Bergabung dengan Komunitas Blogger

Ada banyak sekali komunitas blogger di luar sana, tapi selama 10 tahun blogging, saya tidak pernah bergabung dengan komunitas apapun. Alasannya karena malas dan merasa tidak perlu. Buat apa? Toh tujuan utama saya blogging adalah untuk dokumentasi, jurnal pribadi, menyimpan kenangan dan pengalaman agar mudah dibaca lagi suatu saat nanti, dan sejenisnya; makanya isinya pun mayoritas personal sekali.

Lalu saat saya mengembangkan reisha.net, tiba-tiba saja saya ingin mencoba untuk ikut komunitas blogger. Tiba-tiba berubah pikiran. Awalnya gara-gara melihat sidebar yang masih banyak space kosong dan bingung diisi apa #eaaa, lalu keingat beberapa blog yang saya follow yang pajang banner komunitas blogger yang dia ikuti. Saya pun berpikir, hei kenapa saya tidak coba gabung komunitas blogger saja?

Saya jadi browsing, sebenarnya apa aja sih alasan orang-orang ikut komunitas blogger? Pasti ada manfaatnya lah ya. Sebagai contoh bisa dibaca di postingan ini dan ini. Tapi ternyata ada juga yang merasa ikut komunitas blogger itu merugikan. Hmm hmm. Tapi dipikir-pikir lagi intinya kembali ke pribadi masing-masing ya.

Dari sekian banyak manfaat bergabung dengan komunitas blogging, manfaat utama yang saya cari antara lain:

Menambah Motivasi Blogging

Sedari dulu, sebenarnya saya punya banyaaak banget topik yang ingin saya tulis, tapi semuanya berakhir di kepala aja. Susah sekali mengumpulkan niat untuk memulai menulis. Padahal cuma perlu memulai selama 5 menit, setelah itu biasanya mengalir saja. Ditambah anak makin besar, makin susah cari kesempatan untuk ngetik di laptop dengan damai, makin nambah deh alasan buat malas-malasan ngeblog.

Membuat reisha.netΒ adalah pemantik saya agar rutin menulis dan memang mengalokasikan waktu untuk menulis. Kenapa? Ya bikinnya udah susah-susah, sampai sempat pusing juga pas nemu ada masalah di hostingan, rugi amat kalau nanti dibiarkan terbengkalai, hehe. Selain itu, draft yang kepikiran di kepala itu ingin sekali saya tulis, makin diundur makin numpuk ntar “utang” nulisnya.

Oleh karena itu saya bergabung dengan komunitas blogging yang mensyaratkan membernya untuk posting minimal 1x seminggu. Saya realistis aja, belum mampu buat ikutan one day one post, 1x seminggu lebih masuk akal. Kalau bisa lebih dari itu tentu lebih baik.

Menambah Teman, Kawan, dan Jaringan

Menurut saya, hal lain yang bisa menambah motivasi blogging adalah teman atau circle yang juga aktif blogging. Di lingkungan pertemanan saya sekarang, udah makin sedikit teman saya yang blogging. Ada yang lebih memilih untuk menulis di media sosial, ada yang memang meninggalkan blognya, ada yang menghilang entah ke mana. Padahal, tiap melihat ada teman yang rajin posting, biasanya saya juga terpacu untuk posting.

Artinya, saya mesti cari circle baru yang berisi orang-orang yang masih aktif ngeblog. Ya paling gampang nemunya di komunitas blogger lah ya, hoho. Nambah teman sesama blogger tentunya bukan cuma buat nambah motivasi ngeblog ya. Harapannya ya bisa berteman baik, menjalin silaturahmi, dst.

Sejauh ini 2 itu sih manfaat yang ingin saya dapatkan. Kalau dapat manfaat lain juga, alhamdulillah, saya anggap bonus saja.

Lalu, komunitas apa saya yang saya ikuti? Sejauh ini baru 2: Blogger Perempuan dan 1 minggu 1 cerita. Saya juga daftar Kumpulan Emak Blogger tapi belum di-approve. Sekarang sih cukup segitu dulu. Saya juga ga berencana ikut terlalu banyak komunitas, ntar pusing sendiri, hihi.

The greatness of a community is most accurately measured by the compassionate actions of its members. — Coretta Scott King

Advertisements

5 thoughts on “Bergabung dengan Komunitas Blogger

  1. Terima kasih telah memberitahu Mukhofas Al-Fikri bahwa kaka telah merekomendasikan tentang manfaat bergabung dgn komunitas Blogger dgn merujuk ke link yg dituju

    Semoga tulisan ini yg kakak reisha tulis di blog ini bisa lebih bermanfaat dalam jangka panjang..

    Mukhofas sependapat tidak rugi jika mereka yg sudah merasakan berkomunitas itu lebih menekankan dg etika yg sopan dan berkepribadian tapi rugi jika berkomunitas hanya saling pamer dan hujat yg menjatuhkan pihak lain

    Teruslah bermetarmofosa jadi blogger yg terdepan ya kakak

    Salam
    Mukhofas Al-Fikri | BauBlogging

  2. aku kepoin blognyo uni reisha… siap baco postingan ttg wisata di kalimantan .. klik carito hamil..dan klik profil πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ .. sobok lah jo blog ikoh 😁😁… kereeeeen blog nyo banyaaaaak..😍😍😍

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s