Carving Life with Letters

…menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi…

Category Archives: Me and Master Program

Hari Wisuda di Waseda

Bismillah. Sudah dua bulan lebih rupanya saya tidak menulis di sini. Singkat cerita, alhamdulillah saya sudah menamatkan pendidikan master di Waseda University dan sekarang saya sudah kembali ke Indonesia, tidak tinggal di Jepang lagi. Masih ada beberapa cerita yang ingin saya tulis di sini tentang kehidupan di Jepang, tapi nanti saja lah saya tulis kapan-kapan. šŸ™‚

Selasa, 26 Maret 2013 adalah hari yang sudah lama saya nantikan, hari perayaan dan syukur atas perjalanan riset dan tesis selama di Waseda University. Dan hari itu, dari pagi hingga malam, dalam sejumlah agenda kegiatan, saya lalui dengan bahagia dan haru. Keluarga saya tidak ada yang datang dari Indonesia. Tadinya mama saya mau datang, tapi akhirnya ga jadi.

Seremonial Kelulusan

Di hari-H wisuda ada 2 seremoni yang saya ikuti, yaituĀ Diploma Presentation Ceremony danĀ Graduation and Commencement Ceremony. Karena jumlah mahasiswa yang lulus ada banyak, maka kedua seremoni tersebut dibagi ke dalam sejumlah sesi.Ā Graduation and Commencement Ceremony dibagi ke dalam 5 sesi yang dilaksanakan dalam 2 hari. SementaraĀ Diploma Presentation Ceremony dilaksanakan per-department atau major.

Read more of this post

Advertisements

Thesis, DONE!!!

Alhamdulillah, tanggal 8 Februari lalu saya sudah melaluiĀ thesis defenseĀ dengan selamat sentosa *halah*. Tunai sudah kewajiban saya sebagai mahasiswa master di sini. Riset yang sudah dimulai sejak semester pertama kuliah master saya, akhirnya tertuang dalam dokumen tesis sebanyak 45 halaman (jauh lebih sedikit dibanding TA sarjana saya dulu yang totalnya 159 halaman, hihi). Dari diskusi dengan profesor pembimbing saya akhirnya dokumen tesis tersebut diberi judul “A Research on Unified Source Code Measurement Framework Supporting Multiple Programming Languages”.

My thesis and thesis summary

My thesis and thesis summary

Read more of this post

Mengikuti SEKE 2012 di Redwood City, California (Part 3): The Days

Sudah registrasi, beli tiket, booking hotel, dan dapat visa, saya pun siap berangkat menghadiri SEKE 2012. Slide presentasi juga telah disiapkan setelah beberapa kali revisi. Washizaki-sensei termasuk salah satu program committee SEKE 2012, sayangnya beliau sibuk sehingga tidak bisa menghadiri. Saya pun disuruh pergi sendiri. Gpp sih, mari bertualang. šŸ˜›

Berangkaaat!

Saya berangkat dari Narita International Airport (NRT) dengan flight DL208 tanggal 30 Juni 2012 jam 15.40. Penerbangan ini adalah direct flight ke San Francisco International Airport (SFO), bandara terdekat ke hotel tempat dilaksanakannya SEKE 2012. Penerbangannya sekitar 10 jam dan saya susah tidur di pesawat *sigh*. Saya sampai di SFO tanggal 30 Juni 2012 jam 9.30. Tanggal yang sama, tapi kembali ke pagi, ohoho. Berhubung di hotel baru bisa check in sore, sebelum ke hotel saya jalan-jalan dulu ke San Francisco dan berencana ke hotelnya malam hari saja, hihihi. Jam 11-19 saya habiskan untuk muter-muter beberapa spot di San Francisco (ceritanya kapan-kapan saya tulis terpisah).

Dari San Francisco saya kembali ke bandara dan berangkat ke hotel naik shuttle bus hotel. Hotel tempat diadakannya SEKE 2012 ini adalah Hotel Sofitel San Francisco Bay. Walau ada embel-embel San Francisco sebenarnya hotel ini jauh banget dari San Francisco, fufufu. Letaknya di Redwood City, sekitar 40 km di selatan San Francisco. Sesampainya di hotel saya langsung check in, dan di lobi hotel sudah ada meja panitia SEKE 2012 untuk pre-registration. Saya langsung ke sana dan dikasih sejumlah dokumen, nametag, serta SEKE Proceedings yang tebal banget. Sampai kamar langsung tepar. šŸ˜›

Read more of this post

Mengikuti SEKE 2012 di Redwood City, California (Part 2): Visa U.S.

Lanjutan dari tulisan sebelumnya, masih soal persiapan untuk menghadiri SEKE 2012. Kali ini saya akan menuliskan tentang pengalaman saya mengurus visa U.S. di Tokyo. Btw ini pengalaman saya mengurus visa sendiri untuk pertama kalinya. Visa Jepang saya dulu diurusin sama kedubes Jepang berhubung saya penerima beasiswa MEXT. Pokoknya waktu itu saya tau beres aja setelah nyerahin paspor, fotokopi KTP, dan foto. šŸ˜›

Mengurus Visa U.S. di Tokyo untuk Conference

Visa U.S. Datanya saya sensor, hehe.

Prosedur mengurus visa U.S. di Jepang bisa dibaca sedetail-detailnya diĀ http://www.ustraveldocs.com/jp. Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar di sini, soalnya informasi di sana sudah sangat lengkap, tinggal apakah Anda mau baca dengan saksama atau tidak. šŸ˜›

Sesuai dengan penjelasan di sini, langkah-langkah membuat visa U.S. di Tokyo yaitu: membayar biaya aplikasi visa,Ā mengisi form DS-160 (Nonimmigrant Visa Electronic Application), membuatĀ appointmentĀ untuk wawancara, lalu datang ke kedubes U.S. untuk wawancara. Sebenarnya bisa saja isi form sebelum membayar dan selama proses pengisian form kita bisa save sewaktu-waktu. Waktu itu saya isi form DS-160 dulu sebelum membayar. Tapi ternyata di akhir form diminta nomor konfirmasi pembayaran. Jadi enakan bayar dulu aja sih biar isi formnya sekali beres aja gitu.

Read more of this post

Mengikuti SEKE 2012 di Redwood City, California (Part 1): Persiapan

Kali ini saya akan menuliskan pengalaman mengikuti conference yang jauh lebih serius dibandingkan dua tulisan sebelumnya, ehehe. Pengantarnya ada di tulisan ini, tentang bagaimana ceritanya sampaiĀ paperĀ saya diterima di SEKE 2012.

Singkat cerita, tanggal 18 Maret 2012 saya mengirimkan paper 6 halaman ke SEKE 2012. Lalu, tanggal 1 Mei 2012 saya mendapat sebuah email yang diawali dengan kalimat “Dear SEKE 2012 Author, Reisha Humaira: The SEKE 2012 program committee is pleased to inform you that your paper is accepted as a SHORT paper of the 2012 International Conference on Software Engineering and Knowledge Engineering (SEKE 2012).” Alhamdulillah. Hal pertama yang mesti saya lakukan tentu saja merevisi paper saya yang banyak komentar jelek terutama dari segi bahasa Inggrisnya, haha. Ini mesti cepat dilakukan karena mesti cek lagi ke sensei, sementara deadline pengiriman camera-ready copy serta registrasinya adalah 10 Mei 2012.

SEKE 2012, 1-3 Juli 2012

Read more of this post