsung googling nemuin postingan ini, bagus2 hasil hunting nya mbak..🙂

    minta nick fb nya mbak,
    ni punyaku : facebook.com/krisnaadityas

  6. putri Sunday, 10 March, 2013 at 06:33

    Musim semi memang indah.. Aku pertengahan april ini ke jepang bersama teman2. Reisha aq boleh minta FB nya juga donk. Thanks ya

  7. Sani Friday, 23 August, 2013 at 14:41

    postingannay share dengan fotonya dunks ….saya juga mau lihat kaan ^_^

    • Reisha Friday, 23 August, 2013 at 14:42

      Eh? Udah ada fotonya bukan?😀

      • Sani Friday, 23 August, 2013 at 14:48

        Aku lihatnya yang di part2

        • Sani Friday, 23 August, 2013 at 14:49

          UUUuuuuuuuuupppppsss baru nonggol nich hehehhehee muach thanks alot yuaaaa

  8. annisa andani santika Monday, 4 May, 2015 at 19:44

    keren infonya domo arigato.

  9. anisa Saturday, 9 May, 2015 at 23:44

    plum blossom di indonesia banyak tuh, buat hiasan imlek, disebut bunga meihua, asalnya memang dari china trus di bawa ke korea dan jepang.

Leave a Reply

